Museum Junalistik Bakal Dibangun di Padang


Kamis,04 Mei 2017 - 18:45:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Museum Junalistik Bakal Dibangun di Padang Ilustrasi. NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional tahun 2018 mendatang di Kota Padang. Museum Adityawarman akan membuat museum jurnalistik dengan anggaran sekitar Rp5 Miliar.

 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Museum Adityawarman Adi Saputra pada Haluan, Kamis (4/5). Adi Saputra menyebutkan, anggaran untuk pembangunan museum didapatkan dengan cara mengajukan proposal kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 

"Kami sudah masukan proposalnya sekitar satu bulan yang lalu, saat Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Harry Widianto datang berkunjung ke Kota Padang untuk memberikan seminar,"ujar Adi.
 

Dikatakan Adi anggaran Rp5 miliar tersebut dibagi atas dua kegiatan. Pertama Rp2,5 Miliar digunakan untuk membangun museum jurnalistik, sedangkan Rp2,5 Miliar lagi digunakan untuk revitalisasi Museum Adityawarman. Direncanakan museum jurnalistik nantinya akan menampilkan tokoh-tokoh jurnalistik Sumatera Barat. Selain itu, perkembangan bagaimana jurnalistik di Sumbar juga akan terdapat  didalamnya.
 

"Rencana ruangan di Rumah Gadang tersebut yang akan direnovasi yang digunakan sebagai museum jurnalistik,"katanya.
 

Selain itu, anggaran Rp2,5 Miliar untuk revitalisasi museum juga sangat dibutuhkan. Karena kondisinya saat ini baru 25 persen dari koleksi Museum Adityawarman yang bisa dipamerkan akibat kurangnya tempat untuk memajang koleksi.
 

Adi menjelaskan, jika anggaran telah diperoleh pengerjaan akan mulai dilakukan pada bulan September atau Oktober. Dengan lama pengerjaan sekitar 3 bulan.
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 Desember 2016 - 01:14:16 WIB

    PAD Museum Tercapai Rp118 Juta

    PADANG, HALUAN — Pen­dapatan Asli Daerah (PAD) Museum Aditya­war­man lima tahun terakhir terus menun­jukkan peningkatan yang sig­nifikan. Pada tahun 2016, PAD Museum Aditya­warman mencapai Rp118.­331 dengan target Rp.
  • Kamis,06 Oktober 2016 - 03:33:21 WIB

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya PADANG, HALUAN — Pengelola Museum Adityawarman kembali menggelar atraksi budaya. Sebelumnya atraksi budaya yang ke tujuh sudah digelar pada Minggu (25/9)..
  • Senin,26 September 2016 - 02:04:00 WIB

    Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya ke-7

    Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya ke-7 PADANG, HALUAN — Pergelaran atraksi budaya di Museum Aditya­warman, Minggu (25/9), disambut meriah warga Kota Padang. Atraksi budaya kali ini, merupakan yang ketujuh dalam tahun 2016..
  • Senin,08 Agustus 2016 - 04:16:49 WIB

    Museum Gelar Pameran Kerajaan

    Museum Gelar Pameran Kerajaan PADANG, HALUAN — Mu­seum Adityawarman Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar pameran temporer, Selasa (9/8) dengan memamerkan kerajaan-kerajaan yang berada di Sumbar. Pameran tersebut juga akan menyuguhkan beragam rang­ka.
  • Selasa,26 Juli 2016 - 05:22:36 WIB

    Kepala Museum Adityawarman: Atraksi Budaya Tingkatkan Kunjungan

    Kepala Museum Adityawarman: Atraksi Budaya Tingkatkan Kunjungan PADANG, HALUAN — Ting­kat kunjungan museum Adit­yawarman Sumatera Barat (Sumbar) meningkat tajam dengan digelarnya beragam rangkaian kegiatan yang dia­dakan di lingkungan museum..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM