Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika di Bukittinggi


Senin,17 April 2017 - 12:01:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ada Tambahan Tiga Ekor Singa Afrika  di Bukittinggi Kebun Binatang Bukittinggi menambah tiga ekor Singa Afrika. Terlihat satu ekor Singa Afrika di kandang isolasi, sebelum dilepaskan ke kandang utama, Sabtu (15/4) YURSIL

BUKITTINGGI, HALUAN - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukittinggi menambah koleksi satwanya, tiga ekor Singa Afrika (Panthera leo) yang didatangkan dari Bali Zoo atau Kebun Binatang Bali, telah sampai di Bukittinggi, Sabtu (15/4), sekitar pukul 04.00 WIB dini hari.

Kepala Bidang (Kabid) TMSBK Dinas Kebudayaan  Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Ikbal, mengatakan, tiga ekor Singa Afrika tersebut telah sampai dengan selamat di Kebun Binatang Bukittinggi. Singa itu diangkut melalui jalan darat dari Bali Zoo pada Senin (10/4) lalu, dengan menggunakan truk container, yang dilengkapi tiga unit box.

“Saat ini ketiga ekor singa Singa Afrika itu, berada di dalam kandang isolasi yang berada disamping kandang utama dalam kondisi sehat. Penempatan dalam kandang isolasi itu bertujuan agar satwa itu dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungannya sebelum dilepaskan ke kandang utama,” kata Ikbal kepada awak media di Kebun Binatang, Sabtu (15/4).

Menurut Ikbal, dalam beberapa hari kedepan singa itu baru akan dilepas ke kandang utama. Namun selama tiga hari ini akan dilihat dulu perkembangannya, apabila sudah bisa beradaptasi dengan lingkungannya, baru dilepas ke kandang utama yang telah dipersiapkan.

Singa Afrika tersebut itu terdiri dari dua ekor betina berusia 4 tahun dan satu ekor jantan berusia 6 tahun, dan kehadiran Singa Afrika ini diharapkan dapat mendongkrak peningkatan jumlah pengunjung baik wisatawan daerah maupun mancanegara.

“TMSBK sendiri sudah 10 tahun lebih tidak memiliki koleksi hewan berupa Singa. Setelah sepasang Singa yang dihibahkan Kebun Binatang Surabaya tahun 1999, mati pada tahun 2007 lalu,” ujarnya.

Dalam paket kerjasama hibah satwa dengan pihak Bali Zoo ini tambah Ikbal, TMSBK Bukittinggi sebelumnya telah menerima tiga ekor Walabi atau Kangguru Tanah (Thylogale brunnii), yang terdiri dari satu ekor jantan dan dua ekor betina. Tiga ekor Burung Bayan (Eclectus roratus polychorus), satu ekor jantan, dan dua ekor betina.

Menurut Ikbal, untuk kondisi Burung Bayan telah dilepaskan di kandang dan disiapkan untuk dapat melakukan atraksi dan berinteraksi dengan pengunjung.(h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,11 Juli 2017 - 20:19:35 WIB

    Ada Kampung KB di Jorong Terisolir Pasaman Barat

    Ada Kampung KB di Jorong Terisolir Pasaman Barat PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran, Selasa (11/7) yang diwakili oleh Sekkab Pasbar, H. Manus Handri kembali meresmikan kampung Keluarga Berencana (KB) di daerah terisolir Kabupaten Pasaman Barat (Pas.
  • Senin,03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN.
  • Minggu,02 Juli 2017 - 13:13:59 WIB

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya?

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya? SAWAHLUNTO, HALUAN - Entah angin apa yang mendorong ketiga pecinta seni dan budaya Sumatera Barat ini, hingga begitu saja mau menempatkan ratusan koleksi seni yang mereka miliki di Kota Sawahlunto..
  • Rabu,14 Juni 2017 - 10:52:16 WIB

    Terkendala Lahan, Rehab Jalan Padang Aro Dialihkan

    Terkendala Lahan, Rehab Jalan Padang Aro Dialihkan SOLOK SELATAN, HALUAN – Proses pembebasan lahan untuk jalan Provinsi di Durian Tarung, Lubuk Gadang, Sangir Solok Selatan (Solsel) tak kunjung tuntas. Akibatnya, alokasi dana sebesar Rp6 miliar untuk tahun 2017 untuk kelanj.
  • Kamis,08 Juni 2017 - 17:33:50 WIB

    Padang Panjang Bakal Punya Wifi Gratis, Ini Dia Lokasinya

    Padang Panjang Bakal Punya Wifi Gratis, Ini Dia Lokasinya PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang, bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia, menyediakan Wifi gratis di 16 titik, terutama di pusat keramaian, masjid dan di sekolah-sekolah yang ada kota b.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM