Pasar Bandar Buat Dipercantik. Apa yang Dilakukan Pemko?


Selasa,18 April 2017 - 12:18:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — Pengerjaaan pengaspalan lokasi bekas pedagang di sekitar bangunan Pasar Bandar Buat baru akan dilaksanakan akhir April  mendatang. Saat ini proyek tersebut masih dalam tahapan proses tender.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Fatriarman Noer, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Hendri Zulviton, kepada Haluan Senin (17/4) di kantornya.

Hendri Zulviton menyebutkan, panjang lokasi yang akan diaspal  lebih kurang 71 meter dengan lebar sekitar 45 meter. Pagu dana (alokasi) yang disiapkan untuk proyek ini sekitar Rp427 juta. 

"Masih dalam tahap tender diharapkan pedagang dan pengunjung dapat bersabar. Karena janji pengaspalan pasti akan dilakukan," ujar Hendri Zulviton. 

Lebih lanjut ia menyebutkan, pihaknya menargetkan pengerjaan akan selesai sebelum memasuki bulan puasa. Sehingga saat puasa para pedagang dan pengunjung akan lebih nyaman berbelanja, sebab jalan yang saat ini kondisinya sudah rusak akan kembali rapi.

"Kondisi aspal di bekas pedagang berjualan memang sudah rusak. Hal ini diakibat kondisi lokasi yang tergenang air. Baik air dari pedagang maupun saat hujan," ujarnya.

Proses pembersihan hingga pengaspalan menurut Hendri Zulviton akan membutuhkan waktu sekitar 15 hari pengerjaan. Ia berharap agar selesai pengaspalan kondisi di Pasar Bandar Buat akan lebih representatif . Selain itu, para pengunjung dan pedagang pun dapat berjualan dengan nyaman karena tempat yang telah bersih.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, mengatakan, agar pedagang dan pengunjung dapat sabar menunggu karena masih dalam tahapan tender.  "Pasti akan diaspal paling lambat awal Bulan Mei," ujar Hendrizal.

Endrizal mengatakan, ketika jalan di depan bangunan Pasar Bandar Buat  selesai diaspal, pedagang diminta agar tidak lagi membuang air bekas dagangan ke jalanan. Jika hal ini terus dilakukan, tentunya pengunjung tidak akan nyaman berbelanja karena kebersihan tidak dapat dijaga oleh pedagang. Selain itu hal ini juga akan membuat aspal kembali cepat rusak.

“Kalau kita tidak aspal tentunya pengunjung tidak akan nyaman untuk berbelanja. Karena saat ini kondisinya becek,” ucapnya.

Sementara itu, Rere seorang pengunjung Pasar Bandar Buat berharap jalan segera diaspal, agar pengunjung nyaman saat berbelanja. Kondisi jalan masih becek apalagi saat hujan.

"Kalau sudah hujan akan semakin kumuh dan berair, kami pun menjadi terganggu,"ujarnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 Juni 2017 - 10:34:44 WIB

    Di Padang, Pasar Raya Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata

    Di Padang, Pasar Raya Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata PADANG, HALUAN - Pembangunan Pasar Raya Padang terus dikebut. Jika tak ada aral melintang, Pasar Raya Padang akan diresmikan pada Juli 2017 mendatang..
  • Selasa,30 Mei 2017 - 12:24:50 WIB

    Pedagang Pasar Bandar Buat Minta Kejelasan Soal Tempat Jualan

    Pedagang Pasar Bandar Buat Minta Kejelasan Soal Tempat Jualan PADANG, HALUAN – Merasa haknya tidak diberikan, Nurbaini salah satu pembeli meja batu di lantai II Pasar Bandar Buat menuntut UPTD dinas pasar dan investor pasar setempat bertanggungjawab dan berlaku adil kepada pedagang. K.
  • Selasa,30 Mei 2017 - 09:23:09 WIB

    BBPOM Padang akan Sidak Seluruh Pasar Pabukoan

    PADANG, HALUAN - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dipastikan akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah makanan yang dijual di Pasar Pabukoan di semua titik dan kecamatan yang menjajakan makanan dan mi.
  • Rabu,17 Mei 2017 - 17:35:18 WIB

    Kulkas di Pasar Raya Padang Ini Bisa Simpang Cabai 30 Ton

    Kulkas di Pasar Raya Padang Ini Bisa Simpang Cabai 30 Ton PADANG, HARIANHALUAN.COM - Guna memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan bahan pokok, pemerintah daerah telah siapkan tiga ruangan pendingin untuk menyimpan kebutuhan pokok terutama cabai merah. Melalui Bulog Sumbar, saa.
  • Jumat,28 April 2017 - 04:53:09 WIB
    ANGGARKAN RP7,2 MILIAR

    Drainase dan Trotoar Pasar Raya Dikerjakan

    Drainase dan Trotoar Pasar Raya Dikerjakan PADANG, HALUAN – Drainase dan trotoar di Pasar Raya Padang sudah mulai dikerjakan semenjak Rabu (26/4). Pengerjaan akan berlangsung selama tujuh bulan dengan anggaran Rp7,2 miliar dengan panjang lebih kurang 2 kilometer..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM