Pacu Jawi Tanah Datar Akan Dipatenkan


Selasa,25 April 2017 - 01:33:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pacu Jawi Tanah Datar Akan Dipatenkan Pacu Jawi di Tanah Datar segera di Patenkan. YULDAVERI

BATUSANGKAR, HALUAN - Alek Nagari Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar merupakan peninggalan sejarah dari nenek moyang yang kini terus berkembang secara turun temurun dan semakin diminati banyak wasatawan.
Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra meminta agar pertunjukan tradisional yang unik dan satu-satunya ini dipatenkan secara legalitas.
         Hal itu disampaikan Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra ketika memberikan sambutan pada acara pentupan secara resmi Alek Pacu Jawi di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Sabtu kemaren.
Dihadapan Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten I, Mukhlis, Anton menambahkan, hanya di Tanah Datar yang punya kegiatan permainan anak nagari yang unik seperti ini yang semakin dikenal sampai ke manca negara. Pacu jawi ini DIKATAKAN Anto sangat berbeda dengan karapan sapi yang ada di Madura.

“Agar kegiatan ini mendapat pengakuan internasional harus di Patenkan sehingga tidak ada pihak lain yang mengaku-ngaku pula yang punya hiburan Tradisional ini, dan ini perlu disegerakan mengurusnya dari organisasi Porwi bersama Dinas terkait,” tegas Anton Yondra.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten I, Mukhlis menyatakan dukungannya atas ide Ketua DPRD untuk mempatenkan Alek Nagari Pacu Jawi yang nantinya akan dilakukan oleh Dinas Parpora bersama Porwi Tanah Datar tersebut.

Alek Pacu Jawi di Nagari Labuah ini sudah berlansung tiga kali kegiatan setiap hari Sabtu yang selalu ramai dikunjungi penggemar dari dalam daerah dan mancanegara, diakhiri dan ditutup secara resmi Sabtu (22/4) kemaren. (h/ydv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,02 Juli 2017 - 10:06:28 WIB

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah DHARMASRAYA, HALUAN – Dharmasraya,khususnya Jorong Sungai Kilangan Nagari Sungai Mandeh, Kecamatan Pulau Punjung punya alek tradisional menyambut Idul Fitri kali ini. Anak nagari setempat, menggelar lomba pacu biduak (sampa.
  • Minggu,29 Januari 2017 - 21:13:17 WIB

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen

    Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen TANAH DATAR, HALUAN – Tradisi pacu jawi menjadi agenda rutin wisata yang digelar setiap selesai panen padi di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Pemkab dan masyarakat terus berupaya meningkatkan angka kunjungan wisat.
  • Jumat,26 Agustus 2016 - 03:33:42 WIB

    Wawako Ikuti Kejuaran Pacu Rakik

    Wawako Ikuti Kejuaran Pacu Rakik SOLOK, HALUAN —Wa­kil Walikota Solok, Reinier mengikuti kejuaraan pacu rakik trdaisional Koto Pan­jang Cup di Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok , Sabtu (20/8)..
  • Senin,22 Agustus 2016 - 10:05:29 WIB

    Nagari Sasak Terus Pacu Pembangunan

    PASAMAN BARAT, HALUAN - Alokasi Dana Nagari (ADN), yang di alokasikan pemerintah daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) untuk 19 Nagari se Pasbar, ditambah dengan Alokasi Dana Desa ((ADD) tahun 2016 ini, siap menyulap waja.
  • Jumat,22 April 2016 - 03:52:28 WIB

    Pacu Kuda Digelar 7-8 Mei

    SOLOK, HALUAN — Kota Solok menggelar iven wisata terbesar di Sumatera Barat dalam bentuk pacu kuda. Helat olahraga tradisional di Ranah Minang itu meru­pakan salah satu kalender 3 tahunan bagi Kota Solok melalui Persatuan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM