MOBIL DAMKAR BERTAMBAH

Tanah Datar Dibantu Pengusaha Jepang


Sabtu,29 April 2017 - 02:14:29 WIB
Tanah Datar Dibantu Pengusaha Jepang BANTUAN PENGUSAHA - Kadis Satpol PP dan Damkar, Nuryeddisman bersama saat memperlihatkan dua unit mobil Damkar bantuan pengusaha Jepang di Kampuang Teleng. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HALUAN - Pemda Tanah Datar mendapatkan bantuan hibah dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari pengusaha Jepang di Indonesia. Dua unit Damkar bekas tersebut bernilai sekitar Rp4,7 miliar dengan kondisi mesin sekitar 85 persen.

Kepala Dinas Sat Pol PP dan Damkar, Nuryeddisman kepada Haluan, Jumat (28/4) menyebutkan, bantuan itu telah diterima pada tanggal 4 April lalu dan mobil tersebut sebelumnya beroperasional di Jepang.

"Bantuan dari pengusaha PT Yokotesamirai ini atas hubungan baik kita dengan beliau, memang beliau merupakan sumando orang Tanah Datar, yaitu suami dari putra daerah kita Erling Kontesa. Kondisi dua mobil itu masih sangat bagus berkapasitas 1.500 liter dan baru beroperasi sejauh 25 ribu kilometer dengan mesin 220 PS," sebut Nuryeddisman.

Dikatakan, sebelum bantuan itu diperoleh, Pemda sering mengeluhkan kepada yang bersangkutan atas keterbatasan sarana Pemadam di Tanah Datar dengan kejadian musibah kebakaran setiap tahun yang mencapai rata-rata 150 kasus. Atas hal itu pengusaha Jepang tersebut bermurah hati memberikan bantuan untuk meminimalisir kerugian yang timbul akibat bencana kebakaran di Tanah Datar.

"Awalnya direncanakan kita hanya akan dibantu satu unit saja, tetapi setelah kita meyakinkan bahwa jumlah Damkar sangat terbatas, akhirnya dikabulkan dua unit. Mereka juga berjanji akan segera melatih tenaga pemadam kebakaran kita ke Jepang dan juga akan membantu peralatan pengamanan Damkar lainnya, kita juga belum memiliki mobil Damkar yang berjenjang, mengingat saat ini sudah banyak bangunan bertingkat," ujarnya.

Pengusaha asal Jepang tersebut, selain memiliki beberapa perusahaan yang bergerak dibergai bidang berkantor di Jakarta dan Kota Padang, ia juga aktif di bidang pertukaran pelajar antara Indonesia dan Jepang.

Saat ini, Pemda Tanah Datar telah memiliki sebanyak delapan unit mobil Damkar, namun yang hanya bisa beroperasi hanya lima unit, dua diantaranya dalam keadaan rusak dan satu unit mengalami kecelakaan masuk jurang di Pariangan pada Selasa lalu. Mobil Damkar tersebut memiliki tiga Posko yaitu di Kampuang Teleng, Batusangkar, di Kubua Karambia Kecamatan Batipuah dan di Lintau Buo Utara. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM