Agam Terima Rp1,9 M Bersihkan Danau Maninjau


Selasa,25 April 2017 - 17:15:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi

LUBUK BASUNG, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Agam, terima bantuan dana sebesar Rp1,9 miliar dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Kuantan untuk pembersihan Danau Maninjau dari enceng gondok dan penghijauan hutan di sekitarnya pada 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Yulnasri di Lubuk Basung, Senin, mengatakan untuk penghijauan hutan sekitar danau pihaknya akan membiayai tiga unit Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan dana Rp240 juta.

Satu unit KBR diberi dana sebesar Rp80 juta yang akan digunakan untuk pengadaan bibit sebesar Rp50 juta dan pemeliharaan bibit sebesar Rp30 juta.

"Saat ini ketiga KBR tersebut telah mulai membibit, dan dalam waktu dekat sudah bisa ditanam di hutan rakyat," katanya.

Lalu, bantuan bibit untuk penghijauan hutan seluas 80 hektare dengan dana Rp800 juta. Selain itu bantuan bibit 18.000 batang jenis cangkeh, alpokat, pala dan lainnya dengan dana Rp315 juta.

Sedangkan untuk pembersihan danau dari enceng gondok pihaknya akan memberikan bantuan alat untuk pencacah enceng gondok dan peragu senilai Rp250 juta.

Ia menyebutkan selain bantuan dari BPDAS Agam Kuantan, Pemkab Agam juga mendapatkan bantuan bibit dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BUMD.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria menambahkan, bibit ini ditanam di sekitar daerah ketinggian dengan tujuan agar masyarakat tidak menebang pohon sehingga daerah tersebut terhindar dari longsor.

"Ini mengingat bahwa sekitar Danau Maninjau merupakan daerah rawan longsor saat curah hujan tinggi," katanya.

Penanaman bibit pohon ini salah satu program dalam penyelamatan Danau Maninjau dari pencemaran yang menjadi prioritas ke depan.

"Ini untuk pengalihan ketergantungan masyarakat dari budidaya ikan dari danau ke daratan," katanya.

Dengan cara ini, maka hutan dan daerah aliran sungai akan terjaga sehingga air Danau Maninjau akan normal kembali.

Saat ini tambahnya hanya 34 dari 84 anak sungai yang masih memberikan kontribusi ke Danau Maninjau.

"Sisanya sebanyak 50 anak sungai ini sudah kering dan memiliki air apabila curah hujan tinggi. Dengan penanaman pohon ini, maka seluruh anak sungai itu diharapkan aktif kembali," pungkasnya. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,08 September 2017 - 01:04:28 WIB
    PULANG BASAMO DI IDUL ADHA

    Perantau Agam Pererat Tali Silaturahmi

    Perantau Agam Pererat Tali Silaturahmi AGAM, HALUAN -- Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah, mengaku salut dan bangga dengan kekompakan perantau Palembayan di Malaysia dan Indonesia, yang pulang basamo saat moment Hari Raya Idul Adha 1438.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 20:35:05 WIB

    Pawai Alegoris di Agam Diguyur Hujan

    Pawai Alegoris di Agam Diguyur Hujan AGAM, HARIANHALUAN.COM- Ribuan peserta Peserta pawai alegoris dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72, tingkat Kabupaten Agam di Lubuk Basung, hujan-hujanan, Senin (21/8). Meski demikian pe.
  • Selasa,15 Agustus 2017 - 11:07:00 WIB

    Semarakkan HUT RI, Siswa SD di Agam Ikut Lomba Marathon

    Semarakkan HUT RI, Siswa SD di Agam Ikut Lomba Marathon AGAM, HARIANHALUAN.COM- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72, Pemerintah Kabupaten Agam menggelar lomba lari marathon 6K se-Kecamatan Lubuk Basung, Senin (14/8). Kegiatan ini diikuti rat.
  • Senin,14 Agustus 2017 - 17:49:00 WIB

    Bupati Pasbar: Kurangi Konsumsi Beras, Perlu Makanan yang Beragam

    Bupati Pasbar: Kurangi Konsumsi Beras, Perlu Makanan yang Beragam PASBAR, HARIANHALUAN.,COM--Pemerintah Pasaman Barat melalui Dinas Pangan berupaya mengurangi konsumsi nasi. Program yang di mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga kabupaten kota itu bertujuan mengurangi konsu.
  • Sabtu,12 Agustus 2017 - 01:49:13 WIB

    Dua Kadis Agam Mendadak Dicopot

    Dua Kadis Agam Mendadak Dicopot AGAM, HALUAN—Dua pejabat eselon II di Kabupaten Agam mendadak dicopot dari jabatannya oleh Bupati Agam Indra Catri. Pencopotan tersebut dinilai akibat kinerja kedua kadis itu kurang memuaskan. .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM