Pastikan Potensi Panas Bumi, Rimbo Panti Segera Dibor


Kamis,20 April 2017 - 18:22:56 WIB

PASAMAN, HALUAN -,Potensi energi panas bumi (Geothermal) di Rimbo Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, akan diketahui secara pasti. Hal itu menyusul rencana pengeboran oleh tim dari badan geologi Kementerian ESDM pusat di lokasi itu dalam waktu dekat. 

Untuk diketahui, energi panas bumi adalah energi panas tersimpan yang berasal dari dalam bumi. Energi ini berasal dari aktivitas tektonik dari dalam bumi. Selain itu, panas ini berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi dan ini bisa menghasilkan listrik.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM/PTSP) Kabupaten Pasaman, Hasiholan Hutagalung membenarkan bahwa Rimbo Panti bakal segera dibor. Pengeboran itu dilakukan untuk mendapatkan data landaian panas bumi dilokasi tersebut.

"Dari data awal, panas permukaan dilokasi itu hanya 36-99 derjat celcius, untuk kedalaman antara 500-1.500 meter. Panas permukaannya bisa mencapai 150-190 derjat celcius," ujar Hasiholan, saat dihubungi, Rabu (19/4).

Rencananya, kata dia, pengeboran dilakukan pada kedalaman 700 meter. Tim bersama instansi terkait dan pihak kecamatan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana tersebut.

"Sosialisasi dilakukan di Kantor Camat Panti, Jumat (21/4) besok. Data sementara potensi listrik dikawasan itu cuma sebesar 30 Megawat (Mw). Pengeboran direncanakan dimulai pada 26 April 2017 ini," katanya.

Hasiholan mengakui, potensi listrik dari panas bumi itu sebenarnya dianggap kurang memadai sehingga tidak profit dari segi bisnis. Makanya, kata Holan, potensi energi panas bumi Rimbo Panti ini akan digabung dengan potensi yang sama di Cubadak, Duokoto dan Simisuh, Rao. 

"Nanti, potensi ditiga lokasi itu akan dijadikan menjadi satu wilayah kerja pertambangan (WKP). Sehingga menarik minat investor untuk menggarapnya," katanya. 

Jika rencana ini terwujud, kata Holan, maka akan memberikan banyak manfaat bagi daerah. Pasaman, kata dia, akan memiliki potensi listrik sehingga akan menarik minat para investor untuk berinvestasi. 

"Kita tak punya pasokan listrik, bagaimana orang mau berinvestasi di daerah ini. Padahal, orang mau bangun pabrik pakan ikan (pelet) disini (Pasaman), tapi tidak jadi karena kita tidak punya pasokan listrik memadai," kata Hasiholan.

Holan berharap, kegiatan pengeboran itu berjalan lancar dan segera didapat data pasti terkait potensi energi panas bumi diwilayah itu. 

"Harapannya semoga berjalan lancar. Selanjutnya panas bumi Cubadak, Duokoto, Simisu Rao dan Rimbo Panti dapat ditetapkan segera menjadi WKP," ucapnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Yasri menyambut baik rencana pengeboran di lokasi tersebut, guna mengetahui pasti besaran potensi panas bumi. 

"Kita dukung. Ini adalah kabar yang baik. Pengeboran ini akan memberi data pasti potensi panas bumi yang kita miliki disitu (Rimbo Panti), sehingga bisa ditawarkan ke investor," ujar Yasri.

Yasri mengingatkan, setiap kegiatan mengeksplorasi bumi harus selalu memperhatikan kelestarian lingkungan, nilai-nilai estetika dan kearifan lokal masyarakat setempat. 

"Saya rasa itu tidak boleh diabaikan. Kegiatan pertambangan, termasuk rencana pengeboran ini jangan sampai merusak lingkungan, apalagi itu adalah kawasan cagar alam dan hutan lindung," ujarnya. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM