SMKN 1 Bukittinggi Optimis Raih Adiwiyata Nasional


Selasa,02 Mei 2017 - 02:23:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi
SMKN 1 Bukittinggi Optimis Raih Adiwiyata Nasional Anggota DPR RI Ade Rizki Pratama menyerahkan secara simbolis bantuan berupa bibit tanaman dan buah-buahan untuk SMKN 1 Bukittinggi beberapa waktu yang lalu.Ist

BUKITTINGGI, HALUAN – Jelang penilaian Adiwiyata Nasional, SMKN 1 Bukittinggi terus berbenah. Sekolah yang telah sukses meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi pada tahun 2016 tersebut, tak henti-hentinya melakukan perombakan di berbagai sektor.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sekolah yang terletak di Jalan Iskandar Tedja Sukmana, Tarok Dipo, Guguk Panjang itu terlihat jauh berbeda dari sebelumnya. Lingkungan sekolah dengan luas lebih kurang tiga hektar tersebut telah dibenahi menjadi lingkungan hijau yang menyejukkan mata. Berbagai tanaman hias dan pepohonan terlihat tertata rapi di lingkungan sekolah. Tak ada sudut yang tidak dimanfaatkan untuk tanaman, sehingga suasana yang asri semakin terlihat di sekolah tersebut.

Begitu juga dengan siswa SMKN yang berjumlah sebanyak 1531 orang tersebut, mereka sudah mulai peduli dengan lingkungan. Kesadaran akan kebersihan sudah mulai terlihat. Tanpa disuruh mereka segera membersihkan sampah yang terlihat tidak pada tempatnya.

Ketua Tim Adiwiyata SMKN 1 Bukittinggi Devi Olivia Kumala ketika ditemui Haluan menceritakan, berbagai perombakan dilakukan sekolah tersebut dalam menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan.

Salah satunya yaitu perbaikan sarana pengolahan air. Perbaikan tersebut dilakukan dengan menambah bak-bak atau sumur-sumur penampungan air. Semakin banyak tanaman dilingkungan sekolah tentunya berimbas kepada meningkatnya kebutuhan air untuk menyiramnya. Oleh sebab itu, dilakukan perbaikan sarana pengolahan air yang juga bertujuan untuk menghemat energi.

“Air hujan kita tampung semaksimal mungkin dengan menambah bak atau sumur penampungan beserta  salurannya. Begitu juga dengan air yang digunakan untuk berwudhu dan mencuci, air tersebut tidak langsung dibuang, tapi ditampung kembali dan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Alhasil, selain pasokan air mencukupi untuk menyiram tanaman, kita juga bisa menghemat energi dengan meminimalisir penggunaan pompa air,” terang Devi.

Selain itu imbuh Devi, dalam pengolahan sampah juga dilakukan pembenahan. Setelah sebelumnya mendapat bantuan mesin pencacah plastik dari KLH Kota Bukittinggi, sekarang bank sampah sekolah tersebut telah bisa mengolah sendiri sampah-sampah plastik yang dibeli dari siswa dan guru.

“Sampah-sampah plastik yang terkumpul, baik itu hasil dari kegiatan Jumat bersih maupun yang dibeli dari guru dan siswa sudah bisa diolah oleh bank sampah sekolah untuk dijual lagi kepada pengepul,” ungkap Devi.  

Sementara itu lanjut Devi, dalam membenahi sekolah, SMKN 1 Bukittinggi melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder. Salah satunya, baru-baru ini SMKN tersebut mendapat bantuan bibit tanaman dan buah-buahan dari Insititut Teknologi Padang (ITP). Tidak hanya itu, ITP juga membantu SMKN 1 dalam pembuatan kolam hias.

“Untuk bibit tanaman dan buah-buahan, selain sudah kita semai sendiri, kita juga mendapat bantuan dari berbagai pihak seperti masyarakat sekitar, orang tua, alumni dan stakeholder terekait. Bahkan, menuju Adiwiyata nasional ini, SMKN 1 Bukittinggi juga mendapat bantuan dari anggota DPR RI, Ade Rezki Pratama berupa bibit tumbuhan dan tanaman. Selain itu, kita juga melakukan kerjasama dengan DKK Bukittinggi dalam pemeriksaan kantin sehat,” imbuh Devi.

Dengan telah dilakukannya pembenahan diberbagai sektor, Devi mengaku optimis untuk menatap Adiwiyat Nasional. “Mudah-mudahan, dengan kolaborasi seluruh warga sekolah dan turut dibantu oleh pihak-pihak terkait, SMKN 1 Bukittinggi berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional,”tutupnya.(h/wet)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,17 Oktober 2016 - 00:33:37 WIB

    SMKN 1 Wakil Solsel untuk Tingkat Provinsi

    SOLSEL, HALUAN — SMKN 1 Solok Selatan (Solsel) terpilih mewakili Kabu­paten Solsel melaju ketingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) setingkat SMA/sederajat..
  • Senin,01 Agustus 2016 - 03:09:10 WIB

    SMKN 1 Solsel Halal bi Halal

    SMKN 1 Solsel Halal bi Halal SOLSEL, HALUAN — Kepala SMKN 1 Solok Selatan (Solsel), Novrizon me­ngatakan, untuk mewujudkan hubungan yang harmonis, diperlukan adanya sila­turrahmi. Sebab silaturrahmi tidak ada batas waktu. Setidaknya hal ini disam­p.
  • Selasa,17 Mei 2016 - 03:18:20 WIB

    187 Siswa SMKN 1 Ikuti Prakerin

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Jelang tutup semester genap, SMKN 1 Sawahlunto kembali mengirim 187 siswanya untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (Pra­kerin) di berbagai dunia usaha, industri dan pemerintahan tersebar diwilayah .
  • Selasa,26 April 2016 - 02:52:02 WIB

    SMKN 2 Guntal Siapkan Lulusan Siap Saing

    AROSUKA, HALUAN—Me­nyadari pentingnya ke­mam­puan lulusan, SMKN 2 Gunung Talang menerapkan proses dengan menge­depan­kan praktek dibanding teori. Dalam Proses Belajar Me­ngajar (PBM), hanya se­kitar 35 persen bicara .
  • Senin,11 April 2016 - 04:09:20 WIB

    SMKN 2 Solsel Beternak Ayam Pedaging

    SOLSEL,HALUAN—Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Solok Selatan (Solsel) capai omzet Rp2 juta per bulan dari hasil budidaya ternak ayam pedaging. SMKN 2 Solsel merupakan sekolah keju­ruan peternakan dan perkebunan..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM