Siap-siap, Sumbar Mulai Dekati Musim Kemarau


Senin,08 Mei 2017 - 11:47:13 WIB
Siap-siap, Sumbar Mulai Dekati Musim Kemarau

PADANG, HALUAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan saat ini kondisi cuaca di provinsinya segera memasuki musim kemarau. BMKG memprakirakan musim kemarau di Sumbar terjadi pada Juni hingga Juli 2017.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman Budi Samiadji mengatakan, kondisi cuaca di Sumbar secara umum cerah berawan dengan suhu udara maksimal 31 derajat celsius. “Meskipun telah mendekati musim panas, jelasnya potensi hujan masih ada terutama pada sore hingga malam hari karena dalam masa peralihan musim,” terang Budi.

Potensi hujan pada sore hingga malam tersebut yakni di Kota Padang Panjang, Bukittinggi, Agam, Pasaman Barat, Tanah Datar, Solok, Solok Selatan, Dharmasraya, Padang Pariaman khususnya Lubuk Alung, Parit Malintang, Kayu Tanam, Lembah Anai.

Selanjutnya Padang, dan Pesisir Selatan, Limapuluh Kota, Payakumbuh dan Sawahlunto dengan intensitas hujan ringan. Selain itu, ujarnya masyarakat juga perlu mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan 30 hingga 40 kilometer per jam yang bersifat insidentil atau tidak setiap waktu kencang.

Ia menjelaskan potensi angin kencang tersebut yakni diwilayah Mentawai, Padang, Pesisir Selatan, Padangpariaman, Tiku, Pasaman Barat, Padang Panjang, Kota Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung dan sebagian Agam. "Untuk dampak seperti longsor dan banjir belum dapat diprakirakan karena intensitas hujan yang ringan," katanya.

Selain itu, jelasnya dengan cuaca yang dominan cerah berawan tersebut ia berharap masyarakat tidak sembarangan membakar sampah seperti di lahan dan ladang yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. Pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM