Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus


Jumat,21 April 2017 - 01:39:27 WIB
Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus wakil dprd agam suharman, lazuardi erman, taslim, bersama bupati agam indra catri

Agam, Haluan- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Agam, memberikan pandangan umum rancangan peraturan daerah (Ranperda) sekaligus dalam rapat Paripurna yang digelar Kamis (20/4) di Aula Utama gedung DPRD Agam, Lubukbasung

Rapat dipimpin oleh oleh wakil ketua Lazuardi Erman, Taslim dan Suharman ini,  dihadiri langsung oleh Bupati Agam, Indra Catri beserta jajaran Kepala OPD, unsur Forkopimda dan BUMN LSM  segenap awak media.

Adapun ketiga Ranperda tersebut adalah, Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum. Kemudian Ranperda tentang Pengelolaan Program Pembentukan Peraturan Daerah, kemudian  Ranperda Pencabutan Perda nomor 9 tahun 2009 urusan Pemerintah yang menjadi Kewenangan Pemkab Agam.

Secara umum seluruh Fraksi meminta agar  Perda yang dilahirkan secara lebih efektif. Dewan juga menilai ketiga Ranperda ini merupakan kebutuhan mendasar dalam menjalankan roda pemerintahan. Rancangan yang ada diharapkan juga dipertajam dan silakukan kajian secara lebih mendalam.

Umumnya ketujuh fraksi sepakat menilai dan segenap fraksi juga menyarankan untuk melakukan kajian mendalam. Setelah susunan Ranperda disiapkan, para anggota dewan ini juga sepakat untuk segera mensosialisasikan secara transparan.

Pembacaan pandangan umum oleh PPP Plus disampaikan oleh Irfawaldi, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) disampaikan oleh Irfan Amran. Fraksi Nurani Nasdem disampaikan oleh Zul Ikhsan, Fraksi Partai Demokrat disampaikan oleh Syaharuddin, Fraksi Golkar dan PBB disampaikan AR Yutinof, PKS oleh M Abrar, dan Fraksi partai Gerindra disampaikan oleh Novi Irwan.

Syaharuddin membacakan pandangan umum Fraksi Partai Demokrat, mengatakan, pemunggutan restribusi pengujian kendaraan bermotor yang selama ini relatif kecil diterima oleh Pemkab Agam maka ini menjadi hal mutlak untuk segera disiapkan. Fraksi Partai Demokrat memberikan dukungan agar tiga ranperda ini segera dibahas untuk ditetapkan.

Perwakilan partai PKS justru menegaskan pihaknya merasa tidak perlu lagi menyampaikan pandangan umum karena pembahasan Ranperda ini telah dijawab oleh Bupati Agam dan telah dibacakan pula pandangan akhir fraksi. Kendati demikian, pembacaan yang diwakili oleh M Abrar itu memberi sejumlah saran.

"Mari kita samakan persepsi bahwa Ranperda ini dilahirkan untuk wujud kerjasama yang baik antar Pemkab dan DPRD Agam. Tarif yang dirancang untuk retribusi umum harus mengkaji kondisi perekonomian kekinian, jangan sampai memberatkan warga namun tetap bernilai produktif untuk peningkatan PAD," ujar M Abrar.

"Perda tentang Propemperda diharapkan dapat melahirkan produk hukum yang lebih terencana dan sistematis. adapun dua Ranperda berikutnya tentang perubahan tarif retribusi umum dan Ranperda tentang pencabutan kewenangan Pemkab Agam juga sudah dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya," ujar Irfan Amran saat membacakan pandangan umum fraksi Partai PAN.

Novi Irwan saat membacakan pandangan umum Fraksi Partai Gerindra menyatakan, banyak harapan ditumpangkan dengan lahirnya tiga Ranperda ini. "Kami dari Fraksi Partai Gerindra berharap dengan Perda ini dapat memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat," jelasnya.

Ar Yutinof dan Irfawaldi dan Zul Ikhsan secara umum juga menyampaikan hal yang sama, mereka atas nama fraksi memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Agam atas perhatian yang besar terhadap perwujudan tatakelola pemerintahan, hal itu dibuktikan dengan upaya yang dilakukan bersama. Semoga ini berguna demi terlaksananya pemerintah  yang bersih berkedaulatan serta berkeadilan. (Adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM