AGAR TAK RUGIKAN PETANI

Bulog Kawal Harga Bawang Merah


Rabu,19 April 2017 - 01:11:59 WIB

Arosuka, Haluan—Badan Urusan Logistik  (Bulog) memastikan akan mengawal harga bawang merah, agar tidak anjlok terlalu tajam di pasaran. Minimal standar harga berada kisaran Rp15 ribu perkilogram. Hal ini dilakukan untuk membantu petani agar tidak mengalami kerugian terlalu besar pada musim panen.

“Saat harga kurang dari standar yang ditetapkan, maka kami akan membeli seluruh hasil panen masyarakat dengan kuota yang tidak di tetapkan,” tegas Kepala Divisi Regional Bulog Sumbar, Benhur Ngkaimi saat panen perdana bawang merah Rimbo Data Nagari Sungai Nanam Kec. Lembah Gumanti, Selasa (18/4) kemaren.

Menurutnya, lumbung pangan desa (Bungdes) harus dikembangkan menjadi lembaga usaha nagari berbasis pangan yang dibentuk dan dikelola oleh nagari/desa. Terutama yang bergerak di bidang penyimpanan, pendistribusian, pengolahan dan perdagangan bawang marah dan bahan pangan pokok lainnya yang sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut. 

“Pembangun bungdes sekaligus membantu masyarakat dalam distribusi panen dan pemodalan, agar tidak ada lagi praktek tengkulak,” bebernya.

Selain Kadivre Bulog Sumbar, hadir juga Wakil Bupati Solok  Yulfadri Nurdin, Danrem 032 Wirabraja Bakti Agus, Dandim 0309 Solok  Irwan H, Deputi Holtikutura Pangan dan Pertanian Sukardi, Kadis Pertanian Admaizon dan masyarakat setempat.

Sedangkan Danrem Wirabraja, Brigjen Bakti Agus meminta Bulog memberikan sosialisasi tentang standar bawang yang bisa dibeli Bulog sesuai harga yang dinyatakan kepada masyarakat petani.

“Beberapa minggu yang lalu, harga bawang mengalami penurunan di bawah standar Bulog. Kami berharap Bulog bisa memperlihatkan perannya, agar masyarakat tidak patah arang,” kata Danrem sembari berharap penambahan lahan segera direalisasikan sesuai Instruksi Menteri 10 ribu hektar.

Sementara itu Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin mengungkapkan, Kabupaten Solok merupakan sentra bawang merah yang memberikan suplay terhadap kebutuhan di Sumatera, bukan sekedar kabupaten atau provinsi Sumbar saja. Bawang merah menjadi primadona bagi Kabupaten Solok dalam beberapa tahun belakang.

Dengan harga pascapanen yang menjanjikan, memberikan semangat kepada masyarakat di sekitar Alahan Panjang untuk berlomba menggerakkan sektor pertanian khususnya bawang merah.

“Kami dari pemerintah daerah terus mendukung perkembangan pertanian. Beberapa teknologi pertanianpun terus ditingkatkan. Agar masyarakat bisa lebih sejahtera lagi,” beber Wabup.

Menyambut janji Bulog, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat agar tidak lagi takut mengembangkan bawang merah. Karena pemerintah telah berkomitmen dengan Bulog dalam penetapan standar harga pascapanen.

“Kami memikirkan masyarakat sebagai pelaku tani, dan masyarakat selaku konsumen. Hal ini haruslah saling seimbang, tidak hanya menguntungkan petani atau meringankan konsumen,” pungkas Yulfadri. (h/ndi/eri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM