SMP N 1 HARAU KEKURANGAN KOMPUTER

Hanya Satu Sekolah Terapkan UNBK


Kamis,04 Mei 2017 - 01:45:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hanya Satu Sekolah Terapkan UNBK FOTO BERSAMA - Asisten II Sekdako Payakumbuh, Amriul, foto bersama seusai melepas kontingen Penas KTNA XV tahun 2017 ke Banda Aceh Rabu kemarin. ZUL

LIMAPULUH KOTA, HALUAN – SMP Negeri 1 Harau menjadi satu-satunya Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Limapuluh Kota yang menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Walau cuma satu sekolah, nyatanya tetap saja SMP Negeri 1 Harau kekurangan komputer.

Akibat kekurangan  komputer, UNBK terpaksa digelar tiga shift. Pasalnya. Sebanyak 78 unit komputer dirasa belum mampu memaksimalkan pelaksanaan UNBK, karena jumlah siswa yang mengikuti UN berjumlah 233 pelajar.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Harau, Ahmad Guntur mengatakan, pelaksanaan UNBK di sekolahnya sengaja dilakukan sebanyak 3 shift. Setiap shift, pelajar yang mengikuti ujian sebanyak 78 siswa dan menyiagakan 5 unit komputer jika ada persoalan pada komputer siswa saat ujian berlangsung. “Total siswa yang ujian 233 siswa. Sedangkan jumlah komputer hanya 78 unit, jadi kami bagi 3 shift. Tapi kami menyiagakan 5 unit komputer jika ada hal-hal yang tidak diinginkan saat siswa melangsungkan ujiannya,” kata Ahmad Guntur, Rabu (3/5).

Ia juga mengatakan, keputusan untuk melaksanakan UNBK datang dari kesepakatan pihak sekolah dengan orangtua siswa. Pasalnya, ini akan menjadi pintu gerbang bagi 71 sekolah SMP lainnya untuk bisa menggelar UNBK.  “Kami melaksanakan UNBK ini agar bisa membuka mata 71 SMP lainnya untuk mau melaksanakan UNBK. Tidak lagi dengan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Selain untuk membiasakan siswa dengan computer, juga untuk mendorong siswa melek IT,” katanya.

Namun, Ahmad Guntur mengharapkan Pemkab Limapuluh Kota memberikan penambahan Komputer di SMP Negeri 1 Harau agar pelaksanaan UNBK tidak lagi dilakukan sebanyak 3 shift.  “Jika ada penambahan Komputer, tahun besok bisa dilakukan 2 shift atau 1 shift saja. Saya harap Pemkab Limapuluh Kota mau menambah computer I SMP Negeri 1 ini,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota, Radimas mengakui bahwa cuma SMP Negeri 1 Harau yang satu-satunya melaksanakan UNBK setingak SMP tahun 2017 ini. Persoalan kekurangan computer ini tidak hanya terjadi di SMP Negeri 1 Harau. Namun, hampir seluruh SMP di Kabupaten Limapuluh Kota. Karena itulah banyak yang belum berani melaksanakan UN dengan komputer. “Memang cuma SMP Negeri 1 Harau saja yang melaksanakan UN dengan computer tingkat SMP di Kabupaten Limapuluh Kota. Namun untuk kekurangan computer, sudah menjadi persoalan hampir seluruh SMP di daerah ini,” kata Radimas.

 Dijelaskannya, persoalan kekurangan computer ini dikarenakan ketiadaan anggaran untuk pengadaan computer. Disamping itu, pihak sekolah juga tidak bisa mandiri untuk membeli computer karena terkendala dengan sejumlah aturan yang melarang sekolah untuk memungut biaya dari siswa.

“Tahun depan akan kami mintak anggaran ke Pemkab Limapuluh Kota untuk pengadaan computer agar penyelenggaraan UNBK bisa terwujud di setiap sekolah. Minimal, UNBK bisa dilaksanakan oleh satu sekolah setiap kecamatan,” katanya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya sekolah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, dinilai lebih efektif dan efesian, selain tidak memerlukan jumlah pengawas yang banyak, kebocoran dari soal ujian juga bisa diantisipasi termasuk siswa mencontek bisa ditekan. Penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga memiliki keunggulan dibanding Ujian Nasional Berbasis Kertas Dan Pensil (UNKP). (h/ang).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM