MOBIL DAMKAR BERTAMBAH

Tanah Datar Dibantu Pengusaha Jepang


Sabtu,29 April 2017 - 02:14:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tanah Datar Dibantu Pengusaha Jepang BANTUAN PENGUSAHA - Kadis Satpol PP dan Damkar, Nuryeddisman bersama saat memperlihatkan dua unit mobil Damkar bantuan pengusaha Jepang di Kampuang Teleng. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HALUAN - Pemda Tanah Datar mendapatkan bantuan hibah dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari pengusaha Jepang di Indonesia. Dua unit Damkar bekas tersebut bernilai sekitar Rp4,7 miliar dengan kondisi mesin sekitar 85 persen.

Kepala Dinas Sat Pol PP dan Damkar, Nuryeddisman kepada Haluan, Jumat (28/4) menyebutkan, bantuan itu telah diterima pada tanggal 4 April lalu dan mobil tersebut sebelumnya beroperasional di Jepang.

"Bantuan dari pengusaha PT Yokotesamirai ini atas hubungan baik kita dengan beliau, memang beliau merupakan sumando orang Tanah Datar, yaitu suami dari putra daerah kita Erling Kontesa. Kondisi dua mobil itu masih sangat bagus berkapasitas 1.500 liter dan baru beroperasi sejauh 25 ribu kilometer dengan mesin 220 PS," sebut Nuryeddisman.

Dikatakan, sebelum bantuan itu diperoleh, Pemda sering mengeluhkan kepada yang bersangkutan atas keterbatasan sarana Pemadam di Tanah Datar dengan kejadian musibah kebakaran setiap tahun yang mencapai rata-rata 150 kasus. Atas hal itu pengusaha Jepang tersebut bermurah hati memberikan bantuan untuk meminimalisir kerugian yang timbul akibat bencana kebakaran di Tanah Datar.

"Awalnya direncanakan kita hanya akan dibantu satu unit saja, tetapi setelah kita meyakinkan bahwa jumlah Damkar sangat terbatas, akhirnya dikabulkan dua unit. Mereka juga berjanji akan segera melatih tenaga pemadam kebakaran kita ke Jepang dan juga akan membantu peralatan pengamanan Damkar lainnya, kita juga belum memiliki mobil Damkar yang berjenjang, mengingat saat ini sudah banyak bangunan bertingkat," ujarnya.

Pengusaha asal Jepang tersebut, selain memiliki beberapa perusahaan yang bergerak dibergai bidang berkantor di Jakarta dan Kota Padang, ia juga aktif di bidang pertukaran pelajar antara Indonesia dan Jepang.

Saat ini, Pemda Tanah Datar telah memiliki sebanyak delapan unit mobil Damkar, namun yang hanya bisa beroperasi hanya lima unit, dua diantaranya dalam keadaan rusak dan satu unit mengalami kecelakaan masuk jurang di Pariangan pada Selasa lalu. Mobil Damkar tersebut memiliki tiga Posko yaitu di Kampuang Teleng, Batusangkar, di Kubua Karambia Kecamatan Batipuah dan di Lintau Buo Utara. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,07 September 2017 - 17:34:12 WIB

    Ratusan PNS di Tanah Datar Naik Pangkat

    Ratusan PNS di Tanah Datar Naik Pangkat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 342 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemda Tanah Datar menerima surat keputusan kenaikan pangkat di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung, Kamis (7/9)..
  • Jumat,25 Agustus 2017 - 16:25:18 WIB

    Jalin Silaturahmi, TNI dan Polri di Tanah Datar Gelar Olahraga Bersama

    Jalin Silaturahmi, TNI dan Polri di Tanah Datar Gelar Olahraga Bersama TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-- Anggota TNI dan  kepolisian gelar olahraga bersama yang dilaksanakan, di Kodim 0307 Tanah Datar, di Makodim Jumat, (25/8). Kegiatan ini digelar guna menjalin dan membina silaturahmi dan menjag.
  • Selasa,22 Agustus 2017 - 17:07:24 WIB

    "Batu Perkasa" di Tanah Datar, Lambang Kesuburan dan Makam Kuno

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Batu perkasa berbentuk kelamin laki-laki yang kini menghebohkan itu, mulai diamati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Wilayah Sumbar, Riau dan Kepri. BPCB telah menetapkan dugaan terhadap ba.
  • Selasa,15 Agustus 2017 - 22:16:00 WIB

    Mahasiswa Malaysia Kunjungi Tanah Datar

    Mahasiswa Malaysia Kunjungi Tanah Datar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Kunjungan 19 mahasiswa serta dosen Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (UIAM) dan ditemani tokoh perantau Minang Malaysia Haswin Darwis mendapat antusias yang tinggi dari pemerintah daerah..
  • Senin,10 Juli 2017 - 12:15:47 WIB

    Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak

    Pemkab Tanah Datar Segera Menata Selingkar Singkarak TANAH DATAR, HALUAN - Dalam upaya peningkatan kunjungan wisata, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan melakukan penataan kawasan pariwisata Selingkar Danau Singkarak. Kawasan selingkar Danau Singkarak sangat layak dikembangka.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM