BANGUN PENDOPO DAN RUMAH DINAS

Rp. 10 Miliar Dianggarkan Pemko Bukittinggi


Jumat,05 Mei 2017 - 01:45:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BUKITTINGGI, HALUAN - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 untuk pembangunan pendopo dan rumah dinas walikota.

"Proses pekerjaan pembangunan pendopo dan rumah dinas tersebut ditargetkan pada Agustus 2017. Dari dana Rp10 miliar yang telah disediakan itu, mungkin separ
uhnya terpakai karena  tidak terkejar siap seratus persen bangunan di tahun ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kota Bukittinggi, Doni Boy F. Daran, Kamis (4/5).

Ia mengatakan, pembangunan pendopo dan rumah dinas walikota sudah sangat mendesak dilakukan, menyusul rumah dinas yang lama tidak lagi refresentatif untuk menampung tamu ketika
acara dilakukan di rumah dinas lama. "Dari pengalaman yang sudah-sudah, setiap acara berlangsung di rumah dinas wali kota banyak tamu berada di luar lantaran tidak tertampung oleh ruangan yang berkapasitas rendah.  Adanya pendopo akan dapat menampung 500 sampai 700 orang," katanya.

Pembangunan pendopo dan rumah dinas walikota yang berlokasi di Belakang Balok di
atas tanah seluas 2500 Ha dengan luas bangunan nantinya sekitar 1600 Ha. Tanah untuk pembangunan  pendopo dan rumah dinas walikota, memanfaatkan tanah rumah dinas lama yang tidak lagi refresentatif itu.

"Rumah dinas lama tak refresentatif itu sudah dirobohkan. Penghapusan aset rumah dinas sudah dilakukan pelelangan oleh lembaga lelang negara yakni dari KPKNL dan artinya tidak
 ada masalah jika dilakukan pembangunan pendopo dan rumah dinas walikota," katanya.

Ia memperkirakan, pembangunan pendopo dan rumah dinas wali kota yang kemungkinan separoh dana terpakai dari total dana Rp10 miliar di tahun ini, hanya untuk pembuatan struktur bangunan dan dilajutkan pada 2018 untuk finishing.

"Saat ini sudah dalam proses perencanaan oleh konsultan perencana. Kita perkirakan proses pembangunan mulai dapat dilaksanakan pada Agustus 2017. Pekerjaan struktur bangunan itu
 sekitar empat bulan lamanya," katanya.

Pendopo dan rumah dinas Wali
kota memiliki manfaat banyak. Di samping mampu menampung 500 sampai 700 orang, juga terdapat ruang kerja serta ruang rapat sehingga memudahkan wali kota dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. (h/hmr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM