Lapas Klas II B Pariaman, Senjata yang Rusak dan Tambahan Personil


Selasa,18 April 2017 - 08:35:00 WIB
Lapas Klas II B Pariaman, Senjata yang Rusak dan Tambahan Personil Petugas saat melihat kondisi Lapas Klas II B Pariaman yang sudah rusak, Senin (17/4). Kondisi sarana dan prasarana, SDM dan melebihi kapasitas menjadi salah satu penyebab mudahnya napi untuk kabur. RIVO SEPTI ANDRIES

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Selain menurunkan tim untuk memeriksa, Kanwil Kemenkumham Sumbar juga melakukan penguatan SDM. Salah satunya dengan membatasi permohonan pindah dari pegawai dari Lapas, lalu membuat permohonan ke gubernur tentang pegawai di luar Kemenkumham untuk bisa mau mencoba bekerja Kemenkumham.

 

“Kami sudah sampaikan ke gubernur, minimal satu kabupaten ada 10 orang, perhitungannya ada penambahan SDM bisa membantu kekurangan di Lapas di setiap daerah. Sampai saa ini sudah ada beberapa orang dari Pol PP yang mengajukan kepada kami,” terang Kakanwil Kemenkumham Sumbar Dwi, Senin (174).

 

Sementara Kepala Divisi Lapas Kememkumham Sumbar, Tedja Sukma menyampaikan, ada sejumlah lapas yang menjadi perhatian dan pengawasan karena overload atau melebihi kapasitas. Diantaranya, Pariaman, Solok, Sijunjung, Lubuk Basung, dan Lapas Muaro.

 

“Kebanyakan lapas di sini (Sumbar) sudah overload ini menjadi perhatian kami. Pak Dirjenpas pernah mengatakan satu orang seharusnya menjaga 25 orang. Sekarang bayangkan di Lapas Muaro ada 1400 napi yang dijaga 9 orang. Jadi lagi-lagi ini masalah SDM, kami hanya bisa membangkitkan semangat integritas pegawai agar menjalankan tugas ini dengan baik. Lalu upaya lain melakukan pembinaan memberikan hak-hak mereka seperti remisi, CB PB dn sebguinya agar mereka cepat bebas,” terangny.

 

Dijelaskannya, kendala selain overload yakni tentang sarana dan prasarana, terutama untuk keamanan berupa senjata. Diakui pihaknya mengalami kendala, bahkan di Lapas Pariaman diketahui ada 7 senjata keamanan yang ada sudah rusak.

 

“Kami memang diberikan senjata, tetapi tidak diberikan dana untuk pelatihan dan perawatan. Jangankan ngurus senjata untuk ngurus izinnya saja sudah tidak ada duitnya. Ini hampir di semua lapas loh. Makanya kami selalu kordinasi dengan polres atau kodim,” ungkapnya(h/rvo)

 

Editor: Rivo Septi Andries

 

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM