Di Payakumbuh, Warung Ini Jualan Kopi saat Siang, Malam Jualan Tuak


Rabu,26 April 2017 - 08:52:44 WIB
Di Payakumbuh, Warung Ini Jualan Kopi saat Siang, Malam Jualan Tuak ilustrasi

PAYAKUMBUH, HALUAN – Dua kedai kopi di Kota Payakumbuh digrebek Tim 7, Minggu (23/4) malam. Pasalnya, dua kedai kopi itu beralih fungsi pada malam hari menjadi kedai tuak. Dalam operasi yang digelar, Pol PP bersama tim gabungan berhasil menyita sejumlah teko berisi tuak.

Pol PP awalnya menggerebek kedai kopi milik Marulian di Kelurahan Ibuah, Payakumbuh Barat. Saat petugas datang, pengunjung yang sedang asyik duduk, langsung berhamburan. Beberapa orang yang berhasil disergap dibawa kembali ke warung karena di meja ditemukan teko dan kantong plastik berisi tuak. Saat petugas menanyakan kepemilikan tuak, sempat terjadi adu mulut antara petugas dengan pengunjung yang membantah sedang minum tuak. Padahal aroma tuak cukup menyengat dari nafas pengunjung. spontan, petugas langsung menggiring beberapa pengunjung dan Marulian.

Tak cukup disitu, petugas bergerak ke Pasar Ibuah dan menemukan tiga orang pria sedang duduk di warung kopi dengan satu teko tuak di atas meja. Namun kedai kopi ini tampak sudah tutup saat petugas datang ke lokasi. Pengunjung yang kedapatan menggak minuman tuak langsung diamankan.

Kasatpol PP, Devitra melalui sekretaris Pol PP Afridon mengatakan banyaknya kedai kopi yang beralih fungsi menjadi kedai tuak di malam hari sudah meresahkan masyarakat. Keberadaannya membuat kenyamanan masyarakat terganggu. Terlebih seringnya pemuda melempar batu ke rumah masyarakat dan berkelahi saat mereka mabuk di kawasan Ibuah.

“Sudah banyak laporan masyarakat terkait orang mabuk yang merusuh dan merusak di kawasan Ibuah. Jadi kami intai dimana pemuda ini mendapatkan miras. Ternyata ada beberapa kedai kopi yang beralih menjadi kedai tuak malam harinya. Makanya, kami razia kedai ini,” kata Afridon.

Dalam operasi, petugas mengamankan lima pengunjung dan pemilik kedai tuak untuk diberi arahan. Setelah membuat surat perjanjian, seluruh pemuda dan pemilik warung dilepas. Namun, alat bukti yang berhasil diamankan langsung dimusnahkan. “Setelah mereka membuat surat perjanjian dan dijamin keluarga, kami lepas. Sedangkan tuak dan teko yang diamankan langsung dimusnahkan,” katanya. (h/ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM