Nagari Koto Nopan Lestarikan Gordang Sambilan


Kamis,20 April 2017 - 09:56:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Nagari Koto Nopan Lestarikan Gordang Sambilan MENABUH-Gordang Sambilan adalah kesenian tradisional khas Rao Pasaman. Bupati Yusuf Lubis mencoba menabuh Gordang sebagai apresiasinya terhadap upaya pelesatrian kesenian tradisional itu. YUDHI LUBIS

PASAMAN, HALUAN--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis berharap mengapresiasi kesungguhan masyarakat Nagari koto Nopan dalam melestarikan, kesenian tradisional Gordang Sambilan.Gordang Sambilan adalah kesenian tradisional khas Rao Pasaman.

 

"Kesenian ini harus terus dilestarikan keberadaannya, jangan sampai hilang tergerus zaman. Ini adalah warisan leluhur yang harus kita jaga bersama," kata Yusuf Lubis di  Nagari Koto Nopan, Kecamatan Rao Selatan, Selasa.

 

Dikatakan, kesenian ini memiliki kekhususan karena hanya dapat dimainkan pada acara tertentu dengan skala besar, seperti acara perkawinan, perayaan serta menjamu tamu kehormatan.

 

"Kesenian ini sakral, dan harus dimainkan penuh penghayatan, karena ada makna dari setiap pukulan gendangnya," ujar Yusuf Lubis.

 

Ia pun meminta para Walinagari di daerah itu dapat menjadi pioner dalam mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya serta kesenian tradisional ditengah masyarakat. "Kesenian tradisional merupakan ikon dan aset bagi satu daerah. Oleh sebab itu harus diperhatikan serta di lestarikan karena merupakan jati diri suatu daerah termasuk di Pasaman," imbuhnya.

 

Untuk menjalankan visi dan misi mulia ini tentunya memerlukan sinergitas antara pemerintah kabupaten, camat dan walinagari serta dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama, politisi, para civitas akademika serta setiap elemen masyarat lainnya. "Melestarikan kesenian tradisional dan adat, budaya butuh dukungan semua pihak, tak terkecuali oleh pemerintah saja," katanya.

 

Pasaman, kata dia, memiliki beragam kesenian tradisional yang keberadaannya hingga kini masih tetap terjaga dengan baik. Itu, kata dia, tersebar di 37 nagari di daerah itu. Sejumlah suku pun, kata dia, menghuni daerah itu.  "Banyak, ada silat, randai, ronggeng, lukah gilo, dikia pano, tor-tor, gordang sambilan, serta sederet kesenian lainnya dari beragam suku, ada minang, tapanuli, mandailing, jawa juga batak," tukasnya.

 

Keberagaman itu, kata bupati, menjadi perekat dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama warga, meski berbeda suku, ras dan agama.

 

Pihaknya, kata dia, juga sudah menginstruksikan agar setiap walinagari menganggarkan sejumlah dana dari dana desa untuk pelestarian kesenian tradisional itu, mulai dari pakaian seragam, alat kesenian dan lainnya.  "Itu boleh dan kita sudah minta agar masing-masing nagari menganggarkan itu dalam kegiatannya," ujarnya. (h/yud)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,21 September 2017 - 11:37:45 WIB

    Ustad Kondang H.Muhammad Syauqi Akan "Hoyak" Nagari Kajai

    Ustad Kondang H.Muhammad Syauqi Akan PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Jika tidak ada aral melintang, ustad kondang H. Muhammad Syauqi Bin Zainuddin MZ yang merupakan Anak kandung dari almarhum KH.Zainuddin MZ, akan memberikan pencerahan dan ceramah agama di Kenagari K.
  • Senin,18 September 2017 - 21:29:38 WIB

    Pelantikan Perangkat Nagari di Pasbar Mendapat Sorotan

    Pelantikan Perangkat Nagari di Pasbar Mendapat Sorotan PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Pelantikan Perangkat Nagari Persiapan Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Sasak mendapat sorotan..
  • Jumat,15 September 2017 - 08:00:07 WIB
    PADI SEWAY ORGANIK

    Hasil Bumi Nagari Pancuang Taba

    Hasil Bumi Nagari Pancuang Taba PESSEL, HALUAN - Udara dingin terasa saat memasuki Kanagarian Pancuang Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Deretan perbukitan berjejer mengelilingi nagari yang berbatasan langsung dengan T.
  • Sabtu,09 September 2017 - 01:27:37 WIB

    Baz Nagari Sungai Pua Salurkan Beasiswa

    Baz Nagari Sungai Pua Salurkan Beasiswa AGAM, HALUAN -- Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Nagari Sungai Pua, Feri Adrianto didampingi Camat Sungai Pua, Kabupaten Agam, Syafrizal menyalurkan beasiswa kepada 113 santri Pondok Pesantren Limo (Ponpes) Jurai dan mahasiswa di.
  • Rabu,06 September 2017 - 10:09:26 WIB

    Seluruh Nagari di Solsel Sudah Menyelesaikan Laporan Realisasi

    Seluruh Nagari di Solsel Sudah Menyelesaikan Laporan Realisasi SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Seluruh nagari di Solok Selatan (Solsel) telah menyelesaikan laporan realisasi penggunaan Dana Desa (DD) tahap pertama. Bahkan, di Sumatra Barat (Sumbar) Solsel termasuk kabupaten tercepat d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM