Saling Klaim Ikan Bilih, Wagub Sumbar: Kedua Bupati Harus Lapang Dada


Kamis,27 April 2017 - 12:21:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Saling Klaim Ikan Bilih, Wagub Sumbar: Kedua Bupati Harus Lapang Dada DANAU SINGKARAK--Nelayan tetap nekat berlayar di Danau Singkarak, Kabupaten Tanah Datar. RIVO SEPTI ANDRIES

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait dengan salling klaim ikan bilih danau singkarak dalam pengajuan indikasi Geografis (IG) untuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI)  oleh dua kabupaten yakni Tanah Datar dan Solok.

 

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bakal membahas masalah tersebut dengan kedua bupati. Ia menjelaskan, dengan adanya HKI pemerintah daerah dapat mengetahui produk yang bernilai IG salah satunya ikan bilih.

 

“Saya berencana mengundang Kemenkumham membahas IG ini. Jadi mana kabupaten dan kota yang mempunyai IG bisa dipatenkan. Sekaligus membahas ,masalah saling klaim ini,” tuturnya.

 

Disampaikannya, ia berencana bakal bertemu Bupati Tanah Datar Irdinansyah dan Bupati Solok Gusmal.

 

“Nanti saya bertemu dengan pak Irdinanyah dan pak Gusmal, saya minta mereka berlapang dada, angkat sajalah Singkarak Sumatera Barat. Barangkali kalau kedua bupati bisa menerima ini mungkin bisa keluar (IG/hak paten). Kalau tidak ya tidak bisa keluar,” paparnya.

 

Ikan bilih, bilis atau sebagian masyarakat menyebutnya bako adalah ikan jenis air tawar yang hanya dapat ditemui di Sumatera (Endemik) terutama di Danau Singkarak dan Danau Maninjau.

 

Ikan bilis merupakan ikan konsumsi yang penting, setidaknya secara lokal di Sumatera Barat. Ikan ini mendominasi hingga 73,8% produksi ikan Danau Singkarak pada tahun 2003, yang totalnya mencapai 352,3 ton. Namun, produksi ini sebetulnya sudah banyak menyusut, apabila dibandingkan dengan produksi pada tahun 1998 sebesar 736,46 ton; dan penyusutan produksi ini sudah diramalkan sebelumnya (h/rvo).

 

Baca juga: Dua Kabupaten Saling Klaim Ikan Bilih Pengajuan IG Ditunda Kemenkumham

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,26 April 2017 - 16:49:42 WIB

    Dua Kabupaten Saling Klaim Ikan Bilih, Pengajuan IG Ditunda Kemenkumham

    Dua Kabupaten Saling Klaim Ikan Bilih, Pengajuan IG Ditunda Kemenkumham PADANG, HARIANHALUAN.COM—Siapa yang tidak kenal dengan Danau Singkarak? Danau yang berada di dua kabupaten di Sumatera Barat yakni Tanah Datar dan Solok ini memiliki ikan endemic bernama ikan bilih (Mystacoleuseus padangens.
  • Senin,24 April 2017 - 13:17:09 WIB

    Sumbar – Jambi Saling Klaim Tapal Batas

    Sumbar – Jambi Saling Klaim Tapal Batas PADANG, HALUAN – Pemprov Sumbar akhirnya mulai menyelesaikan masalah tapal batas dengan provinsi tentangga satu persatu. Selesai dengan Bengkulu dan Provinsi Sumatera Utara, kini Pemprov Sumbar dihadapkan dengan penyelesaia.
  • Jumat,21 April 2017 - 10:51:52 WIB

    Penentuan Tapal Batas, Sumbar–Jambi Saling Klaim Wilayah Adat

    Penentuan Tapal Batas, Sumbar–Jambi Saling Klaim Wilayah Adat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemprov Sumbar akhirnya mulai menyelesaikan masalah tapal batas dengan provinsi tentangga satu persatu. Selesai dengan Bengkulu dan Provinsi Sumatera Utara, kini Pemprov Sumbar dihadapkan dengan p.
  • Kamis,30 Juni 2016 - 06:43:52 WIB
    TSR DPRD Sumbar Di Tanah Datar

    Masyarakat dan Pemerintah Harus Saling Sinergi

    Masyarakat dan Pemerintah Harus Saling Sinergi PADANG, HALUAN — Masya­rakat Kabupaten Tanah Datar diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah yang di­pimpin oleh kepala daerah baru, terutama dalam segi pem­bangu­nan demi me­maju­kan kehidupan daerah tersebut..
  • Rabu,25 Mei 2016 - 16:04:40 WIB

    Stakeholder dan SKPD Agam Diminta Saling Mengisi

    Stakeholder dan SKPD Agam Diminta Saling Mengisi AGAM, HALUAN- Bupati Agam Indra Catri secara resmi membuka Musyawarah rancangan pembangunan (Musrenbang) penyempurnaan RPJM Kabupaten Agam 2016-2021, Rabu (25/5) di Lubuk Basung. Musrembang merupakan fase ke tujuh dari sembil.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM