Tradisi "Malamang Massal" Ikut Meriahkan Alek Pasisia


Kamis,20 April 2017 - 20:55:16 WIB
Tradisi Bupati Pessel Hendrajoni saat mencoba makanan khas lamang saat acara Malamang Massal" juga semarak digelar di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Kamis, (20/4). OKIS
 
 
PAINAN, HALUAN - Dalam rangka menyambut Festival Langkisau (FL) 2017, ternyata tradisi "Malamang Massal" juga semarak digelar di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Kamis, (20/4).
 
 
Terlihat ratusan masyarakat ikut menggelar tradisi malamang, untuk memeriahkan "Alek Pasisia" tersebut. Kegiatan itu baru pertamakali digelar dan di laksanakan secara massal di Pantai Sago. Sebanyak 20 Nagari, yang tersebar di Kecamatan IV Jurai, ikut memeriahkan kegiatan tersebut.
 
 
"Tradisi "Malamang Massal" ini, baru pertamakali kita gelar disini. Sebelumnya kegiatan "Marandang Massal" juga sudah kita gelar disini. Dan tradisi seperti ini, sekalian untuk menyambut bulan puasa," ungkap Camat IV Jurai, Salman Alfarizi kepada Haluan.
 
 
Menurutnya, kegiatan seperti itu dalam rangka memperingati hari jadi Pessel ke 69, serta memeriahkan "Alek Pasisia". Sebab, tradisi Malamang adalah salah satu budaya masyarakat yang tidak boleh dilupakan.
 
 
"Kegiatan tersebut hanya insiatif dari masyarakat setempat, lalu didukung oleh pihak Nagari dan Kecamatan. Ternyata mendapat apresiasi dari Bupati Hendrajoni. Sebab, Malamang adalah salah satu budaya yang tidak boleh dilupakan," jelasnya.
 
 
Pantauan dilapangan, usai kegiatan "Malamang Massal" tersebut, selanjutnya juga digelar acara memakan lamang secara simbolis. Bupati Hendrajoni, terlihat sumringah ketika salah satu masyarakat setempat, menyuapi sepotong lamak saat itu.
 
 
"Semoga saja kegiatan seperti ini tetap berkesinambungan, sebab ini adalah ciri khas daerah kita yang harus dipertahankan, meskipun dilakukan secara bertahap," tutup Bupati Hendrajoni. (h/mg-kis)
 
 
Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM