Rencana Pemekaran Agam Belum Tersosialisasi


Senin,08 Mei 2017 - 11:08:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Rencana Pemekaran Agam Belum Tersosialisasi

AGAM, HALUAN – Sosialisasi rencana pemekaran Kabupaten Agam perlu disebarluaskan, sehingga pembahasan tersebut tidak hanya pada tataran elit. Upaya ini hendaknya juga dipahami oleh seluruh elemen masyarakat sampai pada tataran akar rumput.

Sejauh ini pemerintah Kabupaten Agam dan DPRD sangat serius mendorong pemekaran kabupaten tersebut. Tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengetahui karena informasi yang didapat belum menyeluruh. Meski demikian, secara umum masyarakat mendukung apabila bertujuan untuk kepentingan daerah.

Seorang masyarakat Mata Air Lubuk Basung, Rina  Minggu (7/5) mengaku, belum mengetahui adanya rencana  pemekaran kabupaten. Sebagai masyarakat ia menilai jika rencana itu memberikan nilai tambah kepada masyarakat. “Kalau masyarakat, pada prinsipnya bagaimana daerah ini semakin baik saja. Tidak ada salahnya dilakukan peningakatan sosialisasi agar masyarakat lebih paham,” ungkapnya.

Dikatakannya, jangan sampai hal ini hanya diketahui oleh pemangku kepentingan saja, sementara baru segelintir masyarakat yang mengetahui. Sementara pemekaran tentunya bukanlah pekerjaan yang ringan dan butuh dukungan dari banyak kalangan, termasuk masyarakat tentu. “Kalau upaya pemekaran nagari kami mengetahui, karena sudah ada rapat, dan jadi pembicaraan di tengah masyarakat. Tetapi jika pemekaran kabupaten kami masih awam, dan tidak terlalu memjadi pembicaraan di tengah masyarakat," ungkapnya.

Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan dan hukum DPRD Agam, Feri Adrianto mengatakan, peningkatan sosialiasasi memang perlu dilakukan. Tetapi secara umum sejak tim pemekaran menjalankan tugas belum ada gelombang penolakan. “Gerbong pemekaran Agam terus melaju, DPRD dan pemerintah daerah komit mengantarkan pemekaran sampai ke tujuan. Agar hal ini bisa terwujud dan dapat dipahami secara lebih luas memang dibutuhkan kerja keras," jelasnya.

Dikatakannya, sejauh ini dukungan demi dukungan terus mengalir, dari setiap elemen yang ada. Tim yang sudah terbentuk terus melakukan tahapan tahapan. Untuk mewujudkan pemekaran dibutuhkan waktu dan kesungguhan. Prosesnya harus dilalui dengan sebaik mungkin. (h/yat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,18 Juni 2017 - 20:23:04 WIB

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam

    Legislator Respon Positif Rencana Pemekaran Agam AGAM,HARIANHALUAN.COM-- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI ) Mulyadi merespon rencana pemekaran Kabupaten Agam dengan positif. Jika itu dirasa baik, dan sudah dinilai layak, maka ada baiknya pihak pihak yang memiliki kew.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM