Atlet Pasaman Pecahkan Rekornas


Selasa,25 April 2017 - 01:36:19 WIB
Atlet Pasaman Pecahkan Rekornas Bupati Pasaman Yusuf Lubis beserta Wakilnya Atos Pratama, Ny Gustinar Yusuf Lubis, Kadisporapar Ricky Riswandi berpoto bersama dengan atlet Fauma Depril Jumra. Yudi

PASAMAN, HALUAN--Nama Pasaman, kembali harum dikancah nasional. Itu berkat Fauma Depril Jumra, atlet atletik yunior yang berhasil mempersembahkan medali emas dalam iven Kejurnas Atletik Remaja Yunior di Jakarta, 22-24 April 2017.Torehan emas itu, diraih Fauma dari nomor pertandingan dasalomba yang dilaksanakan di stadion atletik UNJ Rawamangun, Jakarta. Raihan medali emas tersebut sangat spesial,  karena disertai dengan pemecahan rekor  nasional dasalomba yang telah bertahan selama 31 tahun.

 

Rekor nasional dasalomba sebelumnya dipegang oleh Yulius Uwe asal Papua yang diraih tahun 1986 dengan nilai 5.700. Menurut pelatih atletik Pasaman Edi Warman, Minggu (23/4) di Jakarta mengatakan, bahwa pretasi itu adalah prestasi fenomenal atlet Pasaman di kancah nasional. "Fauma berhasil meraih medali emas dasalomba dengan nilai 5.948. Dan ini sangat fantastis, juga membanggakan kita semua," ujar Ediwarman.

 

Ia berharap, prestasi yang ditorehkan oleh atletnya itu dapat dipertahankan dan terus dikembangkan, sehingga membawa nama harum daerah itu ditingkat selanjutnya.  "Kita berharap prestasi yang diraih Fauma,  putra Bonjol ini dapat menjadi inspirasi bagi atlet-atlet Pasaman lainnya dan menjadikan momentum kejayaan atletik Pasaman dimasa mendatang," tambah Ediwarman mantan atlet lari jarak menengah Pasaman.

 

Sementara Bupati Pasaman Yusuf Lubis beserta wakilnya, Atos Pratama memberikan apresiasi terhadap torehan prestasi membanggakan putra Bonjol itu, dan membawa nama harum Pasaman dikancah nasional.

 

"Ini sangat luar biasa, dan membanggakan kita semua, masyarakat Pasaman. Prestasi ini harus terus dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan," ujar Yusuf Lubis saat menerima Fauma, pada pagelaran kesenian Kabupaten Pasaman di anjungan Sumbar TMII Jakarta, Minggu (23/4).

 

Pemerintah daerah, kata dia, akan memberikan reward, berupa bonus kepada Fauma dan atlet berprestasi lainnya begitu pulang ke kampung halaman, nanti. Atlet berprestasi, kata dia, harus terus dibina dan dilatih serius. 

 

"Atlet-atlet seperti Fauma ini yang akan membawa nama harum Pasaman. Dan mereka harus terus dibina, dididik dan diperhatikan untuk kemajuan dunia olahraga di Pasaman tercinta ini," pintanya. 

 

Ia pun meminta, setiap pengurus cabang olahraga tak patah arang mencari atlet potensial dan berbakat di daerah itu, untuk kemudian diutus pada ajang Porprov maupun pada ajang lainnya ditingkat nasional. 

 

"Mencari atlet berbakat itu tidak mudah, meski begitu pengurus cabor tidak boleh patah semangat. Cari terus, bina dengan baik, perbanyak latih tanding untuk menambah jam terbang dan memperkuat mental mereka," katanya. 

 

Dikatakan, untuk meraih prestasi tidaklah instans. Butuh kerja keras, dan komitmen dari para pengurus cabor, pelatih bahkan para atlet itu sendiri dan juga pemerintah. Dukungan dari semua pihak, juga dibutuhkan untuk memajukan dunia olahraga di bumi Pasaman. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM