MENTERI PPPA YOHANA YEMBISE

Inovasi dan Kreasi Sawahlunto Layak Dicontoh


Jumat,21 April 2017 - 01:49:03 WIB
Inovasi dan Kreasi Sawahlunto Layak Dicontoh Menteri PPPA Launching Kampung Perempuan Produktif Desa Pasar Kubang

LIRIK lagu Yamko Rambe Yamko, yang mengalun diiringi alat musik kesenian tradisional talempong, seolah menyatukan Yohana Susana Yembise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dengan Kota Sawahlunto.

Yohana Yembise bersama Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf tampak bersemangat menggoyangkan badan mengikuti irama lagu, yang syairnya berisi kesedihan akibat peperangan, dalam perlawanan bangsa Indonesia terhadap para penjajah.

Kehadirannya ke Sawahlunto sejak Rabu (19/4) malam, tidak lain, dalam memperingati Hari Kartini tingkat Sumatera Barat, yang dipusatkan di Kota Wisata Tambang Berbudaya, Jumat (21/4).“Masa depan bangsa Indonesia, berada di tangan setiap keluarga yang ada di Indonesia saat ini,” yakin mantan Rektor Universitas Cendrawasih itu, ketika meninjau Puskesmas Ramah Anak, Puskesmas Silungkang.

Jika keluarga di Indonesia saat ini baik,  lanjut wanita kelahiran ManokwariPapua1 Oktober 1958 silam itu, maka masa depan Indonesia juga akan baik. Keluarga menjadi kunci utama dalam penentuan masa depan bangsa.

Yohana yang datang bersama rombongan dan didampingi salah seorang anaknya, berpesan, kepada setiap keluarga di Kota Sawahlunto untuk menjaga anak, khususnya mereka yang berusia nol hingga 18 tahun.

Istri dari Leo Danuwira, yang dikarunia tiga anak itu, sangat mengapresiasi beberapa inovasi yang dilakukan Pemerintah Sawahlunto, dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Mulai dari keberadaan Pusat Pelayanan Keluarga (Puspaga) di Kecamatan Barangin, yang memberikan konseling dan informasi terhadap setiap keluarga, yang menjadi bagian penting dalam upaya pemenuhan terhadap hak-hak anak.

Yang tidak kalah hebatnya, lanjut Yohana Yembise, Sawahlunto juga melakukan inovasi dan kreasi terhadap perlindungan anak, berupa pemberian tanda di setiap rumah yang memiliki anak, di usia nol hingga 18 tahun.

Tanda yang diberikan berupa pemasangan lampion, payung kertas, wayang dan layang-layang maco di depan rumah bagi punya anak. Tanda itu, menyebar di setiap rumah, di empat kecamatan di Sawahlunto.“Dengan tanda itu, menandakan kalau di rumah tangga yang memiliki tanda sesuai ciri khas setiap kecamatan itu ada anak. Ini suatu inovasi yang belum dimiliki kabupaten dan kota lain,” ujar Menteri Yohana.

Yohana Yembise meminta Walikota mengejar peringkat Kota Layak Anak Utama dengan menyediakan tempat bermain anak di alam luas. Dimana anak beserta keluarga menikmati hiburan bersama.

Hebatnya lagi, semenjak Yohana Yembise menginjakan kaki di kota tambang batu bara tertua di Indonesia itu, tidak ditemukan satupun iklan rokok, baik di warung maupun tempat umum lainnya.

Bagi guru besar perempuan pertama di Papua itu, tidak adanya satupun iklan rokok di Kota Sawahlunto, merupakan langkah besar yang dilakukan Walikota Sawahlunto, dalam mempersiapkan generasi terbaik di masa depan.

Tidak hanya sampai di sana, Yohana Yembise juga angkat jempol, ternyata kota seluas 279,5 kilometer persegi itu juga memiliki cara khusus, dalam memberdayakan kaum perempuannya.

“Saya sangat berharap, Kampung Perempuan Produktif Desa Pasar Kubang ini, menjadi percontohan. Tidak hanya di tingkat lokal. Namun juga nasional, sebab di sini akan lahir perempuan yang inovatif dengan usaha untuk menambah pendapatan rumah tangga.

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, yang hadir bersama seluruh jajaran, mengatakan Kampung Produktif Perempuan Pasar Kubang, telah menunjukan dengan usaha tenun songket dan kerupuk singkong, telah memberikan kontribusi dalam mengangkat ekonomi keluarga.(***)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM