Pacu Jawi Tanah Datar Akan Dipatenkan


Selasa,25 April 2017 - 01:33:37 WIB
Pacu Jawi Tanah Datar Akan Dipatenkan Pacu Jawi di Tanah Datar segera di Patenkan. YULDAVERI

BATUSANGKAR, HALUAN - Alek Nagari Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar merupakan peninggalan sejarah dari nenek moyang yang kini terus berkembang secara turun temurun dan semakin diminati banyak wasatawan.
Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra meminta agar pertunjukan tradisional yang unik dan satu-satunya ini dipatenkan secara legalitas.
         Hal itu disampaikan Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra ketika memberikan sambutan pada acara pentupan secara resmi Alek Pacu Jawi di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Sabtu kemaren.
Dihadapan Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten I, Mukhlis, Anton menambahkan, hanya di Tanah Datar yang punya kegiatan permainan anak nagari yang unik seperti ini yang semakin dikenal sampai ke manca negara. Pacu jawi ini DIKATAKAN Anto sangat berbeda dengan karapan sapi yang ada di Madura.

“Agar kegiatan ini mendapat pengakuan internasional harus di Patenkan sehingga tidak ada pihak lain yang mengaku-ngaku pula yang punya hiburan Tradisional ini, dan ini perlu disegerakan mengurusnya dari organisasi Porwi bersama Dinas terkait,” tegas Anton Yondra.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten I, Mukhlis menyatakan dukungannya atas ide Ketua DPRD untuk mempatenkan Alek Nagari Pacu Jawi yang nantinya akan dilakukan oleh Dinas Parpora bersama Porwi Tanah Datar tersebut.

Alek Pacu Jawi di Nagari Labuah ini sudah berlansung tiga kali kegiatan setiap hari Sabtu yang selalu ramai dikunjungi penggemar dari dalam daerah dan mancanegara, diakhiri dan ditutup secara resmi Sabtu (22/4) kemaren. (h/ydv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM