Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus


Jumat,21 April 2017 - 01:39:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dewan Sampaikan Pandangan Tiga Ranperda Sekaligus wakil dprd agam suharman, lazuardi erman, taslim, bersama bupati agam indra catri

Agam, Haluan- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Agam, memberikan pandangan umum rancangan peraturan daerah (Ranperda) sekaligus dalam rapat Paripurna yang digelar Kamis (20/4) di Aula Utama gedung DPRD Agam, Lubukbasung

Rapat dipimpin oleh oleh wakil ketua Lazuardi Erman, Taslim dan Suharman ini,  dihadiri langsung oleh Bupati Agam, Indra Catri beserta jajaran Kepala OPD, unsur Forkopimda dan BUMN LSM  segenap awak media.

Adapun ketiga Ranperda tersebut adalah, Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum. Kemudian Ranperda tentang Pengelolaan Program Pembentukan Peraturan Daerah, kemudian  Ranperda Pencabutan Perda nomor 9 tahun 2009 urusan Pemerintah yang menjadi Kewenangan Pemkab Agam.

Secara umum seluruh Fraksi meminta agar  Perda yang dilahirkan secara lebih efektif. Dewan juga menilai ketiga Ranperda ini merupakan kebutuhan mendasar dalam menjalankan roda pemerintahan. Rancangan yang ada diharapkan juga dipertajam dan silakukan kajian secara lebih mendalam.

Umumnya ketujuh fraksi sepakat menilai dan segenap fraksi juga menyarankan untuk melakukan kajian mendalam. Setelah susunan Ranperda disiapkan, para anggota dewan ini juga sepakat untuk segera mensosialisasikan secara transparan.

Pembacaan pandangan umum oleh PPP Plus disampaikan oleh Irfawaldi, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) disampaikan oleh Irfan Amran. Fraksi Nurani Nasdem disampaikan oleh Zul Ikhsan, Fraksi Partai Demokrat disampaikan oleh Syaharuddin, Fraksi Golkar dan PBB disampaikan AR Yutinof, PKS oleh M Abrar, dan Fraksi partai Gerindra disampaikan oleh Novi Irwan.

Syaharuddin membacakan pandangan umum Fraksi Partai Demokrat, mengatakan, pemunggutan restribusi pengujian kendaraan bermotor yang selama ini relatif kecil diterima oleh Pemkab Agam maka ini menjadi hal mutlak untuk segera disiapkan. Fraksi Partai Demokrat memberikan dukungan agar tiga ranperda ini segera dibahas untuk ditetapkan.

Perwakilan partai PKS justru menegaskan pihaknya merasa tidak perlu lagi menyampaikan pandangan umum karena pembahasan Ranperda ini telah dijawab oleh Bupati Agam dan telah dibacakan pula pandangan akhir fraksi. Kendati demikian, pembacaan yang diwakili oleh M Abrar itu memberi sejumlah saran.

"Mari kita samakan persepsi bahwa Ranperda ini dilahirkan untuk wujud kerjasama yang baik antar Pemkab dan DPRD Agam. Tarif yang dirancang untuk retribusi umum harus mengkaji kondisi perekonomian kekinian, jangan sampai memberatkan warga namun tetap bernilai produktif untuk peningkatan PAD," ujar M Abrar.

"Perda tentang Propemperda diharapkan dapat melahirkan produk hukum yang lebih terencana dan sistematis. adapun dua Ranperda berikutnya tentang perubahan tarif retribusi umum dan Ranperda tentang pencabutan kewenangan Pemkab Agam juga sudah dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya," ujar Irfan Amran saat membacakan pandangan umum fraksi Partai PAN.

Novi Irwan saat membacakan pandangan umum Fraksi Partai Gerindra menyatakan, banyak harapan ditumpangkan dengan lahirnya tiga Ranperda ini. "Kami dari Fraksi Partai Gerindra berharap dengan Perda ini dapat memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat," jelasnya.

Ar Yutinof dan Irfawaldi dan Zul Ikhsan secara umum juga menyampaikan hal yang sama, mereka atas nama fraksi memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Agam atas perhatian yang besar terhadap perwujudan tatakelola pemerintahan, hal itu dibuktikan dengan upaya yang dilakukan bersama. Semoga ini berguna demi terlaksananya pemerintah  yang bersih berkedaulatan serta berkeadilan. (Adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,12 Juni 2017 - 11:35:49 WIB

    Tanah Datar Disambangi Dewan Penasehat Presiden

    TANAH DATAR, HALUAN - Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi didampingi sejumlah Kepala OPD sambut kedatangan Dewan Penasehat Presiden Bidang Ekonomi dan Industri dan juga menjabat sebagai anggota Komite Ekonomi dan Industri.
  • Selasa,21 Juni 2016 - 05:25:39 WIB

    Anggota Dewan Tak Pernah Turun ke Masyarakat

    AROSUKA, HALUAN — Minimnya perhatian yang dibe­rikan oleh para wakil rakyat, yang tidak berbanding lurus dengan perhatian yang dijan­jikan semasa kampanye dulu, memang sudah jamak terjadi di berbagai daerah. Bahkan ketika.
  • Jumat,01 April 2016 - 03:46:13 WIB

    Dewan Pendidikan Minta Sekolah Mantapkan Persiapan UN

    PASAMAN, HALUAN — Ke­tua Dewan Pendidikan Pasa­man, Yunzar Lubis me­nga­takan, dalam menghadapi pe­lak­sanaan Ujian Nasional (UN) serentak, pihaknya terus memantau ke lapangan untuk mengetahui persiapan yang tengah di.
  • Kamis,10 Desember 2015 - 02:56:18 WIB

    Empat Aktifis LSM Deklarasikan Dewan Kota Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN — Empat aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mendeklarasikan pendirian Badan Kota Bukittinggi di Rumah Soto Padang Jalan Sudirman Bukittinggi, Senin (7/12). Ke empat aktifis LSM itu adalah Asraferi S.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM