PEMKAB TANAH DATAR

Canangkan Program Maghrib Mengaji


Sabtu,22 April 2017 - 02:32:43 WIB
Canangkan Program Maghrib Mengaji MAGHRIB MENGAJI - Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi saat mencanangkan gerakan magrib mengaji di Masjid Ittiha Alur Tengah, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Jumat (21/4). IST

TANAH DATAR, HALUAN - Pemerintah Tanah Datar, komit untuk menjadikan Tanah Datar, menjadi Kabupaten yang madani dengan mendekatkan masyarakatnya dengan Alquran. Program membumikan Alquran sangat serius dilakukankan Pemda, dengan penerbitan Perda Nomor 2 tahun 2007 yang mewajibkan pandai baca tulis Alquran.

 

Untuk mewujudkan program tersebut, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi turun langsung ke masjid-masjid mencanangkan gerakan magrib mengaji. Kali ini bupati mencanangkan magrib mengaji di Masjid Ittiha Alur Tengah, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Jumat (21/4) didampingi Kadis Pol PP dan Damkar Nuryedisman, Kabag Kesra Afrizon, Camat Lintau Buo Utara Suripto dan dihadiri ratusan jamaah.

 

Sebelumnya, beberapa nagari ditetapkan menjadi nagari percontohan Gerakan Maghrib Mengaji di Kabupaten Tanah Datar. Nagari tersebut telah mampu mengaplikasikan gerakan yang sudah dilaunching sejak tahun 2012 lalu. Kali ini, Pemkab Tanah Datar, tampaknya lebih serius menyukseskan program ini.

 

Tidak sekadar imbauan dan pencanangan, namun Pemkab telah menyiapkan dengan membina langsung guru TPA dan TPSA serta baru-baru ini juga melakukan pembinaan kepada ulama nasing-masing nagari sebagai penpanjangan tangan dari pemerintah daerah.

 

Bupati Irdinansyah Tarmizi mengatakan, apabila semua pihak di nagari telah sepakat dan mendukung kegiatan maghrib mengaji, Ia optimistis program tersebut memberikan makna sangat besar bagi masyarakat dan akan dilaksanakan secara maksimal.

 

Magrib mengaji merupakan program Pemda Tanah Datar untuk mengembalikan masyarakat agar kembali jadikan masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan pendidikan moral, agama generasi muda dengan tujuan mewujudkan Kabupaten Qurani.

 

"Kita juga minta masyarakat mematikan televisi mulai Magrib sampai Salat Isya dan saya mengimbau bagi anak sekolah atau di bawah umur untuk tidak memakai alat komunikasi berbasis android, yang saat ini sebagai sarana pemicu bagi kerusakan mental anak ketika orangtua tidak bisa mengawasi anaknya ketika menyalahgunakan alat canggih tersebut," ujar Irdinansyah. 

 

Selanjutnya, bupati kembali ingatkan pemerintah daerah telah komit untuk memberikan reward bagi hafizh-hafizh di Tanah Datar baik dalam pemberian prioritas memilih sekolah lanjutan yang diingini termasuk diikutkan dalam Studi Banding Internasional untuk siswa berprestasi. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM