Pupuk Kimia Rusak Sawah, Hampir 50 Persen Sawah di Limapuluh Kota Tercemar


Kamis,20 April 2017 - 09:36:27 WIB
Pupuk Kimia Rusak Sawah, Hampir 50 Persen Sawah di Limapuluh Kota Tercemar Ilustasi

LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Penggunaan pupuk kimia ternyata bisa merusak sawah dan ekosistemnya. Seperti terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota. Hampir 50 persen areal sawah sudah rusak dan tercemar akibat penggunaan pupuk kimia puluhan tahun. Akibatnya, zat hara dan kualitas tanah menurun.

 

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holticultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota, Aprizul Nazar, selain terjadinya kerusakan tanah persawahan, juga pencemaran air di sekitar area sawah. Bahkan ekosistem di sawah seperti belut, ikan, cacing dan katak sudah turun populasinya.

 

Dikatakan Aprizul Nazar, dari 23 ribu hektare lebih sawah di Kabupaten Limapuluh Kota, separuhnya sudah rusak dan tercemar akibat penggunaan pupuk urea yang telah berlangsung puluhan tahun.

 

“Jika zat kimia terus ditebar di atas tanah, pastinya tanah tersebut akan tercemar. Jika sudah seperti ini, kualitas tanaman akan menurun. Termasuk ekosistem yang ada diareal persawahan seperti belut, ikan, cacing dan katak. Padahal ekosistem ini juga bisa membantu produktivitas padi yang ditanami di sawah,” kata Aprizul kepada Haluan, Rabu (19/4).

 

Ia juga mengatakan solusi untuk mengembalikan kualitas tanah di sawah ini tidak lain kembali ke pupuk organik atau pupuk alami. Di sekitar sawah, banyak terdapat bahan untuk diolah menjadi pupuk organik. Solusi ini juga bisa mengirit biaya petani dalam bercocok tanam.

 

“Sudah ada sebagian kecil petani yang sadar akan hal ini dan mau beralih ke pupuk organik. Mereka memanfaatkan bahan alami saja untuk pupuk seperti kotoran ternak, dedaunan dan ampas kayu. Jika mau beralih ke pupuk organik, dipastikan hasil panen petani akan lebih berkualitas dan jauh lebih irit,” katanya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM