Mall Harus Patuhi Amdal Lalin


Selasa,18 April 2017 - 15:04:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN -- Pembangunan mall di Jalan Khatib Sulaiman yang merupakan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL)  berdampak terjadinya kemacetan parah. Sehingga dikhawatirkan akan merugikan masyarakat Kota Padang yang melalui jalan itu.

"Kemacetan  terjadi diakibatkan aktivitas kendaraan proyek ukuran super besar yang tetap beroperasi di saat jam sibuk," kata Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Zulhardi Zakaria Latief, kepada Haluan Senin (17/4).

Bahkan, kemacetan itu hingga ke Bundaran Simpang Presiden. Karena, di saat jam-jam tertentu jalan itu sebagai jalur utama masyarakat. "Kami  akan lakukan survey ke lokasi yang dikatakan menimbulkan kemacetan itu. Apakah kondisi itu betul diakibatkan dari aktifitas mall tersebut atau  diakibatkan oleh volume kendaraan yang saat ini begitu banyak, "ujarnya.

Ia menegaskan, dalam membangun suatu usaha apalagi berada di kawasan lalu lintas,  pihak pengelola harus melengkapai izin- izin tertentu.  Salah satunya,   dengan akses jalan yang harus dikaji mengenai dampak lingkungan di kawasan itu serta analisa dampak lalu lintas (Amdal Lalin) dari mall tersebut.

Hal itu,  diatur dalam Peraturan Walikota (Perwako) Padang Nomor 57 Tahun 2015,  tentang penyelenggaraan analisa dampak lalu lintas.

Sebelumnya,  pihaknya akan menelusuri dengan detail kebenaran dari persoalan ini.  Serta, akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan mall terkait titik terang persoalan ini, agar masyarakat tidak kecewa dengan kehadiran Mall itu.

Serta kenyamanan masyarakat pengendara dapat terlihat nanti melalui akses tersebut. Ia  meminta,  kepada pihak mall untuk mematuhi aturan dan rambu-rambu yang telah ada di sana agar kemacetan dapat terhindar di kawasan tersebut. 

Terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota, Padang Yudi Indra Sani, mengatakan, proyek tersebut sudah memiliki dokumen Amdal Lalin (analisis masalah dampak lingkungan lalu lintas).  Dalam Amdal Lalin tersebut  sudah diterapkan sejumlah aturan yang harus mereka patuhi.  "Termasuk,  jam keluar masuk truk pembawa material. Mereka,  sudah dilengkapi Amdal Lalinnya. Tapi,  jika menyimpang, kami akan cek ke sana ,” pungkasnya. (h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,23 Desember 2015 - 03:26:15 WIB
    Dinilai Main Hakim Sendiri

    Hakim Perintahkan PT KAI Bongkar Palang Besi di Pintu Mall Basko

    Hakim Perintahkan PT KAI Bongkar Palang Besi di Pintu Mall Basko PADANG, HALUAN — Ma­jelis hakim Pengadilan Ne­geri Padang memerintahkan PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat mem­bong­kar pagar besi di depan akses jalan masuk Mall dan Hotel Basko. Hakim meni­lai, pemagaran yang.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM