Lanud Sjahrir Adakan Pengobatan Gratis


Selasa,25 April 2017 - 00:58:53 WIB
Lanud Sjahrir Adakan Pengobatan Gratis Seorang dokter memeriksa warga lanjut usia saat pelaksanaan pengobatan massal di Lapangan bola Tunggul Hitam milik Lanud Sutan Sjharir, Padang, Sabtu (22/4). Pengobatan massal ini diselengarakan dalam rangka memperingati HUT ke-71 TNI AU. (huda Putra)

PADANG, HALUAN -- Memperingati Hut ke-71, Lanud Sutan Sjahrir, Padang kembali mengadakan bakti sosial. Kali ini berupa pengobatan masal yang dilaksanakan di Lapangan Bola Tunggul Hitam, Sabtu (22/4) siang.

Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud Padang), Kolonel Penerbang (Pnb) I Putu Gede Suartika, yang ditemui disela kegiatan menjelaskan bahwa kegitan sosial ini dalam rangka memperingati HUT TNI AU yang ke-71 sekaligus mencanangkan bulan ini sebagai bulan Bakti Dirgantara.  "Hut kali ini kita isi dengan berbagai kegiatan. Ada dua kegiatan sosial yang kita gelar seperti, donor darah dan pengobatan masal," terangnya kepada Haluan kemarin di Padang.

Pengobatan masal dipilih katanya, karena dirinya berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini, seluruh elemen masyarakat diterima untuk mendapatkan pengobatan, tanpa memandang berasal dari keluarga mampu atau tidak mampu, baik ras maupun agama dengan target sebanyak 300 orang.

"Namun, jika perlu penangan lebih lanjut, kita akan lakukan survei. Jika memang tidak mampu maka akan kita bantu sepenuhnya. Intinya bagaimana masyarakat menjadi sehat, dengan pengobatan ini," ungkapnya.

Dalm kegiatan pengobatan ini, Lanud Sutan Sjahrir bekerja sama dengan Yayasan Budhha Tzu Chi, Padang. Tidak kurang 80 relawan Budha Tzu Chi dilibatkan dalam membantu kegitan ini. "Untuk tenaga dokter ada lima orang kita minta bantuan dari Rumah Sakit Tentara Dr. Reksodiwiryo, dua orang dari Budhha Tzu Chi Jakarta, dan satu dari Lanud Sutan Sjahrir. Sedangkan perawat ada 10 orang yang terlibat," sambungnya.

Ke depannya, pihaknya berencana untuk mendirikan rumah sakit TNI AU sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapat akses kesehatan. "Di sekitar Lanud belum ada rumah sakit yang berskala besar, untuk itu kita berharap masyarakat bisa berobat dengan adanya pengobatan masal ini. Kita mencari Indonesia yang lebih sehat," tuturnya

Sementara itu, Ketua Yayasan Budhha Tzu Chi Padang, Widya Kusuma, mengapresiasi kerjasama yang terjalin dalam pengobatan masal ini. Ke depan pihaknya siap untuk kembali bekerja sama dalam kegiatan sosial yang akan diadakan oleh TNI AU. "Saya mewakili Budha Tau Chi Indonesia mengucapkan terima kasih atas kesempatan bansos bersama dengan TNI AU kali ini. Apa yang dilakukan ini selaras dengan visi misi kita tenang pentingnya kesehatan," ungkapnya. 

Dana (45), salah seorang warga Tunggul Hitam turut mengapresiasi pengobatan gratis tersebut, dan dirinya berharap banyak pihak yang lebih memperhatikan kesehatan masyarkat. "Sekarang mau berobat susah, kalau ada pengobatan seperti ini setidaknya memudahkan kami untuk memeriksakan kesehatan," ungkapnya. (h/mg-hud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM