BP Batam Permudah Impor Mesin


Jumat,05 Mei 2017 - 01:43:06 WIB

BATAM, HALUAN - Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam bersama Kantor Bea Cukai mempermudah investor dengan tidak memeriksa bahan bahan baku, dan mesin yang diimpor untuk keperluan industri.
"Ini kami namakan izin investasi tiga jam (i23j)) plus pemberian jalur hijau (pemasukan barang industri tanpa pemeriksaan fisik) bagi investor," kata Deputi Bidang Pelayanan Umum, BP Batam, Gusmardi Bustami di Batam, Rabu.
Dengan kemudahan tersebut, kata dia, maka perusahaan di kawasan industri Batam, dimudahkan di pelabuhan dalam memasukkan bahan baku, dan mesin.
"Ini baru yang pertama di Indonesia. Tujuannya agar perusahaan lebih cepat dan efektif dalam memasukkan barang. Dampaknya tentu biaya produksi lebih efisien," kata dia.
Sejak September 2016 hingga awal Mei 2017, kata dia, sudah ada enam perusahaan memanfaatkan program i23j dari BP Batam.
"Bea Cukai Batam memberikan dukungan untuk itu dengan jalur hijau. Awalnya semua perusahaan yang baru berdiri di Batam, masuk jalur merah atau harus diperiksa fisik barang yang dimasukkan," kata Gusmardi.
Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Nugroho Wahyu Widodo pada kesempatan yang sama mengatakan, jalur hijau untuk barang yang masuk, harus tetap sesuai ketentuan.

"Harus sesuai dengan proses dan berkomitmen pada peraturan. Memang yang diperiksa hanya dokumen saja. Ini kemudahan yang perlu disosialisasikan. Semoga menggairahkan investor masuk Batam," kata dia.
Meskipun demikian, BC Batam memegang prinsip perusahaan yang mendapat fasilitas tersebut harus ada penanggungjawabnya dipercaya, akuntabel, serta bisa diaudit dengan baik.
"Meskipun jalur hijau, namun secara acak sesekali kami juga akan melakukan pemeriksaan. Jika ditemukan kesalahan fatal tentu akan diambil tindakan tegas dengan pencabutan fasilitas tersebut," kata Nugroho.
Hal tersebut, kata dia, untuk memastikan semua perusahaan menjalankan bisnisnya dengan benar dan menjaga keutuhan NKRI.
"Jangan sampai barang yang tidak berkaitan atau yang dilarang juga masuk," kata dia. (hk)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM