Menpan RB Minta ASN Tingkatkan Kinerja


Kamis,04 Mei 2017 - 01:29:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Menpan RB Minta ASN Tingkatkan Kinerja BUPATI BERSEPEDA — Bupati Tanah Datar H Irdinansyah Tarmizi bersepeda menelusuri Nagari Tuo Pariangan. EMRIZAL.

BATUSANGKAR, HALUAN - Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut mampu melebihi dari pegawai atau karyawan swasta karena mereka merupakan penyelenggara negara dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Kinerja ASN harus lebih tinggi dari pegawai swasta maka perilakunya harus berubah, jangan hanya kerja rutinitas dan harus kreatif serta inovatif," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur saat audiensi dengan ASN Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, di Batusangkar, Sabtu (29/4).

Menpan RB  Asman Abnur menyebutkan, nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) rata-rata berkisar pada B dan C, sementara kinerja pegawai swasta itu secara umum berada pada posisi B.

"Oleh sebab itu kita targetkan 50 persen nilai SAKIP kabupaten/kota seluruh Indonesia berada pada posisi A, sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan kualitas hasil kerja dalam melayani masyarakat,” katanya.

Menpan, menjelaskan, untuk mendapatkan nilai A maka ASN harus memperbaiki pelayanan publik, sesuai program dengan kegiatan, efektif dan efisien, mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel.

"Nilai SAKIP Tanah Datar sekarang berada di posisi C dan saya yakin ke depan dapat meraih nilai A karena memiliki sumber daya manusia ASN yang bagus," katanya.

Ditambahnya, salah seorang ASN asal dari Tanah Datar, sekaligus mantan Bupati Tanah Datar dua periode, M. Shadiq Pasadigoe, saat ini menjabat Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kemenpan-RB.

"Saya harapkan Pemkab Tanah Datar menjadi percontohan bagi pemerintah kabupaten/kota lainnya di Indonesia, maka SAKIPnya harus memperoleh nilai A," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma menyampaikan SAKIP merupakan satu aspek penting dan penentu keberhasilan serta menjadi bagian utama dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

"Akuntabilitas tidak terbatas hanya pada pertanggungjawaban keuangan, namun juga non keuangan, seperti kinerja yang berupa hasil bahkan pemasukan yang dicapai dari pelaksanaan program kegiatan," katanya.

Wabup Zuldafri Darma menjelaskan terdapat enam aspek dalam penerapan SAKIP yaitu rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja serta review dan evaluasi kinerja.

Zuldafri  menyebutkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus terus-menerus memperbaiki manajemen pelayanan publik, agar mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

"ASN harus mengubah cara melayani masyarakat dengan meningkatkan bekerja sama, bersinergi, dan berkoordinasi untuk mewujudkan target-target pembangunan," katanya.(h/emz).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,04 Mei 2017 - 01:39:17 WIB

    Kedatangan Menpan RB Disambut Hangat Warga

    Kedatangan Menpan RB Disambut Hangat Warga PADANG PARIAMAN, HALUAN – Kedatangan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Asman Abnur ke Padang Pariaman untuk peletakan batu pertama pembangunan jembatan Lubuk Tano, Kecamatan Padang.
  • Selasa,02 Mei 2017 - 02:47:11 WIB

    Menpan RB Asman Abnur Letakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Lubuak Tano

    Menpan RB Asman Abnur Letakan Batu Pertama  Pembangunan Jembatan Lubuak Tano PADANG PARIAMAN, HALUAN- Masyarakat Tungka Kampuang Panyalai, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, tumpah ruah menyaksikan secara langsung peletakan batu pertama Jembatan Lubuak Tano, Jum'at (28/4), oleh Menteri Penday.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM