UBH Menuju Universitas Berkelas Dunia


Sabtu,22 April 2017 - 02:44:31 WIB

PADANG, HALUAN -- Universitas Bung Hatta (UBH) kini menapak usia ke-36 tahun, usia yang telah amat dewasa dan berada pada level kematangan. Di usia tersebut, UBH makin cemerlang, berbagai pengembangan telah dilakukan baik dari sisi akademis maupun intitusi. UBH terus berupaya melahirkan dan mencetak lulusan yang berkualitas, serta memiliki daya saing yang kompetitif.

Hal tersebut diungkapkan Rektor Universitas Bung Hatta, Niki Lukviarman saat menyampaikan laporannya pada sidang terbuka perayaan Dies Natalis ke-36 yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (20/4).

“Hari ini, UBH genap berusia 36 tahun. Rasa syukur mari bersama panjatkan dan diiringi dengan harapan, agar Universitas Bung Hatta semakin unggul dan bermartabat menuju universitas berkelas dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut dirnya memaparkan, inti dari perigatan Dies Natalis adalah “muhasabah” (perenungan diri) untuk melakukan instrospeksi. Dari sinilah akan didapat menilai perjalanan, mana yang menurun, stagnan dan meningkat, yang untuk kemudian bisa dirancang sekaligus melangkah bersama untuk melakukan perbaikan dan peningkatan berarti dan fundamental.

“Di dalam grand design rencana induk pengembangan Universitas Bung Hatta periode 2014-2018 mencanangkan penataan organisasi dan manajemen Universitas Bung Hatta untuk mencapai good university governanc. Universitas Bung Hatta sudah berhasil memperoleh Akreditasi Insitusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai akreditasi B. Begitu juga dengan 30 program studi yang dimiliki, baik untuk tingkat sarjana dan magister. Ini akan ditingkatkan dalam waktu dekat menjadi akreditasi A,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, bahwa mahasiswa merupakan faktor utama dalam penentuan key performance suatu institusi pendidikan. Selain mengikuti proses pembelajaran di universitas sesuai dengan standar mutu pendidikan tinggi, aktivitas ekstrakurikuler mahasiswa merupakan bagian penting dan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas akademik. Telah banyak kemajuan dan pencapaian yang diperoleh UBH, mulai dari fisik bangunan, SDM hingga mitra dari dalam dan luar negeri.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama bekerja keras dengan penuh dedikasi dan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan memajukan UBH tercinta. Universitas Bung Hatta tidak akan mengalami kemajuan yang berarti, tanpa bantuan semua pihak yang terkait, baik pihak internal maupun pihak eksternal,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Fachri Ahmad mengatakan, perjalanan panjang telah mengatarkan UBH hingga saat ini dan bercita-cita menuju perguruan tinggi berkelas dunia. Universitas ini terus berkiprah di dalam dan luar negeri. Hasil penelitian dan pengabdian yang dihasilkan dapat berkontribusi untuk pembangunan daerah dan bangsa.

“Kita masih harus terus berkerja, dari sisi aset dan potensi untuk menumbuhkan universitas ini kita tidak kurang sama sekali. Kita tidak cukup dengan hanya tiga guru besar dan puluhan gelar doktor, kita perlu orang-orang yang di kenal seluruh nusantara.  Saya mengingatkan kembali, kita perlu bekerja dan memikirkan lingkungan (daerah), banyak perguruan tinggi yang melakukan penelitian dan pengabdian ke masyarakat. Saya harapkan dapat memperhatikan sisi ini, kita melaksanakan penelitian dan dapat dibagi ke masyarakat, daerah dan negara kita supaya mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan pembangunan,” jelasnya.

Sekretaris Pelaksana Koordinator Kopertis Wilayah X, Hanfi, menilai bahwa di usia ke-36 tahun Universitas Bung Hatta semakin cermelang. Hal tersebut terlihat dari hampir semua program studi mendapatkan akreditasi B dan yang membanggakan juga dengan diperolehnya Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai B oleh UBH.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Provinsi Sumatera Barat Prof. Dr. Irwan Prayitno, P.Si., M.Sc bangga dengan Universitas Bung Hatta, karena telah melahirkan banyak lulusannya dan berkiprah dalam pemerintahan baik di kabupaten/kota dan provinsi. Hal ini menujukan kualitas dan mutu dari lulusan UBH.

“Tetap tingkatkan mutu, proses pembelajaran dan sumber daya manusia yang harus mendapat perhatian dengan serius. Berkomiten dan semangat dalam memajukan Universitas Bung Hatta. Pemerintah provinsi terus mendukung dan mengapresiasi segala pencapaian Universitas Bung Hatta hingga saat ini termasuk dengan diperolehnya akreditasi institusi,” tambahnya.

Sidang Terbuka ini dibuka oleh Ketua Senat Universitas Bung Hatta, Hafrijal Syandri dan dihari oleh Meutia Farida Swasono dan Gemala Rabi'ah Hatta putri, sang Proklamator Bung Hatta. Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Ketua Badan Pengawas Yayasan Pendidikan Bung Hatta, Zuiyen Rais, serta pimpinan struktural Universitas Bung Hatta, guru besar, senat universitas, dosen, tenanga kependidikan dan mahasiswa UBH, serta tamu undangan dan mitra kerja. (H/mg-hud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM