Sambut Hari Kartini, BPJS Kesehatan Solok Gelar Pemeriksaaan IVA/ Pap Smear


Jumat,21 April 2017 - 19:21:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sambut Hari Kartini, BPJS Kesehatan Solok Gelar Pemeriksaaan IVA/ Pap Smear Foto bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok,Drs. Ardiansyah M dengan seluruh jajaran dan peserta acara, Jumat (21/4).

 

 

SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Dalam rangka memperingati Hari Kartini,BPJS Kesehatan Cabang Solok   menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan IVA/ Pap Smear di klinik tumbuh kembang anak Puskesmas Tanah Garam Kota Solok,Jumat (21/4).

         

 

Pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Pap Smear ini adalah salah satu bentuk program promotif preventif  dalam  menekan jumblah penderita kanker serviks. Layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang menjadi peserta JKN-KIS ini, diselenggarakan melalui kerjasama Organisasi Aksi Solidaritas (OASE) Kabinet Kerja dengan BPJS Kesehatan dan  Kementrian Kesehatan.

 

 

“Layanan pemeriksaan IVA/Pap Smear ini dijamin oleh BPJS Kesehatan,sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika telah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut,maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok,Drs. Ardiansyah MM.

 

 

Lebih jauh Ardiansyah mengatakan,Berdasarkan data BPJS Kesehatan secara nasional tahun 2016,jumblah kasus kanker serviks ditingkat pelayanan Rawat jalan Tingkat Lanjut ( RTJL) mencapai 12.820 kasus dengan total biaya sekitar Rp 56,5 milliar. Sementara ditingkat Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) tercatat ada 6.938 kasus dengan total biaya sekitar Rp87,1 Milliar.  Pada tahun yang sama, terdapat 137.465 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA dan 206.497 peserta JKN-KIS yang menjalani pemeriksaan Papsmear.

         

 

“Sebagai penyelanggara program JKN-KIS yang lebih dari tiga tahun beroperasi, BPJS Kesehatan siap mengawal dan menyukseskan misi OASE dalam meminimalisir angka penderita kanker serviks di Indonesia. Terlebih program pemeriksaan IVA/Papsmear tersebut sejalan dengan implementasi program promotif preventif yang senantiasa digalakan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan penduduk Indonesia,” kata  Ardiansyah

 

Selain Solok,katanya,seluruh kantor cabang bekerjasama dengan OASE Kabinet Kerja melaksanakan kegiatan bulan deteksi dini kanker serviks ini,dan pencanangannya dilaksanakan pada tanggal 21 April 2017 diseluruh Indonesia.

 

 

OASE Kabinet Kerja yang menjadi parnert BPJS Kesehatan ini merupakan sebuah perkumpulan para pendamping mentri dan unsure eksekuti lain yang dipimpin oleh ibu Negara Iriana Jokowi. Salah satu program yang digalang OASE ini adalah meningkatkan pelaksanaan pencegahan dan detekasi dini kanker pada permpuan Indonesia mulai tahun 2015-2019.

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM