Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika di Bukittinggi


Senin,17 April 2017 - 12:01:17 WIB
Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika  di Bukittinggi Kebun Binatang Bukittinggi menambah tiga ekor Singa Afrika. Terlihat satu ekor Singa Afrika di kandang isolasi, sebelum dilepaskan ke kandang utama, Sabtu (15/4) YURSIL

BUKITTINGGI, HALUAN - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukittinggi menambah koleksi satwanya, tiga ekor Singa Afrika (Panthera leo) yang didatangkan dari Bali Zoo atau Kebun Binatang Bali, telah sampai di Bukittinggi, Sabtu (15/4), sekitar pukul 04.00 WIB dini hari.

Kepala Bidang (Kabid) TMSBK Dinas Kebudayaan  Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Ikbal, mengatakan, tiga ekor Singa Afrika tersebut telah sampai dengan selamat di Kebun Binatang Bukittinggi. Singa itu diangkut melalui jalan darat dari Bali Zoo pada Senin (10/4) lalu, dengan menggunakan truk container, yang dilengkapi tiga unit box.

“Saat ini ketiga ekor singa Singa Afrika itu, berada di dalam kandang isolasi yang berada disamping kandang utama dalam kondisi sehat. Penempatan dalam kandang isolasi itu bertujuan agar satwa itu dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungannya sebelum dilepaskan ke kandang utama,” kata Ikbal kepada awak media di Kebun Binatang, Sabtu (15/4).

Menurut Ikbal, dalam beberapa hari kedepan singa itu baru akan dilepas ke kandang utama. Namun selama tiga hari ini akan dilihat dulu perkembangannya, apabila sudah bisa beradaptasi dengan lingkungannya, baru dilepas ke kandang utama yang telah dipersiapkan.

Singa Afrika tersebut itu terdiri dari dua ekor betina berusia 4 tahun dan satu ekor jantan berusia 6 tahun, dan kehadiran Singa Afrika ini diharapkan dapat mendongkrak peningkatan jumlah pengunjung baik wisatawan daerah maupun mancanegara.

“TMSBK sendiri sudah 10 tahun lebih tidak memiliki koleksi hewan berupa Singa. Setelah sepasang Singa yang dihibahkan Kebun Binatang Surabaya tahun 1999, mati pada tahun 2007 lalu,” ujarnya.

Dalam paket kerjasama hibah satwa dengan pihak Bali Zoo ini tambah Ikbal, TMSBK Bukittinggi sebelumnya telah menerima tiga ekor Walabi atau Kangguru Tanah (Thylogale brunnii), yang terdiri dari satu ekor jantan dan dua ekor betina. Tiga ekor Burung Bayan (Eclectus roratus polychorus), satu ekor jantan, dan dua ekor betina.

Menurut Ikbal, untuk kondisi Burung Bayan telah dilepaskan di kandang dan disiapkan untuk dapat melakukan atraksi dan berinteraksi dengan pengunjung.(h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM