Napi Kabur di Lapas Klas II B Pariaman, Kanwil Kemenkumhan Sumbar Turunkan Tim


Selasa,18 April 2017 - 08:10:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Napi Kabur di Lapas Klas II B Pariaman, Kanwil Kemenkumhan Sumbar Turunkan Tim Kepala Lapas Klas II B Pariaman Pudjiono saat memeriksa kondisi ruangan tahanan yang kabur, Senin (17/4). Kondisi lapas yang overload, SDm petugas yang kurang dan sarana prasarana yang rusak menjadi salah satu faktor yang memudahkan napi kabur. RIVO SEPTI ANDRIES

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Terkait dengan kaburnya enam narapidana dari Lapas Klas II B Karan Aur, Kota Pariaman pada Sabtu (15/4). Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat menurunkan tim khusus ke Lapas yang dibangun sejak 1984 itu.

 

Tim tersebut bertugas menyelidiki dan mengtahui kronologis kaburnya enam napi yang terlibat kasus narkoba itu . Tak hanya itu, tim juga memeriksa sejumlah petugas yang berjaga pada saat kejadian, termasuk sejumlah narapidana yang satu kamar dengan napi yang kabur.

 

“Kami periksa semuanya, dari petugas hingga teman satu kamar napi yang kabur. Proses ini beruntut dari bawah hingga atas. Untuk pengejaran napi yang kabur, pak kalapas sudah membentuk tiga tim, dengan cara menyebar foto dan berkoordinasi dengan pihak imigrasi antisipasi kaburnya melewati bandara,” terang Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Dwi Prasetyo kepada Haluan, saat ditemui di Lapas Pariaman, Senin (17/4).

 

Dwi menjelaskan, hasil pemeriksaan tergantung dari jawaban mereka yang diperiksa. Kemungkinan bisa sampai satu minggu lama pemeriksaan. Sedangkan sangsi bagi petugas yang paling rendah yakni peryataan tidak puas, penurunan gaji, pengurangan, dan bahkan tunjangan kinerja bisa turun.

 

“Ini lah resiko kami yang berkerja di lapas. Bahkan tidak sedikit ada kasus petugas lapas yang pernah di tusuk, dibunuh, dan dibakar,” terangnya.

 

Dijelaskannya, meski resiko tugas yang tinggi, SDM petugas kurang, dan daya tampung lapas sudah penuh (overload) ia tetap beharap agar petugas tetap semangat dalam bekerja.

 

Dari pantaun Harianhaluan.com terlihat sejumlah anggota tim dari Kanwil Kemenkumham memeriksa sejumlah anggota yang regu yang piket pada hari kejadian. Tak hanya petugas, napi yang menjadi teman sekamar pelaku yang kabur juga ikut digiring dari ruan tahanan menuju kantor lapas.(h/rvo)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM