Meradang, Bupati Pessel Tangkap Kadisnya yang Diduga Pungli


Selasa,18 April 2017 - 08:50:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Meradang, Bupati Pessel Tangkap Kadisnya yang Diduga Pungli Ilustasi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Meski pemerintah sudah membentuk Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Namun, aksi ilegal itu masih terjadi, bahkan di Kabupaten Pesisir Selatan, bupatinya menangkap langsung oknum kadis yang melalukan pungli kepada bawahannya.

 

Atas kelakuan Kadis tersebut, sang bupati Hendra Joni meradang karena menyalahgunakan wewenang dalam memungut uang kepada bawahannya setingkat Kabid.

 

“Saya dapat informasi ini dari salah seorang Kabid bertanya kepada saya. Kenapa uang itu belum digunakan untuk membantu pembangunan rumah miskin, saya terkejut uang yang mana, lalu dijelaskannya semua,”terangnya kepada Harianhaluan.com saat di kediamannya, Painan, Kamis (13/4).  

 

Disampaikannya, dari pengakuan kabid awalnya ia tidak percaya, dan untuk menguatkan saksi ia menyuruh kabid (korban) lain menemuinya. Dari hasil pengakuan kedua kabid itu, diperoleh bahwa setiap kabid diminta uang oleh kadis berbeda-beda nilainya, dari 8 juta hingga 15 juta dan total ada 50 juta.

 

“Kadis meminta kepada seluruh kabidnya, bahwa perintah bupati bedah rumah dan setiap kabid harus menyerahkan uang, ada yang Rp8 juta, Rp15juta dan Rp20 juta. Awalnya belum terkumpul Rp50 juta tapi dia memaksa harus Rp50 juta. Dan semua itu terkumpul pada bulan Oktober 2016, dan saya tidak tahu. Jadi bulan November saya pindahkan ia (kadis) dari Pertanian  ke Badan Ketangan Pangan, dan ketahuannya saat kabid datang melapor kepada saya bulan Januari,” ungkap Hendra Joni.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM