Anggaran Pilkada Padang Capai Rp37 Miliar


Jumat,28 April 2017 - 10:56:39 WIB
Anggaran Pilkada Padang Capai Rp37 Miliar

PADANG, HALUAN –  Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Kota Padang akhirnya memutuskan untuk mengucurkan anggaran sebanyak Rp37 miliar untuk Pilkada Padang tahun 2018 mendatang. Anggaran sebanyak itu hanya untuk satu putaran.

Jumlah anggaran sebanyak itu sebenarnya jauh lebih rendah dari estimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang. Dalam hitungan KPU, anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp40 miliar. Namun, dalam pembahasan TAPD, anggaran tersebut dipotong, karena dianggap terlalu besar. “Sebelumnya KPU mengajukan anggaran sebesar Rp40 miliar kepada Pemko Padang. Setelah dilakukan pembahasan bersama TAPD, akhirnya disepakati anggaran Pilkada sebesar Rp37 miliar,” terang Komisioner KPU Padang Riki Eka Putra saat menggelar pertemuan dengan Komisi I DPRD Padang, Kamis (27/4).

Diungkapkan Riki, sesuai kesepakatan dengan TAPD, anggaran Pilkada akan diakomodir di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 sebanyak Rp4 miliar dan APBD 2018 sebesar Rp33 miliar. “Tidak masalah, walau diakomodir di dua tahun anggaran, yang penting, anggaran cukup dan bisa cair, sehingga proses Pilkada bisa berjalan mulus tanpa gangguan karena masalah anggaran,” sebut Riki.

Dana Rp37 miliar dinilai cukup, sepanjang pasangan calon yang maju hanya lima pasang. Tiga pasang diusung gabungan partai politik dan dua pasang calon perseorangan. Kalau jumlah paslon yang maju melebihi estimasi KPU, bisa jadi anggarannya membengkak dan perlu penambahan. "Awalnya KPU memperkirakan akan ada 11 pasang calon, namun akhirnya dikerucutkan lagi jadi lima pasang. Anggaran segitu, dirasa cukup untuk lima paslon. Tapi, jika lebih, harus ditambah. Itu sesuai kesepakatan dengan TAPD. Kalau pasangan calon lebih dari lima, maka anggaran bisa ditambah. Tapi kalau tidak, maka jumlah itu sudah fix," ujarnya.

Terkait tahapan Pilkada, karena pelaksanaan sudah ditetapkan pada Juni 2018, maka tahapan dimulai 10 bulan sebelumnya. Itu berarti, pada Agustus sudah dimulai tahapan. Sedangkan anggaran yang telah disepakati sebesar Rp4 miliar di APBD 2017, baru bisa dicairkan setelah tahapan dimulai dan persetujuan hibahnya ditandatangani Wako. "Jadi kalau tahapan mulai Agustus 2017 mendatang, penandatangan hibah setidaknya dilakukan pada Juli 2017. Sebab kita akan membuat regulasi serta memulai perekrutan penyelenggara mulai dari PPK dan PPS," katanya

Wakil Ketua Komisi I DPRD Padang Budiman menyatakan dukungan penuh kepada KPU Padang dalam menyelenggarakan Pilkada Padang 2018. Sebab itu merupakan agenda nasional yang dilaksanakan serentak. "Itu adalah pesta demokrasi dan DPRD Padang siap mendukung penuh, termasuk dengan anggaran yang dibutuhkan," pungkasnya.

Dijelaskan terkait anggaran KPU sudah memaparkan bahwa mereka membutuhkan dana mencapai Rp37 miliar untuk satu putaran. Dalam APBD 2017 sudah tersedia Rp4 miliar. "Wacananya bisa ditambah di APBD perubahan 2017 dan dituntaskan pada APBD 2018," kata Budiman.

Dalam penyelenggaraan Pilkada serentak nanti, sebagai ibukota Provinsi Sumbar, Budiman berharap Padang bisa menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan dan menjadi contoh daerah lainnya. "Padang diharapkan bisa menyelenggarakan Pilkada dengan baik dan menjadi barometer bagi daerah-daerah lainnya," ungkapnya.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM