30 Persen Pasutri Pasbar Tak Punya Buku Nikah


Jumat,21 April 2017 - 01:59:48 WIB
30 Persen Pasutri Pasbar Tak Punya Buku Nikah Syahiran Pasbar terlihat sedang memantau proses pemberian putusan isbad dan penerbikan buku nikah bagi pasutri, Kamis (20/4). IDENVI SUSANTO

PASBAR, HALUAN - Pemkab Pasbar melalui Dinas Catatan Sipil (Discapil) terus melakukan inovasi dan pelayanan prima kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan MoU sidang isbad terpadu antara Pemkab Pasbar dengan Pengadilan Agama (PA) Talu dan Kementerian Agama Pasbar, Kamis (20/4).

Kegiatan MoU ini dalam rangka untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat Pasbar dalam mempemeroleh buku nikah bagi pasutri yang sudah lama menikah akan tetapi belum memiliki catatan pernikahan yang resmi.

"Benar, penandatanganan MoU ini bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat terkhusus kepada pasutri yang belum memiliki buku nikah," tutur Bupati Syahiran yang didampinggi Kepala Discapil, Yulisna kepada Haluan.

Menurut Syahiran, saat ini masyarakat Pasbar Didinas Catatan Sipil tercatat sebanyak 92.635 Kepala Keluarga (KK) yang berstatus kawin. Sedangkan yang memiliki buku nikah baru mencapai 63.000 KK. “Sekitar lebih 30% belum memiliki buku nikah,” katanya.

Syahiran melanjutkan, secara nasional telah ditetapkan target pencapaian kepemilikan Akta Kelahiran usia 0-18 tahun untuk tahun 2017 ditargetkan sebesar 80%. Untuk saat ini, Pasbar sendiri baru mencapai target berkisar 57% dan perlu percepatan pencapaian target 23% lagi.

"Antisipasi hal tersebut, kita akan lakukan kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama agar setiap siswa memiliki Akta Kelahiran melalui penetapan Akta Kelahiran sebagai syarat untuk masuk TK dan SD serta syarat mengikuti UAS," papar Syahiran.

Syahiran menambahkan, juga akan melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk pengurusan langsung oleh pihak penolong persalinan seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik Bersalin.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumbar, Hasan Basri yang hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi kepada bupati beserta jajaran atas kerjasama dan inovasi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

"Semoga kerjasama ini akan tetap terjalin demi memaksimalkan pekayanan kepada masyarakat sebagai wujud pengabdian yang tulus dari kepala daerah dan instansi vertikal lainnya di Pasbar untuk masyarakat Pasbar itu sendiri," pungkasnya. (h/mg-idn)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM