Pasar Bandar Buat Dipercantik. Apa yang Dilakukan Pemko?


Selasa,18 April 2017 - 12:18:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — Pengerjaaan pengaspalan lokasi bekas pedagang di sekitar bangunan Pasar Bandar Buat baru akan dilaksanakan akhir April  mendatang. Saat ini proyek tersebut masih dalam tahapan proses tender.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Fatriarman Noer, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Hendri Zulviton, kepada Haluan Senin (17/4) di kantornya.

Hendri Zulviton menyebutkan, panjang lokasi yang akan diaspal  lebih kurang 71 meter dengan lebar sekitar 45 meter. Pagu dana (alokasi) yang disiapkan untuk proyek ini sekitar Rp427 juta. 

"Masih dalam tahap tender diharapkan pedagang dan pengunjung dapat bersabar. Karena janji pengaspalan pasti akan dilakukan," ujar Hendri Zulviton. 

Lebih lanjut ia menyebutkan, pihaknya menargetkan pengerjaan akan selesai sebelum memasuki bulan puasa. Sehingga saat puasa para pedagang dan pengunjung akan lebih nyaman berbelanja, sebab jalan yang saat ini kondisinya sudah rusak akan kembali rapi.

"Kondisi aspal di bekas pedagang berjualan memang sudah rusak. Hal ini diakibat kondisi lokasi yang tergenang air. Baik air dari pedagang maupun saat hujan," ujarnya.

Proses pembersihan hingga pengaspalan menurut Hendri Zulviton akan membutuhkan waktu sekitar 15 hari pengerjaan. Ia berharap agar selesai pengaspalan kondisi di Pasar Bandar Buat akan lebih representatif . Selain itu, para pengunjung dan pedagang pun dapat berjualan dengan nyaman karena tempat yang telah bersih.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengatakan, agar pedagang dan pengunjung dapat sabar menunggu karena masih dalam tahapan tender.  "Pasti akan diaspal paling lambat awal Bulan Mei," ujar Hendrizal.

Endrizal mengatakan, ketika jalan di depan bangunan Pasar Bandar Buat  selesai diaspal, pedagang diminta agar tidak lagi membuang air bekas dagangan ke jalanan. Jika hal ini terus dilakukan, tentunya pengunjung tidak akan nyaman berbelanja karena kebersihan tidak dapat dijaga oleh pedagang. Selain itu hal ini juga akan membuat aspal kembali cepat rusak.

“Kalau kita tidak aspal tentunya pengunjung tidak akan nyaman untuk berbelanja. Karena saat ini kondisinya becek,” ucapnya.

Sementara itu, Rere seorang pengunjung Pasar Bandar Buat berharap jalan segera diaspal, agar pengunjung nyaman saat berbelanja. Kondisi jalan masih becek apalagi saat hujan.

"Kalau sudah hujan akan semakin kumuh dan berair, kami pun menjadi terganggu,"ujarnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,04 Agustus 2017 - 09:47:37 WIB

    Diisi 200 Pedagang, Pasar Pagi Purus Tak Ada MCK

    Diisi 200 Pedagang, Pasar Pagi Purus Tak Ada MCK PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pedagang Pasar Pagi Purus Kecamatan Padang Barat keluhkan, tidak adanya MCK (Mandi Cuci Kakus) di lokasi tempat mereka berdagang. Akibatnya, menimbulkan bau tidak sedap di sekeliling pasar..
  • Kamis,27 Juli 2017 - 17:49:40 WIB

    Pemko Padang : Pasar Raya Destinasi Wisata Belanja

    Pemko Padang : Pasar Raya Destinasi Wisata Belanja PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Padang menargetkan Pasar Raya menjadi destinasi wisata belanja baik wisatawan lokal maupun mancanegera. Usai rampungnya semua bangunan pasar inpres..
  • Rabu,05 Juli 2017 - 12:55:50 WIB

    Berjualan Diparkiran, Puluhan Pedagang Pasar Lubuk Buaya Ditertibkan

    Berjualan Diparkiran, Puluhan Pedagang Pasar Lubuk Buaya Ditertibkan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 20 pedagang dan delapan mobil bak yang digunakan untuk berjualan di Pasar Lubuk Buaya Padang ditertibkan oleh petugas, Selasa (4/7). Petugas yang tergabung di dalam tim terpadu diantarany.
  • Rabu,05 Juli 2017 - 12:50:38 WIB

    Jalan di Pasar Inpres Padang Bakal Diaspal

    Jalan di Pasar Inpres Padang Bakal Diaspal PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal mengatakan pemindahan dan penataan pedagang di Pasar Raya Padang ke gedung inpres terkendala jalan yang belum di aspal. Ia mengatakan jika tidak terpenu.
  • Selasa,13 Juni 2017 - 10:34:44 WIB

    Di Padang, Pasar Raya Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata

    Di Padang, Pasar Raya Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata PADANG, HALUAN - Pembangunan Pasar Raya Padang terus dikebut. Jika tak ada aral melintang, Pasar Raya Padang akan diresmikan pada Juli 2017 mendatang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM