Jelang Ramadan Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik


Rabu,19 April 2017 - 19:14:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jelang Ramadan Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik HARGA AYAM NAIK--Seorang pedagang membersihkan ayam potong di Pasar Alai, Padang. Harga ayam potong beberapa hari terakhir mengalami kenaikan, dari Rp 17 ribu per kilo me jadi Rp 23 ribu. RIVO SEPTI ANDRIES

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jelang bulan ramadan, harga bahan pokok sembako khususnya cabai merah diperkirakan akan mengalami kenaikan. Hal tersebut dilihat dari pengalaman setiap tahunnya bahwa masyarakat mulai resah dengan harga cabai merah yang beransur naik.

 

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang pedagang sembako di Jalan Sandang Pangan Pasar Raya Padang bahwa harga bahan pokok akan diperkirakan naik. “Pengalaman kita dari tahun ke tahun khususnya untuk cabai merah selalu naik. Karena, untuk stok biasanya dikurangi dan pasokan menurun. Hal itulah penyebab harga naik,” ujarnya pada Harianhaluan.com, Rabu (19/4). 

 

Dikatakannya, saat ini harga cabai merah memang masih stabil namun, sudah satu pekan ini harga mulai beransur naik. Saat ini harga cabai merah berada pada kisaran harga Rp20.000 per kg dari harga sebelumnya berkisar Rp17.000 per kg.

 

“Kenaikannya memang masih sedikit, namun sudah ada beberapa pelanggan juga yang mulai menstok cabai merah karena takut jika cabai akan terus naik. Akan tetapi bisa saja cabai merah tetap stabil jelang ramadan jika hasil panen melimpah dan pasokan lancar,” terang Edy.

 

Edy juga menhelaskan harga sembako lainnya mulai dari cabai hijau saat ini berada pada kisaran harga Rp15.000 per kg. Untuk harga kentang berada pada kisaran harga dari Rp11.000 hingga Rp12.000 per kg tergantung kualitas dan ukuran.

 

Untuk harga bawang merah kampung saat ini berada pada harga yang bervariasi. Mulai dari harga Rp15.000 hingga Rp25.000 per kg tergantung kualitas dan ukurannya. Untuk harga bawang putih saat ini masih tetap berada pada kisaran harga Rp25.000 hingga Rp30.000 per kg.

 

“Kami berharap jelang ramadan ini harga bahan pokok sembako bisa terus stabil,” tuturnya.

 

Harga yang sama juga terpantau di Pasar pembantu lainnya. Salah seorang pedagang di pasar pembantu Simpang Haru Adri mengaku harga saat ini masih bisa dibilang stabil. Untuk harga cabai merah khususnya saat ini berada pada kisaran harga Rp20.000 sampai Rp22.000 per kg.

 

“Memang jelang ramadan dan mendekati bulan ramadan biasanya harga kebutuhan bahan pokok naik. Setiap tahun selalu begitu. Kita beli dengan harga yang juga naik dan pasokan terbatas, makanya harga menjadi naik,” ungkap Adri. (h/win)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,30 Agustus 2016 - 03:45:27 WIB

    Jelang Idul Adha, Cabai Rp36 Ribu per Kilo

    Jelang Idul Adha, Cabai Rp36 Ribu per Kilo PADANG, HALUAN—Men­jelang Idul Adha, harga ca­bai di Padang mulai ber­gerak naik. Pantauan Haluan di Pasar Raya Padang dan Pasar Lubuk Buaya, Senin (29/8), harga cabai mencapai Rp36.000 per Kg. Sebe­lumnya harga cabai h.
  • Jumat,19 Agustus 2016 - 03:04:31 WIB

    Harga Sapi Naik Jelang Idul Adha

    Harga Sapi Naik Jelang Idul Adha PADANG, HALUAN — Menjelang Idul Adha, harga sapi di Kota Padang naik hingga 40 persen. Pantauan Haluan di beberapa tempat penjualan sapi, harga sapi berkisar Rp13,5 juta hingga Rp40 juta per ekor. Menurut sejumlah tauke sap.
  • Kamis,30 Juni 2016 - 06:22:15 WIB

    Jelang Lebaran, Harga Telur Masih Stabil

    Jelang Lebaran, Harga Telur Masih Stabil PADANG, HALUAN — Telur ayam, salah satu kebutuhan pokok saat Ramadan yang paling banyak dibutuhkan untuk membuat kue dan lauk. Menjelang Lebaran, permin­taan terhadap telur cenderung meningkat sehingga menga­ki­batkan ha.
  • Senin,27 Juni 2016 - 05:00:02 WIB

    Jelang Lebaran, Harga Tiket Jakarta-Padang Naik

    Jelang Lebaran, Harga Tiket Jakarta-Padang Naik PADANG, HALUAN — Menurut Air Operator Certificate (AOC) Padang, harga tiket pesawat rute Jakarta-Padang naik sejak seminggu belakangan. Artinya, kenaikan tersebut terjadi sebelum masa penerbangan tambahan untuk Bandara Inte.
  • Sabtu,21 Mei 2016 - 04:19:52 WIB

    Jelang Ramadan Harga Sembako Diprediksi Naik

    Jelang Ramadan Harga Sembako Diprediksi Naik MENTAWAI, HALUAN — Asis­ten II Sekertariat Da­erah Pemkab Kepulaun Mentawai, Nurdin mengatakan, menjelang hari besar keagamaan pasti akan diikuti dengan kenaikan harga sembako hal itu tak ter­ban­tahkan lagi. Namun, pih.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM