HKBN KOTA PADANG

Wako Imbau Warga Berpartisipasi


Rabu,19 April 2017 - 02:05:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN – Dalam rangka membangun kesadaran, kewaspadaan, dan kesalamatan dalam menghadapi bencana, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengimbau seluruh masyarakat Kota Padang untuk mengikuti simulasi bencana pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) pada 26 April mendatang. Selain akan ada pawai kesiapsiagaan juga akan dilakukan pengecekan aktivasi sirine, latihan evakuasi mandiri, dan uji shelter.

Mahyeldi menjelaskan, simulasi bencana dilaksanakan untuk membiasakan dan menjadikan masyarakat Kota Padang lebih siaga lagi terhadap bencana. Dengan simulasi bencana diharapkan masyarakat lebih terlatih dan terbiasa dalam kesiapsiagaan bencana.

“Simulasi bencana yang akan dilaksanakan merupakan kejadian persis saat bencana terjadi. Diantaranya bagaimana penggunaan shelter dan jalur evakuasi,” ujar Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Padang, Edi Hasymi, menjelaskan, simulasi bencana dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional di Kota Padang ditargetkan akan diikuti oleh 100 ribu orang yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan warga Kota Padang.

“Simulasi bencana ini menjadi sebuah cara untuk menyadarkan diri kita semua bahwa kita berada di daerah rawan bencana,” tutur Edi.

Selain itu katanya, masyarakat juga harus ingat bahwa awal terjadinya bencana itu adalah kepanikan. “Dengan simulasi ini kita akan lebih siap untuk menghadapi bencana,” tambahnya lagi.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional sebagai berikut; Fun Run, Pawai Kesiapsiagaan, dan aktivasi sirine, latihan evakuasi mandiri, dan uji shelter atau tempat evakuasi.  (h/rel/mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,04 Juni 2017 - 18:04:00 WIB

    Wako Klaim Program Magrib Mengaji Berhasil di Sawahlunto

    Wako Klaim Program Magrib Mengaji  Berhasil di Sawahlunto SAWAHLUNTO,HALUAN- Ada yang menarik di setiap kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) 1 Kota Sawahlunto. Tim yang dikomamdoi langsung oleh Walikota Ali Yusuf itu, senantiasa mengevaluasi program magrib mengaji yang telah di canang.
  • Sabtu,11 Februari 2017 - 08:15:07 WIB

    Wako Pecat Dirut PDAM Padang Panjang

    Wako Pecat Dirut PDAM Padang Panjang PADANG PANJANG, HALUAN - Diduga tak becus dan tak mampu mengurusi semua tugas yang telah diamahkan kepadanya, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang, Herryzal AA resmi dipecat dari jabatannya. Pemecat.
  • Kamis,24 November 2016 - 00:34:44 WIB

    Wako Kukuhkan Pengurus LKKS

    Wako Kukuhkan  Pengurus LKKS BUKITTINGGI, HALUAN —Pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Bukittinggi masa bhakti 2016-2021, dilantik oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, di Aula DPKAD Bukittinggi, Selasa (22/11)..
  • Kamis,27 Oktober 2016 - 00:58:00 WIB

    Wako Kukuhkan Kepengurusan LPTQ

    Wako Kukuhkan Kepengurusan LPTQ BUKITTINGGI, HALUAN — Sebagai mitra kerja peme­rintah daerah, Lembaga Pe­ngem­bangan Tilawatil Quran (LPTQ) diharapkan dapat be­ker­jasama dengan Pemko me­lak­sanakan berbagai kegiatan strategis keagamaan di Bukittin.
  • Senin,10 Oktober 2016 - 02:03:32 WIB
    KANTOR BALAIKOTA AKAN JADI SMAN 2

    Wako: ISI Tetap di Padang Panjang

    Wako: ISI Tetap di Padang Panjang PADANG PANJANG, HALUAN — Walikota Padang Panjang Hendri Arnis menegaskan, Institut Seni Indonesia (ISI) tetap akan diperta­hankan berada di Kota Serambi Mekah. Hendri menyiapkan lahan SMA Neri 2 sebagai kam­pus ISI. Semen.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM