Agam Terima Rp1,9 M Bersihkan Danau Maninjau


Selasa,25 April 2017 - 17:15:04 WIB

LUBUK BASUNG, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Agam, terima bantuan dana sebesar Rp1,9 miliar dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Kuantan untuk pembersihan Danau Maninjau dari enceng gondok dan penghijauan hutan di sekitarnya pada 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Yulnasri di Lubuk Basung, Senin, mengatakan untuk penghijauan hutan sekitar danau pihaknya akan membiayai tiga unit Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan dana Rp240 juta.

Satu unit KBR diberi dana sebesar Rp80 juta yang akan digunakan untuk pengadaan bibit sebesar Rp50 juta dan pemeliharaan bibit sebesar Rp30 juta.

"Saat ini ketiga KBR tersebut telah mulai membibit, dan dalam waktu dekat sudah bisa ditanam di hutan rakyat," katanya.

Lalu, bantuan bibit untuk penghijauan hutan seluas 80 hektare dengan dana Rp800 juta. Selain itu bantuan bibit 18.000 batang jenis cangkeh, alpokat, pala dan lainnya dengan dana Rp315 juta.

Sedangkan untuk pembersihan danau dari enceng gondok pihaknya akan memberikan bantuan alat untuk pencacah enceng gondok dan peragu senilai Rp250 juta.

Ia menyebutkan selain bantuan dari BPDAS Agam Kuantan, Pemkab Agam juga mendapatkan bantuan bibit dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BUMD.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria menambahkan, bibit ini ditanam di sekitar daerah ketinggian dengan tujuan agar masyarakat tidak menebang pohon sehingga daerah tersebut terhindar dari longsor.

"Ini mengingat bahwa sekitar Danau Maninjau merupakan daerah rawan longsor saat curah hujan tinggi," katanya.

Penanaman bibit pohon ini salah satu program dalam penyelamatan Danau Maninjau dari pencemaran yang menjadi prioritas ke depan.

"Ini untuk pengalihan ketergantungan masyarakat dari budidaya ikan dari danau ke daratan," katanya.

Dengan cara ini, maka hutan dan daerah aliran sungai akan terjaga sehingga air Danau Maninjau akan normal kembali.

Saat ini tambahnya hanya 34 dari 84 anak sungai yang masih memberikan kontribusi ke Danau Maninjau.

"Sisanya sebanyak 50 anak sungai ini sudah kering dan memiliki air apabila curah hujan tinggi. Dengan penanaman pohon ini, maka seluruh anak sungai itu diharapkan aktif kembali," pungkasnya. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM