Dinkes Pasaman Gelar Pemeriksaan IVA Gratis


Rabu,26 April 2017 - 09:49:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASAMAN, HALUAN - Deteksi dini gejala kanker serviks (kanker rahim), Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman gelar pemeriksaan Insveksi Visual Asam Asetat atau biasa dikenal IVA tes bagi 3.000 Ibu Rumah Tangga (IRT) di daerah itu. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Amdarisman mengatakan, pemeriksaan IVA tes dilakukan untuk mencegah tingkat kematian terhadap kaum Ibu yang disebabkan penyakit kanker serviks rahim.

"Salah satu upaya kita adalah dengan melakukan pemeriksaan tes IVA sebagai upaya deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita," ungkap Amdarisman, saat dihubungi, Selasa (25/4).

Ia menambahkan, IVA tes ini digelar untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala kanker leher rahim lebih dini. Sebab, kanker ini menjadi kelompok penyakit terbanyak penyebab kematian pada kaum ibu disamping kanker payudara.

"Jadi kita berupaya dapat menjaring sebanyak 3.000 orang perempuan hingga Mei ini untuk ikut IVA tes, yang kita gelar di 16 puskesmas, dari target 6.900 jiwa," katanya. 

IVA tes, jelas Amda, merupakan pemeriksaan sederhana, mudah dan tidak memerlukan biaya besar. Pelaksanaan IVA tes ini, kata Amda, tidak dipungut biaya alias gratis.

“IVA tes ini dilakukan oleh tenaga bidan dan tenaga dokter ahli. Jika ditemukan hasil pemeriksaan yang menunjukkan warna putih kemerah-merahan, maka akan diberikan saran tindaklanjut kepada yang bersangkutan,” jelasnya.

Amda menyebutkan, bahwa kanker serviks sebenarnya dapat disembuhkan jika terdeteksi sedini mungkin. Untuk itu, kata dia, para wanita disarankan untuk rutin melakukan skrining kanker serviks secara rutin. 

"Kegiatan IVa tes ini bekerjasama dengan TP-PKK setempat, dalam rangka melaksanakan 10 program pokok TP-PKK Pasaman dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera," ujarnya.

Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Pasaman, Ny Gustinar Siregar mengajak perempuan di daerah itu mengikuti tes IVA atau inspeksi visual dengan asam asetat untuk mendeteksi ada atau tidaknya kanker serviks. (h/mg-yud)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Juni 2017 - 19:33:36 WIB

    Pernah Ada Pesta Gay di Payakumbuh, Dinkes: 625 Pria Terdeteksi LGBT

    Pernah Ada Pesta Gay di Payakumbuh, Dinkes: 625 Pria Terdeteksi LGBT PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Masyarakat beberapa waktu lalu sempat geger dengan terbongkarnya pesta seks antara laki-laki dengan laki-laki atau yang disebut pasangan gay di Jakarta. Ternyata pesta yang sama juga pernah ter.
  • Rabu,31 Mei 2017 - 12:19:30 WIB

    PKK-Dinkes Mentawai Sinergi Berantas TB

    MENTAWAI, HALUAN–Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Mentawai akan bersinergi mengentaskan penyakit Tubercolocis (TB) di Kepulauan Mentawai, dimana penyakit.
  • Jumat,16 September 2016 - 02:42:13 WIB

    Dinkes Tingkatkan Pengawasan Peredaran Obat Palsu

    PASAMAN, HALUAN — Untuk meng­antisipasi peredaran obat palsu dan kadaluarsa, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman mulai meningkatkan pengawasan peredaran obat kesejumlah Apotek yang ada..
  • Rabu,27 Juli 2016 - 03:42:17 WIB

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah

    Dinkes Lakukan Pembinaan Kesehatan Anak Usia Sekolah PARIAMAN, HALUAN — Dinas Kesehatan Kota Pariaman dalam waktu dekatakan me­lakukan penjaringan dan pem­binaan kesehatan anak usia sekolah. Untuk itu, Selasa, (26/7), 20 orang tenaga Promkes dari 7 puskesmas di Kota Paria­.
  • Jumat,27 Mei 2016 - 03:31:39 WIB

    Dinkes Pasaman Gelar Khitanan Massal

    PASAMAN, HALUAN — Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman menggelar khitanan massal ditiga jorong di Nagari Muaratais, Kecamatan Mapattunggul..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM