Menpan RB Asman Abnur Letakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Lubuak Tano


Selasa,02 Mei 2017 - 02:47:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Menpan RB Asman Abnur Letakan Batu Pertama  Pembangunan Jembatan Lubuak Tano Menpan RB Asman Abnur melihatkan batu pada peletakan batu pertama jembatan Lubuak Tano, Jumat (28/4). ----------------

PADANG PARIAMAN, HALUAN- Masyarakat Tungka Kampuang Panyalai, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago,  tumpah ruah  menyaksikan secara langsung peletakan batu pertama Jembatan Lubuak Tano, Jum'at (28/4),  oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB) Asman Abnur.

Selain melakukan peletakan batu pertama jembatan, Menpan RB Asman Abnur juga sekaligus silaturahmi dengan masyarakat kampungnya sendiri. "Saya sangat terharu hadir di tengah-tengah masyarakat di tanah kelahiran saya di Padang Sago, yang puluhan tahun ditinggal merantau," kata Asman Abnur.

        Mantan Anggota DPR RI itu mengaku bangga dengan percepatan pembangunan infrastruktur pasca gempa 2009 yang lalu. Jalan sudah mulus, irigasi direhab total, jembatan dibangun kembali dan fasilitas umum lainnya. Terkait pembangunan jembatan Lubuak Tano, Menpan Asman Abnur mengaku telah direncanakan Bupati Ali Mukhni sejak beberapa tahun lalu. Namun karena keterbatasan dana, baru sekarang bisa terealisasi pada tahun 2017 ini. "Saya tau Pak Bupati selalu memikirkan jembatan ini, Alhamdulillah, tahun ini mulai dibangun," kata mantan Wakil Walikota Batam itu.

        Ia berharap setelah jembatan selesai, masyarakat dapat membawa hasil tani dan kebun ke pasar dengan menggunakan mobil truk sehingga lebih efisien. "Jangan jadikan jembatan ini sebagai untuk penghubung atau untuk ngebut-ngebutan bagi anak muda, atau sebagai untuk memperbagus kampung saja. Tapi manfaatkan jembatan ini untuk kemajuan kampung dalam meningkatkan ekonomi," tegas Asman Abnur yang juga Putra Padang Sago itu.

 

        Wagub Sumbar Nasrul Abit dalam sambutannya juga apresiasi kinerja Bupati Ali Mukhni yang fokus pada pembangunan fisik yang menyentuh masyarakat. Ini bukti bahwa APBD Padang Pariaman pro rakyat. "Bupati Padang Pariaman ini memang hebat melobi, banyak proyek-proyek pusat dibawa kesini, hanya Bapak Ali Mukhni ini satu-satunya bupati yang hebat melobi di Sumatera Barat ini. Dan saya yakin pembangunan jembatan ini akan memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar mantan Bupati Pesisir Selatan itu.

        Sementara Bupati Ali Mukhni menjelaskan, Jembatan Lubuak Tano ini menghubungkan Buluh Kasok, Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak dengan Korong Kampuang Panyalai, Kenagarian Koto Baru, Kecamatan Padang Sago. Dengan adanya jembatan ini akan memperpendek jarak tempuh sekitar sekitar 20 km. Karena sebelumnya, masyarakat VII Koto mesti menuju Kota Pariaman jika ingin ke Padang Sago atau sebaliknya.

        Bupati mengatakan, jembatan ini memang sangat didambakan oleh masyarakat semenjak dahulu, dan sekarang ini terealisasinya. Karena semua ini adalah berkat doa masyarakat yang di kampung maupun yang di rantau. "Dan dalam rencana jembatan ini akan selesai pada tahun 2018 nanti, dan panjang jembatan ini sekitar 120 meter dengan lebarnya 8 meter. Semenjak saya menjabat Wakil Bupati Periode 2005-2010. Berbagai upaya telah dilakukan mulai dari proposal hingga pengajuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk jembatan Lubuak Tano ini. Dan Alhmdulillah baru sekarang ini terealisasinya, dan ini semua berkat doa dan dukungan masyarakat ranah dan rantau," kata Bupati Ali Mukhni yang juga Ketua DPW PAN Sumbar itu.

        Plt. Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Budi Mulya mengatakan,pembangunan jembatan Lubuak Tano ini dianggarkan sebesar Rp. 6.170.129.000 untuk tahap pertama. Adapun pekerjaan dengan nomor kontrak 040/SP-DPUPR/IV-2017 dengan kontraktor pelaksana PT. Amar Permata Indonesia dan Konsultasn Pengawas CV. Entrance Consultant. Sedangkan waktu pekerjaan dimulai pada tanggal 20 April hingga 16 September atau 150 hari kalender. "Kita berharap pekerjaan selesai tepat waktu dan kemudian kita ajukan penambahan anggaran selanjutnya," ujar Budi didampingi Kabid Bina Marga Rahim Thamrin.

       sementara itu,  Wali Nagari Koto Baru, H. Zul Hendrayani sangat bersyukur dengan telah dimulai pembangunan Jembatan Lubuak Tano ini, karena masyarakat sangat mendambakan jembatan rajang itu bisa menjadi jembatan permanen yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. "Masyarakat dari dahulu sangat mendambakan jembatan rajang Lubuak Tano ini bisa menjadi jembatan permanen, dan Alhamdulillah baru sekarang ini sudah dimulai peletakan batu pertamanya oleh Menpan RB Asman Abnur," ujar Zul Hendrayani.

        Dengan telah dimulai pembangunan jembatan ini, kami atas nama masyarakat sangat mengucapkan ribuan terima kasih kepada pemerintah, karena telah memberikan kehendak masyarakat. "Kami atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, karena telah memberikan permintaan masyarakat dengan jembatan rajang dengan jembatan yang permanen," ulasnya. (***)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,04 Mei 2017 - 01:39:17 WIB

    Kedatangan Menpan RB Disambut Hangat Warga

    Kedatangan Menpan RB Disambut Hangat Warga PADANG PARIAMAN, HALUAN – Kedatangan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Asman Abnur ke Padang Pariaman untuk peletakan batu pertama pembangunan jembatan Lubuk Tano, Kecamatan Padang.
  • Kamis,04 Mei 2017 - 01:29:59 WIB

    Menpan RB Minta ASN Tingkatkan Kinerja

    Menpan RB Minta ASN Tingkatkan Kinerja BATUSANGKAR, HALUAN - Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut mampu melebihi dari pegawai atau karyawan swasta karena mereka merupakan penyelenggara negara dalam menjalankan roda pemerintahan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM