575 Ton Pupuk Akan Digulirkan untuk Petani Mentawai


Sabtu,22 April 2017 - 07:24:06 WIB
575 Ton Pupuk Akan Digulirkan untuk Petani Mentawai

MENTAWAI, HALUAN – Dalam upaya meningkatkan produksi pertanian di Kepulauan Mentawai, PT Petrokimia Gresik bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai tahun ini akan menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani Mentawai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai Nofriadi mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan 575 ton untuk semua jenis pupuk bersubsidi guna meningkatkan produksi pertanian di Mentawai.

“Hal ini baru pertama kali di Mentawai dan kita belum tahu pasti berapa kebutuhan pupuk di Mentawai, namun tahun ini kita targetkan 575 ton untuk semua jenis pupuk akan kita salurkan. Ke depan kita bisa tambah lagi sesuai data Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),” ungkapnya kepada wartawan usai sosialisasi penyaluran pupuk bersubsidi, Kamis lalu (20/4) di Aula Bappeda Mentawai yang diikuti oleh pemerintah dan masyarakat petani Mentawai.

Disamping itu, sebagai pendukung penyaluran pupuk bersubsidi tersebut ia katakan harus ada setidaknya satu kecamatan dua kios pengencer resmi yang ditunjuk oleh distributor dalam hal ini PT Petrokimia Gresik.

“Hari ini sudah dilakukan launching dua kios pengencer resmi satu kios beroperasi di Kecamatan Sipora Utara dan satu lagi di Sipora Selatan. Ke depan kita akan dorongan pengusaha yang berminat agar mengurus izin usaha dan syarat lainnya karena ini tidak bisa sembarangan kios, sudah ada ketentuannya seperti persiapan gudang dan lain sebagainya,” terang Nofriadi.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk mengantisipasi terjadinya penyelewengan pupuk bersubsidi ini, pihaknya sudah mempersiapkan badan hukum melalui Peraturan Bupati (Perbup) tentang Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3).

“Karena kita di Mentawai program ini masih baru kita belum punya pengawasan atau KP3, namun karena sudah ada kita wajib punya pengawas, sekarang kita sudah buat draf Perbupnya, semoga dalam waktu dekat perbubnya selesai,” pungkasnya

Sementara itu, pihak PT Petrokimia Gresik sendiri menyebut akan terus berkomitmen dan siap menyalurkan pupuk bersubsidi tersebut kepada masyarakat petani di Mentawai.

“Pada prinsipnya kita siap menyalurkan untuk kebutuhan pupuk ke pada petani Mentawai, karena untuk subsidi ini mulai tahun 2003 lokasi Mentawai belum tersentuh. Kami sebagai petugas perwakilan di Provinsi Sumatera Barat ini, mulai tahun ini siap menyalurkan pupuk bersubsidi,” ungkap Hery Purnomo, suvervisor perwakilan PT Petrokimia Gresik wilayah Sumatera Barat, yang memberikan materi sosialisasi tentang penyaluran pupuk bersubsidi tersebut. (h/mg-red)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM