Kawasan Mandeh Diblokir Sementara


Jumat,21 April 2017 - 10:47:46 WIB
Kawasan Mandeh Diblokir Sementara Bupati Pessel Hendra Joni bersama jajaranya memasang papan larangan (blokir) jalan ke mandeh terutama kawasan yang dirusak oleh oknum pejabat. TIM HALUAN

PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni memasang plang pelarangan di Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Mandeh. Plang itu berupa imbauan yang melarang pembangunan di Mandeh, sampai terbitnya izin lingkungan. Jika ngotot ada yang ingin membangun, akan langsung diseret ke ranah hukum.

 

Pemasangan plang juga sebagai bentuk proteksi agar perusakan kawasan Mandeh berhenti. “Plang itu sengaja dipasang untuk menghindari pihak-pihak tertentu melakukan kegiatan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan. Jika ada yang masih berani membangun, akan dipidanakan sesuai aturan yang berlaku,” tegas Hendrajoni.

 

Hendrajoni kembali menegaskan bahwa pelaku perusakan tersebut adalah pejabat tinggi dari Pemkab Pessel dan Pemprov Sumbar. Sebagai kepala daerah, katanya dia hanya menjalankan tugas sesuai perintah presiden dan gubernur. Dia juga mengaku tidak pernah mempersulit orang yang ingin berinvestasi di Pessel.

 

"Ya, silahkan saja investor berinvestasi di sini. Tapi, tentu harus sesuai pula dengan aturan dan prosedur. Sedangkan, masyarakat saja patuh dan taat kepada aturan, kenapa mereka tidak, kan aneh. Saya sudah mengantongi nama-nama orangnya, nanti setelah semua data kerusakan dikumpulkan, barulah dilapor ke pihak penegak hukum. Ada dari Pemkab Pessel dan Pemprov Sumbar," tutur Hendrajoni.

 

Dari tinjauan lapangan ke Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Bupati bersama sejumlah pejabat menemukan hutan bakau seluas 1,2 hektare rusak, akibat pembangunan yang tidak mengantongi izin secara resmi. “Sudah cukup Mandeh dirusak. Sekarang tak ada lagi cerita kerusakan lanjutan,” tegas Bupati.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pessel Erizon, mengatakan bahwa Pemkab Pessel memang tidak senang dengan perbuatan pelaku yang merusak Mandeh. Katanya, kawasan yang sebelumnya digadangkan jadi kawasan wisata terpadu, porak-poranda akibat kelakuan sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM