Memprihatinkan, Ini Kondisi Lapas Klas II B Pariaman


Selasa,18 April 2017 - 08:23:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Memprihatinkan, Ini Kondisi Lapas Klas II B Pariaman Petugas saat memeriksa kondisi Lapas Klas II B Pariaman, Senin (17/4). Kondisi memprihantinkan terlihat di sejumlah sarana dan parasarana, pagar yang rendah, tak ada terali besi di ruangan, bahkan sebanyak 421 napi hanya dijaga oleh 4 orang. RIVO SEPTI ANDRIES

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Selain memeriksa petugas dan napi di Lapas Klas II B Pariaman, Kanwil Kemenkumham Sumbar juga mengecek kondisi ruangan dan lapas. Hal itu dilakukan untuk menyelidiki kronologis kaburnya warga binaan dan adanya kemungkinan lain, Senin (17/4).

 

Dari pantauan harianhaluan.com di lokasi tempat kaburnya napi, yakni di ruang tahanan berukuran 3 X 6 meter itu terlihat berserakan. Sejumlah pakaian tercecer di atas tempat tidur yang terbuat dari papan kayu. Di atas ruangan terlihat plafon yang sudah rusak dan seutas kain sarung terlihat tergantung, diduga digunakan oleh enam napi untuk memanjat ke atas plafon.

 

Dari balik ruangan tahanan itu, tepatnya di bagian belakang terlihat plafon yang sudah jebol. Diduga napi turun dari plafon yang jebol, lalu lari ke pintu menara pengawas (pos atas) berada di bagian kiri belakang lapas, atau berjarak 10 meter dari tempat mereka keluar ruang tahanan.

 

Setelah sampai di pintu pengawas, mereka menjebol kunci pintu, hal itu terlihat dari bekas kunci pintu menuju menara atas terlihat rusak bekas dibongkar paksa. Sementara pintu tersebut saat tim pemeriksa Kanwil Kemenkumham Sumbar, mencoba tidak bisa dibuka.

 

Diduga napi sengaja menutup dari dalam untuk memperlambat gerak petugas. Setelah berhasil naik, napi mengambil karpet yang ada di atas menara dan menggunakannya untuk menutup kawat berduri dan terjun melewati dinding lapas. Dari balik lapas terlihat hanya hamparan semak-semak.

 

Kepala Lapas Klas II B Pariaman Pudjiono Gunawan menjelaskan, pada saat malam kejadian, petugas hanya ada enam orang. Sementara kondisi cuaca pada saat itu hujan dan badai.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM