SMKN 1 Bukittinggi Optimis Raih Adiwiyata Nasional


Selasa,02 Mei 2017 - 02:23:15 WIB
SMKN 1 Bukittinggi Optimis Raih Adiwiyata Nasional Anggota DPR RI Ade Rizki Pratama menyerahkan secara simbolis bantuan berupa bibit tanaman dan buah-buahan untuk SMKN 1 Bukittinggi beberapa waktu yang lalu.Ist

BUKITTINGGI, HALUAN – Jelang penilaian Adiwiyata Nasional, SMKN 1 Bukittinggi terus berbenah. Sekolah yang telah sukses meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi pada tahun 2016 tersebut, tak henti-hentinya melakukan perombakan di berbagai sektor.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sekolah yang terletak di Jalan Iskandar Tedja Sukmana, Tarok Dipo, Guguk Panjang itu terlihat jauh berbeda dari sebelumnya. Lingkungan sekolah dengan luas lebih kurang tiga hektar tersebut telah dibenahi menjadi lingkungan hijau yang menyejukkan mata. Berbagai tanaman hias dan pepohonan terlihat tertata rapi di lingkungan sekolah. Tak ada sudut yang tidak dimanfaatkan untuk tanaman, sehingga suasana yang asri semakin terlihat di sekolah tersebut.

Begitu juga dengan siswa SMKN yang berjumlah sebanyak 1531 orang tersebut, mereka sudah mulai peduli dengan lingkungan. Kesadaran akan kebersihan sudah mulai terlihat. Tanpa disuruh mereka segera membersihkan sampah yang terlihat tidak pada tempatnya.

Ketua Tim Adiwiyata SMKN 1 Bukittinggi Devi Olivia Kumala ketika ditemui Haluan menceritakan, berbagai perombakan dilakukan sekolah tersebut dalam menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan.

Salah satunya yaitu perbaikan sarana pengolahan air. Perbaikan tersebut dilakukan dengan menambah bak-bak atau sumur-sumur penampungan air. Semakin banyak tanaman dilingkungan sekolah tentunya berimbas kepada meningkatnya kebutuhan air untuk menyiramnya. Oleh sebab itu, dilakukan perbaikan sarana pengolahan air yang juga bertujuan untuk menghemat energi.

“Air hujan kita tampung semaksimal mungkin dengan menambah bak atau sumur penampungan beserta  salurannya. Begitu juga dengan air yang digunakan untuk berwudhu dan mencuci, air tersebut tidak langsung dibuang, tapi ditampung kembali dan dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Alhasil, selain pasokan air mencukupi untuk menyiram tanaman, kita juga bisa menghemat energi dengan meminimalisir penggunaan pompa air,” terang Devi.

Selain itu imbuh Devi, dalam pengolahan sampah juga dilakukan pembenahan. Setelah sebelumnya mendapat bantuan mesin pencacah plastik dari KLH Kota Bukittinggi, sekarang bank sampah sekolah tersebut telah bisa mengolah sendiri sampah-sampah plastik yang dibeli dari siswa dan guru.

“Sampah-sampah plastik yang terkumpul, baik itu hasil dari kegiatan Jumat bersih maupun yang dibeli dari guru dan siswa sudah bisa diolah oleh bank sampah sekolah untuk dijual lagi kepada pengepul,” ungkap Devi.  

Sementara itu lanjut Devi, dalam membenahi sekolah, SMKN 1 Bukittinggi melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder. Salah satunya, baru-baru ini SMKN tersebut mendapat bantuan bibit tanaman dan buah-buahan dari Insititut Teknologi Padang (ITP). Tidak hanya itu, ITP juga membantu SMKN 1 dalam pembuatan kolam hias.

“Untuk bibit tanaman dan buah-buahan, selain sudah kita semai sendiri, kita juga mendapat bantuan dari berbagai pihak seperti masyarakat sekitar, orang tua, alumni dan stakeholder terekait. Bahkan, menuju Adiwiyata nasional ini, SMKN 1 Bukittinggi juga mendapat bantuan dari anggota DPR RI, Ade Rezki Pratama berupa bibit tumbuhan dan tanaman. Selain itu, kita juga melakukan kerjasama dengan DKK Bukittinggi dalam pemeriksaan kantin sehat,” imbuh Devi.

Dengan telah dilakukannya pembenahan diberbagai sektor, Devi mengaku optimis untuk menatap Adiwiyat Nasional. “Mudah-mudahan, dengan kolaborasi seluruh warga sekolah dan turut dibantu oleh pihak-pihak terkait, SMKN 1 Bukittinggi berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional,”tutupnya.(h/wet)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM