Dinkes Pasaman Gelar Pemeriksaan IVA Gratis


Rabu,26 April 2017 - 09:49:07 WIB

PASAMAN, HALUAN - Deteksi dini gejala kanker serviks (kanker rahim), Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman gelar pemeriksaan Insveksi Visual Asam Asetat atau biasa dikenal IVA tes bagi 3.000 Ibu Rumah Tangga (IRT) di daerah itu. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Amdarisman mengatakan, pemeriksaan IVA tes dilakukan untuk mencegah tingkat kematian terhadap kaum Ibu yang disebabkan penyakit kanker serviks rahim.

"Salah satu upaya kita adalah dengan melakukan pemeriksaan tes IVA sebagai upaya deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita," ungkap Amdarisman, saat dihubungi, Selasa (25/4).

Ia menambahkan, IVA tes ini digelar untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala kanker leher rahim lebih dini. Sebab, kanker ini menjadi kelompok penyakit terbanyak penyebab kematian pada kaum ibu disamping kanker payudara.

"Jadi kita berupaya dapat menjaring sebanyak 3.000 orang perempuan hingga Mei ini untuk ikut IVA tes, yang kita gelar di 16 puskesmas, dari target 6.900 jiwa," katanya. 

IVA tes, jelas Amda, merupakan pemeriksaan sederhana, mudah dan tidak memerlukan biaya besar. Pelaksanaan IVA tes ini, kata Amda, tidak dipungut biaya alias gratis.

“IVA tes ini dilakukan oleh tenaga bidan dan tenaga dokter ahli. Jika ditemukan hasil pemeriksaan yang menunjukkan warna putih kemerah-merahan, maka akan diberikan saran tindaklanjut kepada yang bersangkutan,” jelasnya.

Amda menyebutkan, bahwa kanker serviks sebenarnya dapat disembuhkan jika terdeteksi sedini mungkin. Untuk itu, kata dia, para wanita disarankan untuk rutin melakukan skrining kanker serviks secara rutin. 

"Kegiatan IVa tes ini bekerjasama dengan TP-PKK setempat, dalam rangka melaksanakan 10 program pokok TP-PKK Pasaman dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera," ujarnya.

Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Pasaman, Ny Gustinar Siregar mengajak perempuan di daerah itu mengikuti tes IVA atau inspeksi visual dengan asam asetat untuk mendeteksi ada atau tidaknya kanker serviks. (h/mg-yud)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM