Sekolah Banyak Titik Rawan Pungli


Jumat,05 Mei 2017 - 01:54:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PAYAKUMBUH, HALUAN- Pemberantasan pungutan liar semakin gencar dilaksanakan pasca dilantiknya tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Januari silam oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Salah satu upaya dari Tim Saber Pungli bersama Dinas Pendidikan melaksanakan kegiatan sosialisasi Saber Pungli kepada kepala-kepala sekolah se-kota Payakumbuh di Aula Balaikota, Kamis (4/5).

Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yoherman, ini diikuti oleh 130 kepala sekolah se kota Payakumbuh pada tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK baik negeri maupun swasta. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kejari diwakili Hadi Saputra, selaku Jaksa Fungsional Bidang Inteligen, Wakapolres Payakumbuh, Kompol Eddisra, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kabid Pendidikan Dasar, Irwandi Darmawan, dan undangan lainnya. Pemateri utama dalam kegiatan ini Wakapolres Kompol Eddisra yang juga sebagai Ketua Tim Saber Pungli. Pemateri dari Inspektorat Yuniri Yunirman dan dari Kejaksaan Negeri Oktriadi Kurniawan.

Yoherman dalam kesempatan itu menyampaikan, sekolah memiliki banyak titik rawan pungutan liar, sehingga kehati-hatian mesti ditingkatkan. Pungutan liar itu misalnya, penerimaan siswa baru. “Jika tidak sesuai dengan prosedur, biaya-biaya yang diterima bisa menjadi pungli, untuk itu kehati-hatian kita mesti ditingkatkan,” ujar Yoherman.

Ditambahkannya, setiap pejabat publik pun tidak dibenarkan menerima apapun yang sekaitan dengan kegiatan dinas dari pihak manapun.“Pejabat tidak boleh menerima pemberian apapun karena itu termasuk gratifikasi. Mari kita kuatkan mental sehingga menjadi pemerintahan yang baik dan bersih, demi kemajuan negara,” pesan Yoherman. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,24 Agustus 2017 - 09:56:23 WIB

    PT Japfa Bantu Pengembangan Sekolah di Solok Selatan

    PT Japfa Bantu Pengembangan Sekolah di Solok Selatan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk unit Padang melaksanakan pelatihan dan pengembangan bagi tujuh sekolah dasar di Solok Selatan (Solsel). Pelatihan bertujuan supaya sekolah menjadi tempat yang .
  • Kamis,04 Mei 2017 - 01:45:33 WIB
    SMP N 1 HARAU KEKURANGAN KOMPUTER

    Hanya Satu Sekolah Terapkan UNBK

    Hanya Satu Sekolah Terapkan UNBK LIMAPULUH KOTA, HALUAN – SMP Negeri 1 Harau menjadi satu-satunya Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Limapuluh Kota yang menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Walau cuma satu sekolah, nyatanya tetap sa.
  • Selasa,02 Mei 2017 - 21:54:30 WIB
    Potret Kemiskinan

    Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah

    Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Potret pendidikan di Indonesia masih menjadi sorotan, terutama terkait dengan kemiskinan. Hal ini masih dapat ditemui, salah satunya di Padang Gubalo, Korong Ladang Laweh, Kenagarian Sicinci.
  • Minggu,05 Februari 2017 - 19:44:27 WIB

    Tidak Masuk Sekolah, Siswa di Pessel Disuruh Bawa Pot Bunga

    Tidak Masuk Sekolah, Siswa di Pessel Disuruh Bawa Pot Bunga PAINAN, HALUAN—Perang terhadap Pungutan Liar (Pungli) telah dinyatakan oleh pemerintah yakni dengan membentuk Tim Sapu Bersih Pungutan Liar atau yang disingkai tim Saber Pungli. Meski sudah dibentuk dibeberapa kabupaten dan.
  • Jumat,30 Desember 2016 - 01:12:18 WIB
    PELAJAR DILARANG BAWA KENDARAAN

    Pemko Siapkan Bus Sekolah untuk Siswa

    SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok memiliki sejumlah armada untuk membawa pelajar SD maupun SMP ke sekolah masing-masing sebagai konsekuensi lahirnya Peraturan daerah (Perda) tentang larangan pelajar membawa sepeda motor.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM