Penentuan Tapal Batas, Sumbar–Jambi Saling Klaim Wilayah Adat


Jumat,21 April 2017 - 10:51:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Penentuan Tapal Batas, Sumbar–Jambi Saling Klaim Wilayah Adat Ekskavator yang dirusak warga dalam kasus tapal batas Sumbar-Riau. Dokumentasi Haluan
Sedangkan permasalahan tapal batas dengan Bengkulu dan Sumut akhirnya bisa dituntaskan. Sempat beberapa kali terjadi tarik ulur akhirnya permasalahan tapal batas berakhir di meja perundingan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Sudah sepakat dari dua provinsi yaitu Bengkulu dan Sumut. Sudah sama-sama menandatangani berita acara termasuk dengan kabupaten dimana tapal batas itu berada,” katanya.

 

Dengan Sumut katanya, dilakukan kesepatan tanggal 10 April 2017 di Jakarta. Dan dengan Bengkulu 18 April 2017 di Jakarta juga. “Jadi, sekarang kita tunggu keputusan resmi saja dari Kemendagri,” ujarnya.

 

Dikatakan Mardi, dengan Provinsi Bengkulu, memang beberapa kali menemukan jalan buntu dalam saat menentukan tapal batas. Karena Patok Batas Utama (PBU) yang diklaim Provinsi Bengkulu dan Sumbar berbeda. “Akhirnya pihak dari Kemendagri turun dan melihat langsung ke lapangan. Beberapa kali turun akhirnya kita dapat kata sepakat,” ujar Mardi.

 

Sementara dengan Sumut, diambil jalan tengah dengan membagi wilayah sempat diperebutkan sebelumnya, yaitu di daerah Mandailing Natal. “Jadi, ada sebagian yang masuk ke Sumut dan separuhnya ke Sumbar,” ujarnya. (h/isr)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM