LIPSUS MKKS KOTA BUKITTINGGI

MKKS Bukittinggi Sukses Gelar O2SN Tingkat Kota


Selasa,02 Mei 2017 - 02:17:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
MKKS Bukittinggi Sukses Gelar O2SN Tingkat Kota PELAKSANAAN O2SN Tingkat SMA se-Kota Bukittinggi, Cabang Atletik yang berlangsung di lapangan Atas Ngarai Bukittinggi.

Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMA se-Kota Bukittinggi, yang diselenggarakan oleh Mu­sya­warah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Korwas SMA Kota Bukittinggi, berlangsung dengan sukses dan lancar.

Setelah menjalani kompetisi O2SN selama dua hari, Jumat-Sabtu (28-29/4) kemarin, akhirnya terpilih 16 orang pemuncak dari lima cabang yang diperlombakan dalam O2SN tersebut. Para pemenang ini akan mewakili tim Kota Bukittinggi dalam lomba O2SN tingkat Provinsi Sumbar, yang bakal dihelat pada pertengahan Mei ini.

Ketua MKKS SMA Kota Bukittinggi, H. Firdaus mengatakan, pelaksanaan O2SN tingkat SMA se-Kota Bukittinggi diikuti oleh 10 SMA sederajat, baik itu negeri maupun swasta. 10 SMA sederajat itu  yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMA Negeri 4, SMAN 5, MAN 1, MAN 2, SMA Pembangunan, SMA Taruna Bangsa dan SMA Xaverius.

Dalam pelaksanaannya, ada lima cabang Olahraga yang dilombakan, yakni cabang atletik, renang, bulutangkis, karate dan pencak silat, yang dilaksanakan di sejumlah tempat, seperti di lapangan Atas Ngarai Panorama,  Hall Atas Ngarai dan di Hall SMAN 1 Bukittinggi.

“Alhamdulillah, pelaksanaan 02SN yang diselenggarakan MKKS SMA Kota Bukittinggi berjalan dengan sukses dan lancar, meski dalam pelaksanaannya MKKS SMA Kota Bukittinggi tidak memiliki dana untuk penyelenggaraannya,” kata Firdaus didampingi Kepala SMAN 1, Mardison dan Kepala SMAN 3 Amri Jaya.

Menurut Firdaus, pelaksanaan O2SN yang diselenggarakan oleh MKKS SMA Kota Bukittinggi, menindaklanjuti surat dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar ke kabupaten/kota se Sumbar, tentang pemanggilan peserta O2SN SMA tahun 2017  ke tingkat provinsi, dengan jumlah kontingen sebanyak 22 orang. Dengan rincian 16 orang peserta O2SN, 5 orang pelatih dan 1 ofisial.

“Untuk mempersiapkan peserta yang akan mengikuti lomba O2SN ke tingkat provinsi, maka perlu dilakukan kompetisi O2SN ditingkat kota. Sehingga pelaksanaannya menjadi tanggung jawab MKKS dan Korwas SMA Kota Bukittinggi,” ujar Firdaus yang juga selaku Kepala SMAN 4 Bukittinggi.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Unggul Kota Bukittinggi, Mardison mengatakan, lomba O2SN yang dilaksanakan merupakan kegiatan yang terstruktur dan berjenjang. Dimana kegiatan ini diawali dari lomba ditingkat kabupaten/kota, provinsi dan berlanjut ketingkat nasional. Mengingat O2SN ini kegiatan berjenjang, maka setiap sekolah harus mempersiapkan peserta didiknya untuk bisa mengikutinya. Dan hal ini memang menjadi sustu inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh kepala sekolah masing masing.

“Untuk seleksi O2SN ditingkat daerah, sebelumnya menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan kabupaten/kota dan pelaksanaannya dibiayai oleh APBD. Namun sekarang, dengan adanya pengalihan kewenangan SMA/SMK ke tingkat propvinsi, ditambah dengan aturan untuk kepala cabang dinas di kabupaten/kota belum jelas, makanya seleksi O2SN ini diserahkan ke MKKS kabupaten/kota. Sementara MKKS tidak memiliki dana dalam penyelenggaraannya itu,” ungka Mardison.

Menurut Mardison, dengan diserahkannya penyelenggaraan O2SN ke MKKS Kota Bukittinggi, maka untuk seleksi di tingkat kota menjadi tanggung jawab sekolah masing masing, dan  kontribusinya juga bersal dari sekolah masing masing berdasarkan jumlah peserta yang dikirim. Dengan sistim seperti ini tentu pelaksanaannya tidak seoptimal mungkin seperti pelaksanaan yang sudah dilalui ditahun tahun sebelumnya yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota.

“Namun demikian, berkat dukungan dari semua sekolah yang sangat baik dan maksimal, maka pelaksanaan O2SN yang diselenggarakan oleh MKKS SMA Kota Bukittinggi terlaksana dengan baik, sehingga diperoleh pemenang/juara dalam lomba O2SN yang dilaksanakan,” ungkap Mardison.

Mardison berharap, utusan Kota Bukittinggi yang mewakili ke tingkat provinsi dengan jumlah 16 orang atlit, 5 pelatih dan 1 official itu, bisa memberikan yang terbaik untuk Bukittinggi dengan meraih prestasi ditingkat provinsi, sekaligus dapat mewakili provinsi ke tingkat nasional. “O2SN yang kita selenggarakan untuk mencari bibit bibit unggul ditingkat kota, yang akan kita persiapkan untuk mewakili ke tingkat propinsi,” pungkas Mardison.

Terpisah Koordinator kegiatan O2SN tingkat Kota Bukittinggi, Guswardi menjelaskan, dari kompetisi O2SN tingkat SMA yang telah dilaksanakan, akhirnya terpilih 16 orang juara dari lima cabang yang diperlombakan, yang nantinya mereka akan mewakili Bukittinggi pada lomba yang sama ke tingkat provinsi.

Adapun mereka yang meraih juara atau pemuncak dalam O2SN ini  yakni, untuk lomba cabang atletik lari 100 meter putra diraih oleh Fadlan Almas, Siswa SMAN 1, dan untuk putri diraih oleh Dinda Farisa, Siswa SMAN 3. Untuk lompat jauh putra diraih oleh M Viko dari SMAN 2 dan putri diraih oleh Rindiani dari SMAN 3.

Cabang renang putra diraih oleh Putra Fauzi Fannila dari SMA Pembangunan, dan putri diraih oleh Dinda Rendi dari SMAN 2. Kemudian cabang Bulutangkis putra diraih oleh Rayhan Errahman dari SMAN 2 dan putrid diraih oleh Rasmi Rasmila Sukma dari SMAN 1. Untuk cabang pencak silat tunggal putra diraih oleh Seva Novriandi Putra dari SMAN 1, dan tunggal putri diraih oleh Zahra Ina Salsabila. Untuk pecak Silat laga diraih oleh Aditia Permana dan Dian Aura dari SMAN 3. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM