AGAR TAK RUGIKAN PETANI

Bulog Kawal Harga Bawang Merah


Rabu,19 April 2017 - 01:11:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Arosuka, Haluan—Badan Urusan Logistik  (Bulog) memastikan akan mengawal harga bawang merah, agar tidak anjlok terlalu tajam di pasaran. Minimal standar harga berada kisaran Rp15 ribu perkilogram. Hal ini dilakukan untuk membantu petani agar tidak mengalami kerugian terlalu besar pada musim panen.

“Saat harga kurang dari standar yang ditetapkan, maka kami akan membeli seluruh hasil panen masyarakat dengan kuota yang tidak di tetapkan,” tegas Kepala Divisi Regional Bulog Sumbar, Benhur Ngkaimi saat panen perdana bawang merah Rimbo Data Nagari Sungai Nanam Kec. Lembah Gumanti, Selasa (18/4) kemaren.

Menurutnya, lumbung pangan desa (Bungdes) harus dikembangkan menjadi lembaga usaha nagari berbasis pangan yang dibentuk dan dikelola oleh nagari/desa. Terutama yang bergerak di bidang penyimpanan, pendistribusian, pengolahan dan perdagangan bawang marah dan bahan pangan pokok lainnya yang sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut. 

“Pembangun bungdes sekaligus membantu masyarakat dalam distribusi panen dan pemodalan, agar tidak ada lagi praktek tengkulak,” bebernya.

Selain Kadivre Bulog Sumbar, hadir juga Wakil Bupati Solok  Yulfadri Nurdin, Danrem 032 Wirabraja Bakti Agus, Dandim 0309 Solok  Irwan H, Deputi Holtikutura Pangan dan Pertanian Sukardi, Kadis Pertanian Admaizon dan masyarakat setempat.

Sedangkan Danrem Wirabraja, Brigjen Bakti Agus meminta Bulog memberikan sosialisasi tentang standar bawang yang bisa dibeli Bulog sesuai harga yang dinyatakan kepada masyarakat petani.

“Beberapa minggu yang lalu, harga bawang mengalami penurunan di bawah standar Bulog. Kami berharap Bulog bisa memperlihatkan perannya, agar masyarakat tidak patah arang,” kata Danrem sembari berharap penambahan lahan segera direalisasikan sesuai Instruksi Menteri 10 ribu hektar.

Sementara itu Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin mengungkapkan, Kabupaten Solok merupakan sentra bawang merah yang memberikan suplay terhadap kebutuhan di Sumatera, bukan sekedar kabupaten atau provinsi Sumbar saja. Bawang merah menjadi primadona bagi Kabupaten Solok dalam beberapa tahun belakang.

Dengan harga pascapanen yang menjanjikan, memberikan semangat kepada masyarakat di sekitar Alahan Panjang untuk berlomba menggerakkan sektor pertanian khususnya bawang merah.

“Kami dari pemerintah daerah terus mendukung perkembangan pertanian. Beberapa teknologi pertanianpun terus ditingkatkan. Agar masyarakat bisa lebih sejahtera lagi,” beber Wabup.

Menyambut janji Bulog, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat agar tidak lagi takut mengembangkan bawang merah. Karena pemerintah telah berkomitmen dengan Bulog dalam penetapan standar harga pascapanen.

“Kami memikirkan masyarakat sebagai pelaku tani, dan masyarakat selaku konsumen. Hal ini haruslah saling seimbang, tidak hanya menguntungkan petani atau meringankan konsumen,” pungkas Yulfadri. (h/ndi/eri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 Juni 2017 - 23:29:28 WIB

    Bulog Siap Tampung Bawang Merah Solok, Senator Asal Sumbar Penuhi Asa Petani

    Bulog Siap Tampung Bawang Merah Solok, Senator Asal Sumbar Penuhi Asa Petani AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Anjloknya harga bawang merah di pasaran membuat petani bawang merah Alahan Panjang Kabupaten Solok yang selama ini menjadi sentra penghasil bawang merah untuk wilayah Sumatera terpekik. .
  • Selasa,23 Mei 2017 - 07:44:55 WIB
    JAGA STABILITAS HARGA

    Bulog Sumbar Jual Daging Impor

    Bulog Sumbar Jual Daging Impor PADANG, HALUAN - Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Barat (Sumbar) mengatakan, dalam waktu dekat Bulog akan segera menyediakan daging beku impor. Selain itu, Bulog juga menjamin kesegarannya dan aman dikonsumsi masyarakat.
  • Jumat,19 Mei 2017 - 11:17:25 WIB

    Bulog Bukittinggi Salurkan 87.240 Kg Rastra

    Bulog Bukittinggi  Salurkan 87.240 Kg Rastra BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Perum Bulog Sub Divisi Regional Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), telah menyalurkan 87.240 kilogram beras bagi keluarga pra-sejahtera atau rastra untuk keluarga penerima di kota Jam G.
  • Kamis,02 Maret 2017 - 11:24:57 WIB

    Bulog Targetkan 1.500 RPK di Sumbar

    Bulog Targetkan 1.500 RPK di Sumbar PADANG, HALUAN— Bulog Divisi Regional Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan 1.500 Rumah Pangan Kita (RPK) di provinsi itu sebagai upaya menstabilkan harga pangan. .
  • Rabu,16 Maret 2016 - 03:08:47 WIB
    Harga Cabai Merah Melambung

    Bulog Tak Menggelar OP Cabai Merah

    Bulog Tak Menggelar OP Cabai Merah PADANG, HALUAN — Bulog Divre Sumatera Barat (Sumbar) tidak akan menggelar operasi pasar (OP) meski harga cabai merah melambung setinggi apapun. Kasi Humas Bulog Sumbar, Saidi membeberkan alasan tersebut ketika diwawancarai .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM