Pantai Padang Rawan Jadi Tempat ‘Esek-esek’


Jumat,21 April 2017 - 00:48:48 WIB

PADANG, HALUAN -- Akibat minimnya  sarana Penerangan Jalan Umum (PJU) atau lampu Jalan di Pantai Padang, tepatnya dari Simpang Hang Tuah hingga ke Simpang Olo Ladang, rawan dijadikan tempat tempat ‘esek-esek bagi muda mudi. Kondisi ini pun dikeluhkan sebagian warga yang melintas di daerah tersebut.

Isvan misalnya. Pengunjung Pantai Padang ini mengatakan, pada malam hari kondisi di jalan tersebut sangat gelap karena minim lampu penerangan. Kurangnya lampu penerangan jalan membuat sebagian orang memanfaatkannya untuk tempat berpacaran. Padahal Pantai Padang beberapa tahun belakangan sudah mulai mengubah diri sebagai pantai yang bersih dari tempat maksiat. 

"Sayang sekali lampu penerangan jalan di daerah ini kurang, sehingga anak muda menggunakannya sebagai tempat pacaran," ucapnya kepada Haluan Rabu (19/4).

Selain Isvan, Reska pengunjung Pantai Padang juga mengeluhkan kurangnya lampu jalan di Jalan Olo Ladang Pantai Padang, sebab banyak ditemukan pasangan yang berpacaran ditempat tersebut. Bahkan hanya motor saja yang terparkir sedangkan pemilik kendaraan tidak terlihat. "Motornya saja yang terlihat, pemiliknya entah kemana mungkin orangnya ada dibalik batu tersebut," katanya. 

Reska menuturkan,  jika hal ini dibiarkan tentunya akan kembali merusak image Pantai Padang yang telah bersih dari tempat maksiat. Dirinya berharap agar di tempat tersebut juga dipasangi lampu penerangan jalan sama halnya seperti di kawasan Pantai Cimpago yang terang. 

"Kalau gelap seperti inikan menjadi rawan disalahgunakan baik sebagai tempat mesum atau sangat berpotensi menjadi tempat tindakan kejahatan seperti penjambretan, "ujarnya. 

Pantauan Haluan Jalan Samudera tepatnya Simpang Hangtuah hingga ke Simpang Olo Ladang memang sangat gelap pada malam hari. Hanya terlihat dua atau tiga lampu jalan yang hidup. Di sepanjang jalan tersebut tepatnya dibagian pantai banyak terlihat motor yang terpakir, tetapi pemilik kendaraan tidak terlihat.

Hal ini pun ditanggapi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Medi Iswandi, membenarkan jika Simpang Hangtuah hingga Simpang Olo Ladang banyak digunakan oleh anak muda pada malam hari untuk tempat pacaran.

Medi pun mengakui Pantai Padang yang lebih kurang memiliki panjang 4 Km lebih memang kurang penerangan lampu jalannya. Hanya di tempat-tempat tertentu yang lampu penerangan jalannya yang terang.  "Saya juga ingin kondisi Pantai Padang di malam hari sama terangnya dengan kondisi pada saat siang hari," ucap Medi.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Padang, Dian Fakri, mengatakan, akan segera meninjau lokasi tersebut. Selain itu juga akan melakukan patroli dengan menggunakan lampu sorot. 

"Kita akan Patroli dengan menyoroti pakai lampu sorot yang kami buat dengan sumber listrik dari genset di mobil Patroli. Sehingga terlihat jelas pasangan yang sedang berbuat maksiat," kata Dian. 

Terkait kenapa tidak ada petugas Satpol PP yang di tempatkan di jalan tersebut, Dian menuturkan anggota Satpol PP sudah diserahkan sebanyak 10 orang ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Terserah Disparbud mau ditempatkan dimana.

"Anggota saya hanya untuk Patroli ke seluruh kota, ada yang tak tertib, kita tertibkan. Sama dengan ide menjaga simpang dari Pak Ogah. Bagus sih, tapi setelah dicoba, habis anggota Satpol PP, sehingga tidak bisa menertibkan yang lain. Jika anggota banyak bisa saja semua dijaga," ucapnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM