Pasar Bandar Buat Dipercantik. Apa yang Dilakukan Pemko?


Selasa,18 April 2017 - 12:18:31 WIB

PADANG, HALUAN — Pengerjaaan pengaspalan lokasi bekas pedagang di sekitar bangunan Pasar Bandar Buat baru akan dilaksanakan akhir April  mendatang. Saat ini proyek tersebut masih dalam tahapan proses tender.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Fatriarman Noer, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Hendri Zulviton, kepada Haluan Senin (17/4) di kantornya.

Hendri Zulviton menyebutkan, panjang lokasi yang akan diaspal  lebih kurang 71 meter dengan lebar sekitar 45 meter. Pagu dana (alokasi) yang disiapkan untuk proyek ini sekitar Rp427 juta. 

"Masih dalam tahap tender diharapkan pedagang dan pengunjung dapat bersabar. Karena janji pengaspalan pasti akan dilakukan," ujar Hendri Zulviton. 

Lebih lanjut ia menyebutkan, pihaknya menargetkan pengerjaan akan selesai sebelum memasuki bulan puasa. Sehingga saat puasa para pedagang dan pengunjung akan lebih nyaman berbelanja, sebab jalan yang saat ini kondisinya sudah rusak akan kembali rapi.

"Kondisi aspal di bekas pedagang berjualan memang sudah rusak. Hal ini diakibat kondisi lokasi yang tergenang air. Baik air dari pedagang maupun saat hujan," ujarnya.

Proses pembersihan hingga pengaspalan menurut Hendri Zulviton akan membutuhkan waktu sekitar 15 hari pengerjaan. Ia berharap agar selesai pengaspalan kondisi di Pasar Bandar Buat akan lebih representatif . Selain itu, para pengunjung dan pedagang pun dapat berjualan dengan nyaman karena tempat yang telah bersih.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengatakan, agar pedagang dan pengunjung dapat sabar menunggu karena masih dalam tahapan tender.  "Pasti akan diaspal paling lambat awal Bulan Mei," ujar Hendrizal.

Endrizal mengatakan, ketika jalan di depan bangunan Pasar Bandar Buat  selesai diaspal, pedagang diminta agar tidak lagi membuang air bekas dagangan ke jalanan. Jika hal ini terus dilakukan, tentunya pengunjung tidak akan nyaman berbelanja karena kebersihan tidak dapat dijaga oleh pedagang. Selain itu hal ini juga akan membuat aspal kembali cepat rusak.

“Kalau kita tidak aspal tentunya pengunjung tidak akan nyaman untuk berbelanja. Karena saat ini kondisinya becek,” ucapnya.

Sementara itu, Rere seorang pengunjung Pasar Bandar Buat berharap jalan segera diaspal, agar pengunjung nyaman saat berbelanja. Kondisi jalan masih becek apalagi saat hujan.

"Kalau sudah hujan akan semakin kumuh dan berair, kami pun menjadi terganggu,"ujarnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM