Dituduh Pungli, Mantan Kadis Pertanian Pessel Afrizon: Itu Uang Iuran dari Staf


Selasa,18 April 2017 - 21:01:07 WIB
Dituduh Pungli, Mantan Kadis Pertanian Pessel Afrizon: Itu Uang Iuran dari Staf Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait dengan ditangkapnya seorang kepala dinas oleh Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni atas dugaan pungli dibantah oleh Afrizon yang pada saat itu menjabat sebagai Kadis Pertanian.

 

Ia menjelaskan, uang dikatakan pungli adalah iuran sukarela dari stafnya  dan tidak ada unsur paksaan.Bahkan uang tersebut masih ada di brangkas.

 

“Iuran itu berawal dari himbuan pak bupati pada bulan April (2016). Lalu saya sampaikan ke kawan-kawan untuk membantu. Sebetulnya uang itu belum sampai 50 juta dan ditutup oleh kadib saya melalui tunjadanya. Tapi belum sampai saya serahkan saya dipindahkan ke badan ketahanan pangan,” paparnya.

 

Ia menjelaskan, uang tersebut digunakan rencana ada tiga unit rumah, satu rumah membutuhkan biaya Rp17,5 juta. Karena belum cukup Rp52,5 juta ia berncana akan mencarikan tamabahan.

 

“Pada bulan desember saya telfon beliau melalui ajudannya Badri, saya mau serahkan uang itu dan kebetulan beliau sedang diperjalanan mau ke Jakarta. Pas tahun baru atau awal bulan Januari semua sudah sibuk, ada mutasi, dan tanggal 6 beliau marah dan hina-hina saya,” terangnya.

 

Lebih lanjut disampaikannya, uang tersebut pada saat itu masih dibrangkas, ia berencana mau menyerahkan, sekalian sama uang ada honornya atau yang disebut dengan honor keamanan pangan. Namun, karena bupati marah uang tidak jadi diserahkan dan uang disita oleh inspektorat.

 

“Inspektorat pada saat itu hanya memeriksa kabid, sekretaris, dan saya. Ada 7 orang.  Di polisi kami diperiksa 56 orang dan tidak ada masalah,” paparnya.

 

Baca juga: Meradang Bupati Pessel Tangkap Kadisnya yang Diduga Pungli

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM