Kerugian Akibat Banjir di Solok Selatan Capai Rp100 Juta


Rabu,19 April 2017 - 13:28:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kerugian Akibat Banjir di Solok Selatan Capai Rp100 Juta ilustrasi

SOLOK SELATAN, HALUAN - Kerugian akibat bencana banjir yang melanda Jorong Sikayantalang, Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel) pada Minggu (16/4) ditaksir mencapai Rp100 juta. Selain satu unit rumah warga yang rusak ringan, dampak banjir juga merusak 34 petak (piring) sawah atau kisaran 500 meter persegi. 

"Dari 34 petak sawah ini, diantaranya yang akan panen sebanyak 28 petak dan 8 petak sawah telah tanam yang pemiliknya sebanyak 17 orang warga,"jelas Sekretaris Nagari Padang Air Dingin, Nova Melodi Sandra pada Haluan, Selasa (18/4).

Selain itu, imbuhnya banjir juga merendam dua kolam ikan milik warga serta satu kandang Sapi. Satu polongan bandar dipinggir jalan utama menuju Padang Aro juga tersumbat material yang berakibat menggenangi jalan.

"Jika tidak segera dikeruk material dalam polongan ini akan berdampak pada kerusakan jalan serta tidak lancarnya pengairan pertanian warga sebab jika dikerjakan secara manual tidak bisa. Untuk rumah warga yang kena banjir tidak ada menimbulkan kerusakan dan telah dibersihkan dari material banjir," lanjutnya.

Kemudian, lanjut Nova, akses jalan lingkar Mudiak Urau Sikayantalang juga tertimbun material. Jalan tersebut akses warga menuju perkebunan dan tidak bisa dilewati. "Setidaknya ada sekitar sepuluh titik badan jalan menuju perkebunan warga yang tertimbun material. Kita meminta BPBD Solsel untuk menurunkan alat berat sebab jika tidak dibersihkan akses warga terhambat," terangnya.

Warga yang rumahnya terkena banjir, Nursyam Rianto (34) mengatakan peristiwa tersebut terjadi ketika itu sedang tidur dan sempat keluar rumah untuk menyelamatkan barang-barang berharga, setelah mendengar suara air.

"Kami mengucapkan terimakasih pada pemkab Solsel yang cepat tanggap dalam memberikan bantuan alat berat untuk pembersihan badan jalan serta membersihkan material dalam rumah. Bantuan logistik juga datang pada hari itu juga sesuai yang kami butuhkan sekeluarga," lanjutnya. 

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solsel, Basrial menyebutkan pihaknya telah memberikan bantuan terhadap warga yang rumahnya terdampak banjir. "Bantuan berupa logistik dan peralatan memasak telah kita salurkan pada korban sesuai kebutuhan," imbuhnya.

Sementara Kepala BPBD Solsel, Editorial mengatakan untuk jumlah kerugian yang menimbulkan kerusakan akibat banjir tersebut pihaknya masih menunggu laporan dari kecamatan.

"Kita masih tunggu laporan kecamatan. Untuk langkah awal sudah kita bersihkan jalan utama (provinsi) yang merupakan akses menuju ibukota kabupaten dengan menurunkan alat berat," tutupnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,19 Februari 2016 - 03:06:50 WIB

    Kerugian Akibat Banjir Rp1,2 Miliar

    SOLOK, HALUAN — Kendati banjir kiriman yang melanda Kota Solok hanya berlangsung satu hari Senin (7/2) lalu, namun kerugian yang diderita masyarakat juga cukup besar mencapai Rp1,2 miliar..
  • Selasa,12 Januari 2016 - 02:19:34 WIB

    Kerugian Bencana Sawahlunto Capai Rp4 M

    Kerugian Bencana Sawahlunto Capai Rp4 M SAWAHLUNTO, HALUAN — Badan Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sawahlunto, membukukan kerugian sebesar Rp4 miliar, yang diakibatkan bencana air bah dan tanah longsor, yang melanda beberapa desa di Kota Sawahlu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM