Empat Bulan, 80 Kasus Narkoba Terungkap


Rabu,19 April 2017 - 12:24:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Empat Bulan, 80 Kasus Narkoba Terungkap ilustrasi

PADANG, HALUAN – Angka pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba di Sumbar kian mengkhawatirkan. Jumlahnya selalu naik dari bulan ke bulan. Penegak hukum kini kian merapatkan barisan untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar Kombes Pol Kumbul Kusdwijanto Sudjadi menyebut, dibandingkan April, tahun 2016 yang hanya 54 kasus dengan 67 pelaku, untuk tahun sekarang jauh lebih tinggi. “Sampai pertengahan April ini sudah  80 kasus dengan 139 orang tersangka yang terungkap. Jika dikalkulasikan, kenaikan pelaku penyalahgunaan narkoba di Sumbar mengalami peningkatan 48 persen,” terang Kumbul, Senin (17/4) siang.

Penangkapan ini merupakan bukti, polisi terus bekerja mengungkap kasus narkoba. “Pengungkapan kasus bisa mengacu pada dua sebab, pertama, karena memang penyalahgunaan narkoba semakin massif. Kedua, karena memang, petugas terus intens melakukan operasi Anti Narkotika (Antik) Singgalang yang digelar selama 14 hari sejak 26 Maret 2017 hingga 8 April 2017. Dalam masa itu, banyak pelaku yang tertangkap," ucap Kumbul.

Ia menyebut, narkoba yang beredar di Sumbar berasal dari provinsi tetangga, seperti Sumatera Utara. Hal itu dibuktikan dari pengakuan sejumlah tersangka yang diamankan. “Pengakuan pelaku yang kami amankan, mereka mendapatkan barang haram ini kawasan Sumatera Utara," ulasnya.

Terakhir, petugas Ditresnarkoba Polda Sumbar mengamankan dua pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu di dua lokasi berbeda. Dua pelaku yang diamankan oleh berinisial A (63), warga Sungai Geringging, Kelurahan Malai III Koto, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman dan DP (36) warga Perumahan Taman Andalusia Blok B, Kampung Jua, Kelurahan Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan. "Kedua orang tersebut diamankan di hari yang sama, berdasarkan penyelidikan dan informasi yang sudah dikumpulkan di lapangan. Pada saat kami melakukan penangkapan terhadap pelaku A sedang kedapatan membawa empat paket sabu yang dibungkus dalam plastik bening dengan berat lebih kurang 17,04 gram," terang Kombes Pol Kumbul Kusdwijanto.

Setelah dilakukan pengembangan terhadap pelaku berinisial A, sebutnya lagi pihaknya berhasil mengamankan satu pelaku lainnya berinisial DP yang berada di kediamannya. Di sana, petugas juga mengamankan satu paket sabu-sabu seberat 0,72 gram beserta seperangkat alat hisap sabu. Selain mengamankan barang bukti sejumlah sabu-sabu dari kedua pelaku, polisi juga mengamankan satu unit sepeda motor jenis Yamaha Mio J warna putih dengan nomor polisi (nopol) BA 4276 BU, satu kunci rumah, dan dua unit telepon genggam milik para pelaku. Untuk kedua pelaku sendiri diamankan oleh polisi berdasarkan laporan polisi nomor : LP/104/IV/2017/SPKT-SBR tanggal 11 April 2017. (h/mg-adl)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM