Layanan Pemeriksaaan IVA/ Pap Smear Dijamin BPJS


Sabtu,22 April 2017 - 02:15:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Layanan Pemeriksaaan IVA/ Pap Smear Dijamin BPJS Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Ardiansyah foto bersama pengurus PKK sejumlah kabupaten dan kota. IST

SOLOK, HALUAN - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, BPJS Kesehatan Cabang Solok menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan IVA/Pap Smear di klinik tumbuh kembang anak Puskesmas Tanah Garam Kota Solok, Jumat (21/4).

Pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Pap Smear ini adalah salah satu bentuk program promotif preventif  dalam menekan jumlah penderita kanker serviks. Layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang menjadi peserta JKN-KIS ini, diselenggarakan melalui kerjasama Organisasi Aksi Solidaritas (OASE) Kabinet Kerja dengan BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan.

         “Layanan pemeriksaan IVA/Pap Smear ini dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika telah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut,maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Ardiansyah.

Lebih jauh Ardiansyah mengatakan,Berdasarkan data BPJS Kesehatan secara nasional tahun 2016,jumblah kasus kanker serviks ditingkat pelayanan Rawat jalan Tingkat Lanjut ( RTJL) mencapai 12.820 kasus dengan total biaya sekitar Rp56,5 miliar. Sementara ditingkat Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) tercatat ada 6.938 kasus dengan total biaya sekitar Rp87,1 milliar.  Pada tahun yang sama, terdapat 137.465 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA dan 206.497 peserta JKN-KIS yang menjalani pemeriksaan Papsmear.

“Sebagai penyelanggara program JKN-KIS yang lebih dari tiga tahun beroperasi, BPJS Kesehatan siap mengawal dan menyukseskan misi OASE dalam meminimalisir angka penderita kanker serviks di Indonesia. Terlebih program pemeriksaan IVA/Papsmear tersebut sejalan dengan implementasi program promotif preventif yang senantiasa digalakan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan penduduk Indonesia,” kata  Ardiansyah

Selain Solok, katanya, seluruh kantor cabang bekerjasama dengan OASE Kabinet Kerja melaksanakan kegiatan bulan deteksi dini kanker serviks ini,dan pencanangannya dilaksanakan pada tanggal 21 April 2017 diseluruh Indonesia. (h/eri/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,09 September 2017 - 01:28:57 WIB

    2018, RSUD Lubuk Basung Siapkan Pelayanan Online

    AGAM, HALUAN -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung melangkah maju, tahun 2018 mendatang segera memasuki pelayanan online untuk meningkatkan pelayananya. Untuk itu, RSUD ini menganggarkan dana Rp400 juta untuk membeli.
  • Rabu,23 Agustus 2017 - 16:29:39 WIB

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119 PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kesehatan Padang Pariaman luncurkan program "Papa Tangkas Gada 119". Program ini bertujuan untuk mengurangi  peristiwa kematian dalam kasus gawat-darurat disebabkan oleh keterlambatan.
  • Kamis,01 Juni 2017 - 16:31:08 WIB

    Keren! Desa di Sawahlunto Ini Sediakan Call Center dan Medsos untuk Layanan Masyarakat

    Keren! Desa di Sawahlunto Ini Sediakan Call Center dan Medsos untuk Layanan Masyarakat SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Teknologi informasi sudah saatnya membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi. Hal inilah yang digunakan oleh Desa Talawi Hilir, Kota Sawahlunto. SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM.
  • Selasa,21 Maret 2017 - 11:34:52 WIB

    Pelayanan Paspor Mobile Hadir di Pasbar

    PASBAR, HALUAN — Mendekatkan pelayanan dokumen keimigrasian, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pasaman Barat bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas II Agam melakukan pelayanan paspor mobil di Kantor Bupati P.
  • Kamis,16 Maret 2017 - 09:54:59 WIB

    Pelayanan Publik di Pangkalan Berangsur Pulih

    SARILAMAK, HALUAN – Pasca dicabutnya status tanggap darurat dan beralih ke masa transisi pemulihan oleh Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (13/3), seluruh pelayanan public di Kecamatan Pangkalan Koto Baru sudah berj.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM