GOW Payakumbuh Sebut Wanita Modern Harus Kreatif


Jumat,21 April 2017 - 11:43:08 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN – Menyambut hari Kartini ke-138, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Payakumbuh menginginkan kaum perempuan untuk tidak lagi terpaku di rumah. Wanita di era modern sudah harus aktif dan kreatif dalam mengembangkan pola pikir untuk mendongkrak taraf kehidupan sosial perempuan.

Dengan itu, diskriminasi dan kriminalisasi terhadap perempuan dapat ditekan semaksimal mungkin. Ketua GOW Payakumbuh, Hj. Rasidah Suwandel mengatakan di era modern ini, segala persoalan tidak akan bisa diserahkan seluruhnya kepada kaum laki-laki. Keterlibatan perempuan sangat dbutuhkan baik dalam keluarga maupun lingkungan. Kodrat wanita sebagai penyeimbang harus diaplikasikan agar tercipta kehidupan yang selaras dan bermartabat antara laki-laki dan peremuan.

“Walaupun Kodrat perempuan itu melayani laki-laki, tidak mesti menghabiskan banyak waktu di rumah. Perempuan bisa berkarya dan berbuat jauh lebih baik dari laki-laki. Karena itulah paradigma lama sudah tidak cocok lagi dengan wanita di zaman modern ini,” kata Rasidah dalam Seminar satu hari dalam menyambut hari Kartini di aula pembibitan ternak, Kelurahan Ibuah, Kota Payakumbuh, Kamis (20/4). Untuk bisa mewujudkan emansipasi ini, Rasidah menuturkan wanita saat ini harus berani berinovasi, kreatif dan mau belajar. Khususnya perempuan muda yang masih memiliki banyak waktu untuk berbuat. Sama halnya dengan Kartini di masanya yang terus berbuat sesuai dengan zamannya saat itu. “Kartini selalu belajar untuk bisa berbuat di masanya. Ia sosok yang patut dicontoh dan ditiru agar perempuan mampu berbuat banyak untuk keluarga, lingkungan dan negara ini. Perempuan berhak bebas menentukan pilihan dan hidupnya sendiri. Namun harus kearah yang positif agar bisa meraih apa yang dicita-citakan,” katanya. Rasidah juga mengatakan di hari Kartini ini , perempuan bisa memanfaatkannya sebagai moment yang penting untuk mengevaluasi diri dan mencari arah hidup yang lebih untuk kedepannya. Sementara itu Staf Ahli Walikota Payakumbuh, Dafril mengatakan dengan telah adanya Perda no 11 tahun 2016 tentang perlindungan Perempuan dan Anak. Masyarakat Perempuan Payakumbuh sudah memiliki tempat untuk hidup selaras dengan kaum laki-laki dan bebas berkreasi. Perempuan selalu dilibatkan dalam segala hal urusan baik berskala kecil maupun yang besar. “Dengan adanya Perda No 11 tahun 2016 membuktikan Pemko Payakumbuh mendukung terwujudnya emansipasi wanita di sini. Perempuan bebas berekspresi dan berkreasi sesuai dengan kodratnya. Seluruh kegiatan perempuan yang bersifat positif dan sosial, selalu dilindungi oleh Pemko payakumbuh,” katanya. (h/ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM