Lapas Klas II B Pariaman, Senjata yang Rusak dan Tambahan Personil


Selasa,18 April 2017 - 08:35:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lapas Klas II B Pariaman, Senjata yang Rusak dan Tambahan Personil Petugas saat melihat kondisi Lapas Klas II B Pariaman yang sudah rusak, Senin (17/4). Kondisi sarana dan prasarana, SDM dan melebihi kapasitas menjadi salah satu penyebab mudahnya napi untuk kabur. RIVO SEPTI ANDRIES

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Selain menurunkan tim untuk memeriksa, Kanwil Kemenkumham Sumbar juga melakukan penguatan SDM. Salah satunya dengan membatasi permohonan pindah dari pegawai dari Lapas, lalu membuat permohonan ke gubernur tentang pegawai di luar Kemenkumham untuk bisa mau mencoba bekerja Kemenkumham.

 

“Kami sudah sampaikan ke gubernur, minimal satu kabupaten ada 10 orang, perhitungannya ada penambahan SDM bisa membantu kekurangan di Lapas di setiap daerah. Sampai saa ini sudah ada beberapa orang dari Pol PP yang mengajukan kepada kami,” terang Kakanwil Kemenkumham Sumbar Dwi, Senin (174).

 

Sementara Kepala Divisi Lapas Kememkumham Sumbar, Tedja Sukma menyampaikan, ada sejumlah lapas yang menjadi perhatian dan pengawasan karena overload atau melebihi kapasitas. Diantaranya, Pariaman, Solok, Sijunjung, Lubuk Basung, dan Lapas Muaro.

 

“Kebanyakan lapas di sini (Sumbar) sudah overload ini menjadi perhatian kami. Pak Dirjenpas pernah mengatakan satu orang seharusnya menjaga 25 orang. Sekarang bayangkan di Lapas Muaro ada 1400 napi yang dijaga 9 orang. Jadi lagi-lagi ini masalah SDM, kami hanya bisa membangkitkan semangat integritas pegawai agar menjalankan tugas ini dengan baik. Lalu upaya lain melakukan pembinaan memberikan hak-hak mereka seperti remisi, CB PB dn sebguinya agar mereka cepat bebas,” terangny.

 

Dijelaskannya, kendala selain overload yakni tentang sarana dan prasarana, terutama untuk keamanan berupa senjata. Diakui pihaknya mengalami kendala, bahkan di Lapas Pariaman diketahui ada 7 senjata keamanan yang ada sudah rusak.

 

“Kami memang diberikan senjata, tetapi tidak diberikan dana untuk pelatihan dan perawatan. Jangankan ngurus senjata untuk ngurus izinnya saja sudah tidak ada duitnya. Ini hampir di semua lapas loh. Makanya kami selalu kordinasi dengan polres atau kodim,” ungkapnya(h/rvo)

 

Editor: Rivo Septi Andries

 

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,11 Juli 2017 - 10:22:43 WIB

    Napi Asal Dharmasraya Bobol Lapas Nusakambangan

    Napi Asal Dharmasraya Bobol Lapas Nusakambangan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dua narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Besi, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kedua narapidana kasus pencurian itu hingga kini masih diburu. Salah satunya .
  • Selasa,20 Juni 2017 - 20:31:10 WIB

    BNNK Sawahlunto Tes Urine Warga Lapas Narkotika, Ini Hasilnya..

    BNNK Sawahlunto Tes Urine Warga Lapas Narkotika, Ini Hasilnya.. SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 37 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Sawahlunto, melakukan tes urine yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto, Selasa (20/6). .
  • Jumat,12 Mei 2017 - 18:16:19 WIB

    72 Kg Ganja di Payakumbuh Dikendalikan dari Lapas Biaro

    72 Kg Ganja di Payakumbuh Dikendalikan dari Lapas Biaro PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM – Pasca ditemukannya ganja seberat 72 kilogram di Payakumbuh, Rabu (10/5) malam. Polisi menelusuri pemilik barang haram tersebut dan berhasil menangkap dua narapidana yang masih mendekam di LP B.
  • Senin,08 Mei 2017 - 20:52:53 WIB

    Pengamanan Lapas di Sijunjung Ditingkatkan

    SIJUNJUNG, HALUAN — Pasca insiden kaburnya ratusan tahanan dan narapidana di lapas Sialang Bungkuk Kota Pekan Baru beberapa waktu lalu, membuat sistem pengamanan di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Muaro .
  • Senin,08 Mei 2017 - 09:22:28 WIB

    Lapas di Sumbar Siaga Satu

    Lapas di Sumbar Siaga Satu PADANG, HALUAN – Kaburnya ratusan tahanan dari Rutan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan, Pekanbaru, membuat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sumbar juga bersiaga. Bahkan Kepala Kantor Wilayah Keme.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM