MASUK KAWASAN CAGAR BUDAYA

RSUD Sawahlunto Sulit Dikembangkan


Senin,08 Mei 2017 - 02:51:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
RSUD Sawahlunto Sulit Dikembangkan KAWASAN CAGAR BUDAYA - Pengembangan RSUD Sawahlunto Sulit dilakukan karena terbentur regulasi bangunan Cagar Budaya. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HALUAN - Peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto harus ada pengembangan kelengkapan fasilitas yang dimiliki. Namun karena terkendala aturan yang menyatakan kawasan dan bangunan RSUD Sawahlunto merupakan cagar budaya, membuat pembangunan fasilitas kelengkapaan itu tidak dapat dilakukan.

Direktur RSUD Sawahlunto, dr Herijhon menyebut, hal ini harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah, untuk mencarikan solusi agar pengembangan rumah sakit ini bisa dilakukan demi peningkatan pelayanan kesehatan.

"Keberadaan rumah sakit yang sudah dijadikan bangunan cagar budaya tidak bisa dikembangkan lebih lanjut. Solusinya harus direlokasi. Sebab lokasi sudah tidak sesuai dengan Permenkes terkait klasifikasi dan perizinan, lokasi, termasuk luas lahan," katanya.

Terkait pembangunan Rumah Sakit baru, sebutnya, pihak pemerintah pusat akan membantu dalam pembangunan tapi perlu komitmen dari pemerintah daerah, dimana lokasi dan lahan yang harus jelas atau tidak akan menjadi masalah dikemudian hari. Jika tidak dilakukan pengembangan lanjutnya, tentu keberadaan rumah sakit yang dahulunya merupakan rumah sakit rujukan bagi Sumatera bagian tengah itu, akan semakin tertinggal oleh rumah sakit daerah lainnya.

"Meski kami terus berinovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan dan pendapatan, namun jika tidak bisa dilakukan secara optimal dan berkelanjutan, otomatis rumah sakit ini akan semakin tertinggal diantara rumah sakit lainnya. Suka tidak suka, mau tidak mau rumah sakit Sawahlunto harus mencari lokasi baru yang lebih luas, sehingga bisa dilakukan pengembangan fasilitas kelengkapan pelayaman kesehatannya," ujarnya

Saat ini sebutnya, lahan parkir kendaraan yang tidak memadai juga menjadi permasalahan yang seting dikeluhkan oleh keluarga pasien. Kalau mau diperluas juga tidak bisa karena keterbatasan lahan. Untuk itu pihaknya meminta kepada pemangku kebijakan dikota inu agar lebih memperhatikan keberadaan maupun masukan yang harus segera dilakukan demi keberlajutan pelayanan kesehatan di RSUD Sawahlunto ini.

Padahal, ungkap Herijhon, RSUD ini merupakan penyumbang terbanyak bagi pendapatan daerah." Di 2016 kontribusi pendapatan kita mencapai Rp30 miliar lebih, melebihi target yang diberikan yakni Rp27 miliar lebih," terangnya. (h/mg-rki/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,30 Januari 2017 - 12:13:22 WIB

    Komisi IX DPR RI Sambangi RSUD Ali Hanafiah

    TANAH DATAR, HALUAN - Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan lapangan ke RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, Jumat (27/1). Kedatangan sembilan orang anggota DPR RI itu disambut langsung Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, Wabup.
  • Rabu,28 Desember 2016 - 01:39:43 WIB

    Walikota Resmikan RSUD Dokter Sadikin

    PARIAMAN, HALUAN - Wa­li­kota Pariaman H Mukhlis R meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Paria­man di Padusunan Kecamàtan Pariaman Timur, Sabtu (24/12). RSUD yang diresmikan itu bernama RSUD dr. Sadikin. .
  • Senin,05 Desember 2016 - 00:30:19 WIB

    RSUD Targetkan Terakreditasi ‘Versi 2012’

    SOLSEL, HALUAN — Ru­mah Sakit Umum Daerah Solok Selatan (RSUD Solsel) tengah melakukan persiapan menuju akreditasi rumah sakit ‘versi 2012’ yang dila­kukan pada 2017..
  • Senin,14 November 2016 - 23:37:40 WIB

    Berubah Status Menjadi BLUD, Manajemen RSUD Harus Tingkatkan Kinerja

    AROSUKA, HALUAN — Sebagai satu-satu­nya rumah sakit yang berada di Kabupaten Solok, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arosuka dituntut untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan prima kepada masya­rakat. Upaya untuk menj.
  • Jumat,11 November 2016 - 00:24:25 WIB
    LOKASI SUDAH TERSEDIA

    Kota Solok Segera Punya RSUD

    Kota Solok Segera Punya RSUD SOLOK, HALUAN — Hasrat Walikota Solok Zul Elfian untuk bisa membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) akhirnya terealisasi setelah adanya persetujuan pengadaan tanah seluas 2 hektare sebagai lokasi pembangunan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM